Biaya Servis Motor Yang Harus di Persiapkan Setiap Bulan

Advertisement

Biaya servis motor 2019 – Servis menjadi salah satu agenda rutin setiap bulan bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor. Keutamaan dalam menservis motor ini adalah akan membuat perfoma motor makin handa serta motorpun akan tetap awet dan tidak mudah rusak. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini sehingga bisa kita lihat motor mereka mejadi tidak terawat dan hasilnya pun akan cepat rusak.

Saat ini kalian bisa mensevis motor di bengkel-bengkel motor terdekat ataupu kalian bisa langsung datang ke bengekel dealer motor untuk menservis motor anda tersebut. Dengan menservis motor anda, perfoma motor pun akan menjadi lebih segar dan lebih agresif. Karena pada servis motor para mekanik akan mengecek setiap sudut bagian motor sehingga akan terlihat bagian mana yang sudah rusak dan harus melakukan pergantian komponen.

Akan tetapi dalam menservis motor, yang paling umum adalah mengganti oli motor anda dengan yang baru. Hal ini dikarenakan oli akan tidak bagus lagi jika lewat 2 bulan, sehingga oli harus diganti dengan yang baru agar perfoma motor kembali seperti sediakala. Selain itu pebersihkan filter udara juga dilakukan karena dalam jangka waktu satu bulan filter udara sudah kotor dan harus dilakukan pembersihan agar bersih tidak ada kotoran lagi.

Advertisement

Selain itu mekanik juga akan mengecek kondisi lampu motor apakah ada yang mati atau tidak, biasanya lampu yang sering mati adalah lampu utama karena lampu ini harus menyala setiap saat dan pastinya sangat rentan sekali, sehingga harus diganti jika sudah mati. Lalu apa sajakah yang harus di cek saat servis bulanan dan berapa biasa untuk servis yang harus kalian siapkan ? Berikut adalah informasi lengkapnya.

Biaya Servis Motor Yang Harus di Persiakan Setiap Bulan

Biaya Servis Motor

Biaya Servis Motor

Untuk menservis sebuah motor kita juga harus mempersiapkan biaya servis itu sendiri. Dan yang paling utama saat servis motor ialah perfoma motor akan kembali segar dan motorpun menjadi awet dan tidaj cepat rusak. Selain itu dengan menservis motor akan membuat keadaan motor mejadi lebih terawat. Dan berikut adalah biaya servis motor yang harus dipersiapkan setiap bulan.

1. Ganti Oli

Ganti oli merupakan salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan setiap bulan agar mesin berjalan dengan baik dan terbebas dari gangguan. Selain itu, karena fungsinya sebagai pelumas, jadi oli dapat melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara ataupun air. Selain itu oli juga dapat melindungi mesin agar tidak mudah berkarat. Jenis oli yang digunakanpun tidak sembarangan. Karena itu disarankan agar kalian memilih dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang tepat digunakan dan sesuai dengan tipe motor kalian.

Tidak hanya itu saja, kalian juga tidak dianjurkan untuk menggonta-ganti merek dan jenis oli. Karena dapat menurunkan perfoma mesin motor anda. Jadi sebaiknya kalian menggunakan satu jenis merek oli motor saja ya gusy. Nah untuk biaya servis motor dengan menggati oli motor umumnya kalian harus mengeluarkan uang mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 150 ribu per liter. Namun kembali lagi dengan harga oli yang mungkin setiap bulan akan naik ya guys.

2. Servis Ten Up Rutin

Selain menggati oli, servis ten up juga harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Hal ini bertujuan agar kalian dapat mengetahui kondisi motor anda. Biaya servis ini terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 75 ribuan. Namun biaya tersebut hanya biaya untuk pemeriksaan saja ya gusy, jadi ini belum termasuk kalau ada pergantian atau perbaikan sperpart motor. Akan tetapi servis ini ten up ini umumnya paketan, jadi dengan menggelontorkan uang sebesar Rp 75 ribu kalian sudah bisa mendapatkan beberapa pengecekan seperti :

  • Mengecek takanan ban
  • Mengecek kondisi atau tegangan rantai
  • Mebersihkan karburator dan radiator motor
  • Mengecek alat ECU dan area CVT
  • Mengecek kondisi lampu (Jarak jauh, depan dan belakang) sein dan klakson
  • Membersihkan saringan udara

Dan jika daat servis ten up ada yang harus diperbaiki atau diganti, umumnya pihak mekanik akan bertanya dahulu pada kalian. Jadi kalian tak perlu kawatir melihat tagihan yang meledak. Akan tetapi disarankan, agar kalian membawa uang lebih pada saat servis sepeda motor anda. Jadi apabila ada yang harus diperbaiki atau diganti bisa langsung dikerjakan. Jadi servis motor anda menjadi lebih sempurna.

3. Kampas Rem

Seperti yang sudah kita ketahui jika rem merupakan salah satu sperpart motor yang harus selalu dipantau kualitasnya setiap bulan. Kalian bisa bayangkan jika kalain mengendaria motor tapi remnya blong atau tidak pakem? Bisa-bisa kita bisa kehilangan kendali dan kita bisa nambrak ya kan guys. Karena itu disarankan untuk rutin mengganti kampas rem jika rem dirasa sudah tidak pakem lagi alias blong. Lagi pula harga kampas rem ini juga terbilang murah dan terjangkau, nah kampas rem terbagi menjadi dua dengan harga yang berbeda-beda yakni :

  • Kampas rem depan cakram dengan harga sekitar Rp 45 ribuan
  • Kampas rem belakang tromol dengan harga sekitar Rp 35 ribuan

Untuk hal ini mekanik juga akan memberi tahu kepada kalian apakah kampas rem tersebut masih layak digunakan atau tidak. Dan jika dirasa kampas rem tersebut masih pakem dan masih bisa digunakan maka kalian tak perlu mengganti kampas rem tersebut. Namun jika sebaliknya kampas rem tersebut sudah aus dan rem menjadi blong maka kalian  harus segera menggantinya. Hal ini juga akan memberikan fungsi yang baik bagi fitur keamanan pada motor kalian.

4. Sperpart Lainya

Ada beberapa sperpart yang usianya itu tidak selama sperpart lainya. Contoh saja aki yang hanya bisa bertahan sekitar dua tahun saja. Lagi pula, kalian juga tidak mau harus mendorong-dorong motor dijalan karena motor kalian mogok dan mati dijalanan akibat adanya salah satu sperpart motor yang rusak. Oleh karena itu lah kalian harus rutin mengganti beberapa sperpart seperti :

  • Roller yang harganya sekitar antara Rp 20 ribuan hingga Rp 35 ribuan.
  • Vbet yang harganya sekitar antara Rp 75 ribuan hingga Rp 150 ribuan.

Sama halnya seperti kampas rem, usia beberapa sperpart motor diatas juga dipengaruhi oleh cara pemakianmu. Jadi lebih baik jika ada sperpart motor yang sudah tidak berfungsi dengan baik ataupun rusak lebih baik langsung perbaiki ataupun diganti dengan yang baru agar perfoma motor menjadi lebih stabil lagi. Tak hanya itu saja mengganti sperpart motor juga menjaga kondisi motor anda tetap awet sehingga kerusakan tidak kemana-mana.

Baca Juga Informasi Lainnya
Onderdil Motor Yang Paling Penting Modifikasi Motor Genio

Itulah beberapa informasi mengenai Biaya servis motor yang harus dipersiapkan setiap bulan. Dengan memberikan penanganan yang lebih dini pada motor anda, pastinya motor anda akan mendaji lebih awet dan tahan lama. Selain itu perfoma motor juga akan mejadi lebih tangguh dan juga handal setelah dicek kondisinya. Demikian informasi mengenai Biaya Servis Motor Yang Harus dipersiapkan setiap bulan, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement