10 Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret & Alfamart

Di era digital seperti ini berbagai kemudahan jelas akan bisa kita rasakan manfaatnya. Salah satunya untuk Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret yang semakin mudah. Selain juga ada pembayaran pajak yang sebelumnya sudah ada.

Jika dulu untuk membayar pajak kita meski ke kantor pajak dan santalantas. Maka beberapa tahun kebelakang pengguna kendaraan bermotor sudah bisa bayar pajak motor secara online.

Bahkan bisa di lakukan di Indomaret dan juga alfamart, kedua gerai retail tersebut memang menawarkan banyak kemudahan pembayaran. Untuk mekanisme bayar pajak di Retail sendiri terbilang sangat mudah.

Namun nantinya akan ada beberapa tahapan lagi yang perlu di ikuti saat akan bayar pajak kendaraan. Hal ini tentunya bisa menjadi opsi menarik pengganti Bayar Pajak Lewat ATM yang juga bisa di lakukan dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui bersama kalau bayar pajak kendaraan bermotor merupakan rutinitas tahunan. Dimana untuk bisa melakukan pembayaran pajak ada beberapa syarat dan juga langkah yang perlu di penuhi.

Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret

Cara Membayar Pajak Motor di IndomaretSebelum bisa mendatangi Indomaret kamu perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya adalah melakukan pendaftaran di aplikasi Samolnas.

Jika semua proses di aplikasi sudah selesai barulah medatangi Indomart terdekat untuk melakukan pembayaran pajak. Untuk detail selengkapnya bisa ikuti beberapa langkah mudah dari OTOMANIAC berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah download aplikasi Samolnas.
  2. Setelah terinstal, klik mulai dan pendaftaran.
  3. Pada form yang tersedia silahkan isi nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan,  klik jika sudah “lanjutkan“.
  4. Sistem Aplikasi nantinya akan memproses selama beberapa menit.
  5. Jika sudah nantinya akan muncul informasi mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan.
  6. Nantinya akan muncul kode pembayaran yang berlaku selama 2 jam.
  7. Silahkan datangi Indomaret atau Alfamart untuk melakukan pembayaran.
  8. Biaya administrasi Rp 5.000.
  9. Nantinya akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari.
  10. Kamu mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat tertera di STNK.

Nantinya setelah berhasil melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di ALFAMART, pemilik kendaraan bermotor harus menukarkan bukti bayar maksimal 30 hari setelah tanggal pembayaran ke Kantor Samsat di kota motor terdaftar. Syarat Mengambil Surat Pajak sendiri diantaranya adalah.

  • KTP asli yang sesuai di STNK beserta fotokopi
  • STNK asli beserta fotokopi
  • BPKB asli beserta fotokopi
  • Bukti pembayaran

Jadi setelah proses pembayaran di Alfamart sudah di lakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan pencetakan STNK di Samsat. Namun bawa juga beberapa dokumen pendukung lainnya seperti KTP dan STNK asli.

NB: Pembayaran menggunakan aplikasi Samolnas sudah tidak bisa di lakukan. Untuk proses yang lebih praktis, Otomaniac menyarankan kepada wajib pajak untuk menggunakan e-SAMSAT.

Update berita memang layanan bayar Pajak motor di Indomaret dan Alfamart sekarang sudah tidak bisa di lakukan. Hal ini di karenakan aplikasi juga sudah di tarik pada plafon playstore Google.

Pemilik kendaraan yang ingin membayarkan pajak secara online bisa melalui E-Samsat untuk saat ini. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan informasi menggenai Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret dan Alfamart yang sayangnya untuk saat ini sudah tidak bisa di lakukan dengan beberapa alasan.

Leave a Comment

Hubungi Kami

Office: Jl. Jend. Soedirman 152 A Purwokerto
Telp: +62895-3223-86813
Email: admin@otomaniac.com

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.