Tips Ketika Touring yang Baik dan Juga Aman

Tips Ketika Touring – Touring memang sudah menjadi kegiatan rutin bagi setiap club motor untuk saat ini, terlebih untuk masa sekarang sudah cukup banyak club-club motor yang ada di Indonesia. Sejatinya sebuah club itu menjadi sarana untuk bertukar informasi seputar kendaraan bermotor dan juga untuk mempererat jalinan persaudaraan. Oh iya untuk touring sendiri memang membuthkan persiapan yang sangat matang, pasalnya kegiatan tersebut cukup menguras tenaga dan juga waktu. Nah oleh karena itu sobat otomotif harus mengetahui tips ketika Touring, sehingga pada saat sobat dalam perjalanan sudah siap semuanya.

Advertisement

Pastinya banyak sobat otomotif bila melakaukan touring itu sama saja berkendara seperti biasa, namun hal tersebut salah besar. Pasalnya sobat harus melengkapi keamanan atau bahasa gaulnya itu Keep Safety and Smart Riding, itulah logo setiap club-club motor ketika mau melakukan touring. Sobat otomotif juga harus mengetahui bahasa tubuh ketika melakukan touring, selain itu juga persiapan pada motor juga harus dalam kondisi yang terbaik pastinya. Nah untuk mengetahui Tips Ketika Touring yang Baik dan Juga Aman, sobat otomotif semua dapat simak ulasan yang kami sampaikan berikut ini.

Tips Ketika Touring yang Baik dan Juga Aman

Tips Ketika Touring yang Baik dan Juga Aman

Tips Ketika Touring yang Baik dan Juga Aman

Persiapkan Peralatan yang Akan Dibutuhkan Ketika Touring

Untuk melakukan touring langkah yang pertama ialah mempersiapkan kebutuhan untuk touring, seperti halnya peralatan kunci-kunci yang lengkap. Pasalnya pasti ada saja hal-hal yang akan terjadi ketika melakukan touring, baik itu pengapian yang bermasalah atau juga bagain-bagain lainya yang dapat mengganggu perjalanan. Untuk itu tips ketika touring satu ini harus selalu di ingat sebelum berangkat, biasanya hal tersebut selalu di ingatkan oleh keua club atau leader dari rombongan touring. Kemudian juga setiap kali mau berangkat selalu ada instruksi untuk mengecek peralatan agar tidak lupa atau ketinggalan

Pastikan Motor Dalam Performa Oke

Kemudian tips ketika touring yang baik dan juga aman kedua, sobat otomotif harus mengecek keadaan motor apakah dalam performa terbaik atau tidak. Dimana dalam melakuka tourin motor pasti akan digeber habis dan juga menyala dalam jangka waktu cukup lama, dimana hal tersebut dilakukan agar cepat sampai ketujuan.  Untuk itu sobat otomotif harus segera service motornya agar mengetahui apa sajakah yang harus diperbaiki atau diganti yag ada didalam mesinya. Baik it kampas kopling, oli mesin, piston dan lainnya. Lalu sobat otomotif juga jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai, gear dan juga ban, apakah masih layak untuk dibawa bepergian jauh atau tidak.

Gunakan Pakain yang Nyaman dan Dilengkapi Pelindung

selanjutnya tips ketika touring berpakaian juga perlu diperhatikan sekali, pasalnya ketika berkendara pastinya akan mengalami cuaca yangtidak menentu kadang panas kadang hujan. Untuk itu sobat otomotif gunakan pakain yang dipakai nyaman serta adem lalu dilapis jaket yang khusus untuk touring. Untuk pelindungnya sendiri hal yang perlu sobat otomotif lakukan ialah menggunakan deker untuk melindung kaki, lalu sarung tangan juga perlu untuk melindung tangan. Hal tersebut yang perlua anda persiapkan ketika touring. Oh iya, sobat otomotif juga harus menggunakan helm yang sudah mendapat sertifikat SNI dan DOT atau paling tidak menggunakan helm Full Face.

Advertisement

Kode Tangan Ketika Touring

Kode Tangan Ketika Touring

Ikuti Tata Cara Touring

Tips ketika touring selanjutnya ikuti tata cara touring, untuk tips yang satu ini memang harus diperhatikan sekali bagi semua rombongan touring. Pasalnya akan ada beberapa pencerahanyang harus diketahui, seperti halnya tanda-tanda ketika touring yang mana terdapat beberapa gerakan yang mengisyaratkan dan salah satunya bila kaki kanan atau kiri diturunkan berati ada lobang atau ahalangan. Kemudian bila tangan diacungkan ke kanan atau kekiri, itu menunjukan perjalanan berbelok dan tentunya masih banyak lagi isyarat yang sudah ada ditaa cara touring.Sobat dapat mempelajarinya ketika berkumpul dengan club atau sebelum berangkat touring.

Konsentrasi Saat Berkendara

Dalam melakukan touring juga harus berkonsentrasi, agar nantinya perjalanan akan berjalan dengan mulus tanpa adanya gangguna suatu apapun. Sobat otomotif juga harus melihat kondisi depan belakang dan samping, apakah posisi berada yang tepat atau tidak. Kemudian juga harus cermat melihat tanda yang sudah diatur oleh pemimpin rombongan, leader, sweaper dan lainnya. Apabila konsentrasi sampai buyar tentu akan mengakibatkan suatu hal yang tidak di inginkan seperti bersenggol atau keluar dari jalur rombongan, pastinya sobat otomotif tidak ingin seperti itu bukan, oleh karena itu lakukanlah tps ketika touring yang aman dan juga baik.

Ikuti Tanda Kapten Leadar

Tips ketika touring selanjutnya ialah perhatikan pergerakan anggota tubuh dari leader, seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa setiap rombongan touring pasti sudah menunjukan beberapa anggotanya untuk mengatur perjalanan. Dalam setiap rombongan akan terdapat beberapa tuga yang harus di isi, baik itu pada posisi paling depan , tengah dan belakang. Untuk bagian belakag sendiri untuk mengontrol dan memastikan kondisi aman pada rombongannya, sebaliknya untuk bagian tengah mempunya tugas sendiri yang dapat bergerak kebelakang atau kedepan untuk berkomunikasi dengan awak lainya.

Formasi Baik Pada Saat Touring

Formasi Baik Pada Saat Touring

Pada Saat Tourig Dilarang Salip Menyalip

Nah untuk tips ketika touring baik dan aman terakhir ialah masing-masing rombongan dilarang saling menyalip, terkecuali anggota yang ditugaskan oleh leadernya. Hal tersebut agar terciptanya keamanan dan ketertiban ketika touring, apabila hal tersebut terjadi tentu akan membuat rombongan tidak terkontrol dan juga akan terjadi suatu hal yang tidak di inginkan seperti bersenggolan. oh iya hampir saja lupa, dalam rombongan touring biasany dibagibeberap kelompokbila anggotanya banyak. Hal tersebut dilakukan agar tidak menggangu perjalanan lain dan mempermudah untuk mengatur perjalanan dan mengkondisikan keadaan jalan.

Advertisement

Baca juga : 8 Harga Yamaha Max Series Terbaru 2017

Nah itulah tips ketika touring yang baik dan aman, dari beberapa tips yang kami sampaikan merupakan hal yang harus dilaukan ketika melakukan touring. Sobat otomotif juga harus dalam kondisi tubuh yang sehat, pasalnya akan menguras tenaga yang cukup banyak dan akan sangat cape sekali. Yang paling penting adalah melengkapi pelindung yang sudah dianjurkan ketika touring, hal tersebut agar dapat mencegah atau mengurangi resiko cidera ketika terjadi crash. Demikianlah yang dapat kami sampaikan untuk sobat otomotif semuanya semoga informasi Tips Ketika Touring Yang Aman dan Baik dapat bermanfaat untuk ada semuanya. “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

loading...
Advertisement