Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet – Memiliki ebuah kendaraan memang sudah menjadi hal yang sudah biasa, apalgi dimasa sekarang hampir semua orang memiliki sebuah kendaraan bermotor. Banyak juga yang memiliki kendaraan semata-mata untuk meringankan beban dan wktu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada pula yang sengaja mempunyai motor untuk keperluan pribadi.  Namun kendaraan motor juga perlu untuk kita rawat agar motor tetap awet da tidak udah rusak.

Advertisement

Kendaraan bermotor memang telah disuguhkan dengan berbagai macam-macam bagian yang memiliki peran sangat penting, sebagaimana suspensi yang bekerja megoptimalkan dan memaxsimalkan sistem kenyamanannya. Selain itu pula terdapat mesin yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan kelengkapan agar mesin motor dapat bekerja dengan sempurna. Tentunya masih banyak lagi bagian-bagian mesin yang tidak dapat kami sampaikan satu per satu, namun untuk kali ini kami akan meberitahukan beberapa tips merawat rantai.

Perlu sobat otomotif ketahui bila rantai motor merupakan salah satu bagian yang sangat penting terhadap sebuah motor. Rantai juga perlu mendapatkan perhatian penting loh sob, karena pada bagian tersebut  rentan sekali dan juga sangat mudah putus atau hal lainnya bila tidak mendapatkan perawatan. Hal tersebut dikarenakan mesin yang bekerja untuk memutar roda agar motor bisa berjalan, dan hal tersebut lah yang sering membuat rantai motor cepat rusak atau bahkan putus.

Hal lain yang dapat merusak rantai ialah, kurang perawatan seperti rantai kering karena tidak disemprot dengan pelumas rantai, rantai juga akan cepat rusak bila sering terkena air hujan yang mengakibatkan rantai cepat berkarat. Tentu banyak sobat otomotif yang sering melalikan hal-hal seperti tersebut, nah untuk sobat otomotif yang ingin motor rantainya tetap awet dan tahan lama ? sobat dapat simak informasi dari kami yakni Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet dibawah ini.

Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Tips dan CARA Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

1. Cek Rantai Secara Rutin

Advertisement

Langkah yang cukup mudah yang bisa sobat otomotif lakukan ialah, cek kondisi rantai secara berkala agar tahu keadaan rantai apakah sudah kendor atau masih kencang. Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet tersebut memang banyak yang sering melalaikan, dimana banyak yang membiarkan hal tersebut dikarenakan rasa malas atau terburu-buru. Namun tidak ada salahnya bila mulai saat sekarang sobat harus melakukan hal tersebut, agar nantinya tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan terjadi.

2. Bersihkan Rantai Secara Berkala

Cara yang kedua yang dapat sobat otomotif lakukan ialah membersihkan rantai secara berkala, hal tersebut memang harus sobat lakukan. Selain mengakibatkan rantai cepat rusak, motor juga jelas terlihat sangat kotor sekali yang membuat motor tidak enak untuk dipandang. Mungkin cara kedua Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet ini banyak yang sudah melakukannya, dimana setiap orang pasti ingin menampilkan kendaraan motornya yang terbaik Terlebih untuk orang-orang yang sangat mencintai dengan kebersihan, pastinya cara tersebut sering digunakannya.

3. Gunakan Pelumas Rantai

Advertisement

Masih terapat banyak lagi Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang dapat sobat otomotif lakukan, seperti halnya tips yang ketiga dengan cara melumasi rantai motor anda dengan oli khusus atau dengan pelumas cair yang dikhusukan untuk rantai. Cara yang satu ini memang sanat efektif sekali, yang mana cara tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, terlebih jika sobat otomotif melumasi dengan caa meyemprotkan. Pelumas motor juga dapat anda temukan di toko-toko aksesoris maupun bengkel disekitar tempat tinggal sobat semua.

4. Potonglah Rantai Satu Kali Saja

Mungkin untuk Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang selnjutnya tidak semua orang bisa melakukannya, dimana pada cara yang ke empat memotong rantai cukup satu kali saja. Cara yang ini memang tidak semua orang bisa melakukannya, diarenakan membutuhkan beberapa alat untuk memotongnya, dan cara alternatifnya motor dibawa saja ke bengkel terdekat. Namun untk sobat otomotif yang memiliki waktu luang dan peralatan yang memadai, sobat dapat lakukan sendiri dan yang harus diketahui potong rantai motor sobat satu kali saja.

5. Gunakanlah Rantai dan Gear Aslinya

Nah untuk Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang terakhir sangatlah mudah sekali loh sob, sobat cukup menggantikan rantai dan gear dengan yang aslinya. Yang mana suku cadang aslinya sudah diketahui memiliki kualias yang sangat baika dan pastinya sangat awet sob dikeranakan berasal dari material yang berkualitas. Beberapa tips dan cara-cara tersebut memang terbilang sangat mudah sob, dan untuk melakukanya sobat juga tidak perlu mebutuhkan waktu yang lama dan hanya membutuhkan waktu beberapa meinti saja sob.

Tips Merawat Rantai Motor

Tips Merawat Rantai Motor

Beberapa Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang sudah kami sampaikan merupakan beberapa cara yang sangat mudah sekali untuk sobat lakukan, dimana perwatan tersebut tidak memerlukan waktu yang lama. Namun untuk sobat yang tidak mempunyai waktu luang atau sangat sibuk, sobat oomotif dapat lakukan tips nomer 3 yakni cukup dioleskan pelumas atau semprotan cairan khusus untuk melumasi rantai motor kesayangan sobat. Sungguh sangat mudah sekali bukan beberpa tips yang kami sebutkan tadi.

Baca Juga : Tips Dan Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Namun tidak selamanya rantai tetap awet, dimana bagian tersebut mempunyai batas waktu yang cukup panjang untuk diganti dengan yang baru. Namun pergantian tersebut dapat ditunda, jika sobat otomotif sering melakukan tips-tips dan cara merawat rantai yang sudah kami sampaikan seperti diatas. Bagaiamana sob, cukup midahkan beberapa tips dan caraTips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang sudah kami informasikan diatas. Mungkin cukup sekian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet dapat bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

Advertisement