Tips dan Cara Membersihkan karburator Pada Kendaraan

Advertisement

Tips dan Cara Membersihkan Karburator Pada Kendaraan – Seperti yang kita ketahui karburator merupakan hal yang terpenting bagi kendaraan. Pasalnya dengan komponen inilah asupan bahan bakar dan angin di campur dengan maksimal sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang optimal. Namun sering kita jumpai dan mendengar orang yang sering mengeluh akibat pemakaian bahan bakar yang sangat boros. Dan mungkin saja ini disebabkan karena karburator yang sudah tidak stabil bahkan bisa juga sudah rusak.

Tapi jangan kawatir karena kali ini kami akan memberikan sedikit tips dan cara membersihkan karburator pada kendaraan, hal ini tentu saja bisa anda lakukan sendiri tanpa harus membawa mobil ataupun motor kita ke bengkel-bengkel servis. Tapi jika pengetahuan anda mengenai otomotif tidak terlalu mengerti kami sarankan jangan coba-coba melakukan hal ini sendiri karena bisa berakibat fatal pada kendaraan anda. Namun untuk anda yang sudah terbiasa mengutak-atik kendaraan sendiri bisa anda simak tips dan cara ini agar hasil servisan anda menjadi lebih baik.

Nah untuk kali ini kami akan memberikan tips dan cara memberihkan karburator pada kedaraan roda empat dan road dua. Dari data dan informasi yang kami dapatkan untuk kerusakan pada karburator memang jarang terjadi, tapi yang membuat campuran bahan bakar dengan angin menjadi tidak maksimal karena diakibatkan oleh banyaknya kotoran yang ada didalam karburator itu sendiri yang mengakibatkan lubang-lubang suplayernya mampet. Nah untuk mengatasi hal tersebut tentunya juga bisa anda lakukan sendiri tanapa harus membawa kendaraan anda kebengkel.

Advertisement

Untuk sobat otomotif yang ingin pratek hal tersebut, sebaiknya anda meyiapkan peralatan-peralatan perbengkelan yang anda miliki seperti kunci, obeng dan juga tang. Dan satu lagi untuk memberihkan kaburator ini sebaiknya kita memakai carburator cleaner. Untuk caburator cleaner anda bisa dapatkan di toko-toko onderdil terdekat yang ada di daerah anda. Nah untuk membersihkan karburator ini sebenarnya sangatlah mudah bagi orang yang sudah mengetahuinya. Namun meski terbilang mudah kita juga harus memperhatikan langkah-langakah yang benar agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

Setelah anda mempersiapkan peralatan yang anda butuhkan sebaiknya anda simak langkah-langkah berikut ini. Baiklah sobat otomotif kali ini kami akan berbagi sidikit ilmu mengenai tips dan cara membersihkan karburator pada kendaraan sendiri. Pada intinya semua jenis karburator memiliki kerja dan fungsi yang sama, jadi cara ini bisa kalain lakukan kesemua jenis kendaraan. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak ulasan mengenai Tips dan Cara Membersihkan Karburator Pada Kendaraan, berikut informasinya.

Tips dan Cara Membersihkan Karburator Pada Kendaraan

Tips dan Cara Membersihkan Karburator Pada kendaraan

Tips dan Cara Membersihkan Karburator Pada kendaraan

1. Siapkan peralatan yang kita butuhkan untuk memboingkar karburator

Advertisement

Untuk langkah pertama yang anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan-peralatan yang kita butuhkan seperti obeng plus dan mines, kunci 10, 12 dan 14. Kemudian tidak ketinggalan tang serta carburator cleaner untuk menyeprot bagian-bagian lubang yang tersumbat karena kotoran. Dengan menyeprotkan carburator cleaner pada setiap sudut bagian karburator kemungkinan besar kotoran-kotoran yang mampet pada setiap lubang akan hilang sehingga karburator akan menjadi semakin bersih dan asaupan bahan bakar pun akan menjadi lebih maksimal.

2. Buka rumah filter udara serta filternya

Langkah kedua adalah dengan membuka rumah filter udara beserta filternya. Dalam hal ini tentu saja anda membutuhkan kunci 10 dan 12 untuk melepaskan baut dan mur yang ada disekitar rumah filter. Untuk mengendurkan baud yang ada di rumah filter sebaiknya anda berhati-hati karena bisa memberikan efek yang tidak baik, sperti baud patah ataupun bisa juga slek. Hal ini tentu saja akan menjadi masalah karena dengan baud yang slek maupun patah akan membuat semakin susahnya melepaskan baud tersebut.

Advertisement

3. Buka buad drain 

langkah yang ketiga ialah membuka baud drain, untuk membuka baud ini kita memerlukan kunci pas ataupun shok dengang ukuran 14 mm. Dengan kunci tersebut kita akan menjadi lebih mudah untuk membuka baud drain ini. Baud drain merupakan baud penutup suplayer yang tepat berada dibagian depan body karburator. Setelah baud bisa dilepas maka kita akan bisa melihat suplayer-suplayer yang ada didalam karburator. Setelah itu semprotlah suplayer-suplayer dan baud setelan angin tadi dengan carburator cleaner. Seletah menyeprot bagian-bagian suplayer dengan bersih dan pastikan tidak ada kotorna lagi yang menyumbat, kemudian pasang lagi baud-baud tersebut dan hidupkan kembali mesin mobi tersebut.

4. Aturlah setelan angin yang masuk kekarburator supaya langsam

Setelah memasang lagi baud-baud karburator, sebaiknya ada atur setelan angin yang masuk kekarburator agar langsam. Untuk mengatur setelan angin tesebut ada bisa memutarnya sekitar 1.5 putaran. Kemudian bekaplah dengan telapak tangan beberapa kali, tujuanya ialah untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang tersisa didalam karburator.

5. Semprotlah karburator tersebut dengan carburator cleaner hingga bersih

Langkah berikutnya ialah semport kaburasi cleaner tersebut kedalam caburator, maka putaran mesin akan turun dan mau mati. Dalam kodisi seperti ini lebih baik anda naikan putaran mesin dengan cara membuka skep gas. Namun jika mesin mati silahkan anda hidupkan lagi, hal ini dapat ada lakukan berulang kali hingga anda bisa mendapatkan setelan yang pas dan sesuai dengan keinginan yang anda inginkan.

6. Setel angin kembali

Dan yang terakhir pada tips dan cara membersihkan karburator pada kendaraan ialah setel angin kembali, jika keadaan karburasi tersebut sudah bersih. Tutup baut setelah terlebih dahulu ketika putaran mesin akan turun dan mau mati, lalu putar untuk membuka kira-kira 1.5 putaran. Sememtara itu anda harus bisa mendapatkan feeling terbaik, karena saat dibuka putran mesin akan naik, hingga suatu saat putaran mesin akan turun kembali. Nah hentikan mesin saat putaran mesin tertinggi serta stabil, dan jika perlu tambahkan seperempat putaran agar mesin mudah di hidupkan saat dingin.

Baca Juga : Harga Moge Kawasaki Terbaru

Nah itulah beberapa tips dan cara membersihkan karburasi pada kendaraan, mungkin cara tersebut dapat anda lakukan sendiri tanpa membawa kendaraan kebengkel. Tips dan cara ini memang terbilang cukup mudah namun jika anda belum terbiasa pasti akan susah mendapatkan setelan yang baik dan stabil sehingga tingkat konsumsi bahan bakar akan lebih stabil dan hasil pembakaran dalam mesin pun akan menjadi lebih maksimal. Nah sobat jika anda memiliki kendaraan mobil ataupun motor silahkan anda mencoba Tips dan Cara Membersihkan Karburator Pada Kendaraan anda dirumah. Semoga berhasil dan “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

loading...