Syarat Kredit Motor dan Tips Agar Pengajuan Kredit Motor Di Setujui

Advertisement

Syarat Kredit Motor – Sekarang ini segala macam transaksi dipermudah, bahkan ketika sobat menginginkan sebuah kendaraan baik itu motor ataupun mobil, akan tetapi tidak memiliki budget yang cukup untuk membelinya dengan cash, cara lainnya adalah dengan “Kredit”, meski kata – kata tersebut cukup kontroversial, karena sudah jelas kalau hal ini masuk dalam kategori Riba, tapi untuk sebagian orang, kredit menjadi salah satu jalan mudah untuk bisa mendapatkan hal yang mereka inginkan, seperti Motor, Mobil, dan Barang Elektronik lainnya.

Jika berbicara elektronik seperti HP, Laptop, TV dan lain sebagainya, beberapa finance memberikan syarat yang begitu mudah, tapi lain halnya ketika sobat menginginkan sebuah kendaraan, sebut saja syarat kredit motor bisa di bilang cukup ribet, karena harus melalui beberapa tahapan, termasuk dengan survey. Pihak leasing tentunya tidak mau kecolongan dengan banyaknya kasus kredit macet, maka dari itu tahapan terahir yaitu dengan melakukan survey lebih mendetail, yang bahkan bukan hanya sobat otomotif sebagai peminat saja yang di survey, tapi juga dengan orang lain.

Namun untuk survey yang terlalu ribet tadi, biasanya bagi calon konsumen dengan DP rendah, beda halnya dengan orang yang berani memberikan DP besar, bisanya hal – hal yang seperti itu menjadi jauh lebih mudah, karena di sisi lain jaminan yang di miliki oleh leasing menjadi jauh lebih besar ketika mengeluarkan sebuah barang, sehingga sobat bisa dibilang lebih terjamin lolos survey. Lepas dari survey, menyoal akan total dari semua angsuran dan DP, jatuhnya harga sebuah kendaraan motor tersebut terlihat begitu mahal, padahal sebenarnya nilai cashnya murah.

Advertisement

Hal tersebut wajar saja, namanya juga kredit, tentunya berbunga, dan bunga dari leasing dapat di bilang sangat besar, bahkan bisa lebih dari setengah harga pokok jika sobat kredit dalam jangka waktu yang lama. Saran kami jika selisih harga total dari angsuran dan dp antara motor baru dan bekas tidak terlalu jauh, sebaiknya sobat ambil saja motor baru, karena selain dari segi perawatan yang lebih mudah dan tampilan jauh lebih menarik, motor bekas yang di kreditkan memiliki nilai yang sama dengan motor baru.

Disamping itu jika membeli motor bekas, paling tidak sobat harus tau benar kondisi motor yang sobat inginkan, agar tidak kecewa di lain hari karena ternyata kondisi motor tidak sesuai yang di inginkan. Kembali lagi berbicara akan syarat kredit motor, beberapa hal yang wajib sobat miliki adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), kemudian menyusul penghasilan, nah untuk syarat yang kedua ini harus memiliki bukti yang benar – benar otentik atau asli, seperti diantaranya slip gaji dan rekening koran, karena mana mungkin pihak leasing bakal meloloskan orang yang tidak berpenghasilan.

Lalu untuk syarat lebih lengkapnya, sobat langsung saja cek Syarat Kredit Motor Baru dan Bekas dibawah ini.

Syarat Kredit Motor Baru dan Bekas

Syarat Kredit Motor Baru dan Bekas

Syarat Kredit Motor Baru dan Bekas

1. KTP

Sebagai warga negara Indonesia, KTP menjadi satu hal wajib, karena dari sinilah pihak leasing mengetahui alamat lengkap sobat, dan riwayat BI Cheking ketika sobat memiliki lebih dari satu angsuran. Selain itu KTP juga menjadi satu persyaratan yang di haruskan ada karena untuk nantinya dijadikan sebagai syarat pelengkap untuk membuat surat kendaran sepeda motor, seperti STNK dan BPKB.

2. KK (Kartu Keluarga) dan Akta Nikah

Disamping KTP, KK dan akta nikah dibutuhkan untuk memperkuat persyaratan di awal tadi, atau lebih untuk mengecek keaslian dari KTP yang sobat miliki, dan didalam satu KK, terutama yang sudah menikah, biasanya salah satu bisa suami ataupun istri, di jadikan sebagai penjamin ketika si pemohon melakukan pelanggaran atau perjanjian kredit dengan tidak membayar angsuran, nah si penjamin nantinya akan di mintai sebagai penanggung jawab. Selain itu juga, biasanya pihak surveyor akan meminta lagi data saudara terdekat beda KK untuk nantinya jika terdapat tunggakan atau parahnya lagi kredit macet.

3. Rekening Listrik

Bukti pembayaran listrik ini juga menjadi satu hal yang bisa di lepas dari syarat kredit motor, pasalnya hal ini bakal menunjukan mengenai lokasi tempat tinggal sebagai penguat persyaratan di awal – awal tadi.

4. Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal

Leasing akan lebih meloloskan konsumen kredit yang sudah benar – benar memiliki rumah sendiri, dan hal itu di tunjukan dengan bukti bayar PBB (Pajak Bumi Bangunan).

5. Slip Gaji

Untuk menunjukan bahwa sobat sudah berpenghasilan, pihak leasing akan meminta slip gaji. Selain sebagai syarat, juga menjadi salah satu pertimbangan pihak leasing untuk menghitung kemampuan dari calon kreditor.

6. Rekening Koran

Namun lain halnya bagi sobat yang tidak mepunyai slip gaji, sobat paling tidak harus memiliki buku tabungan, karena pihak leasing membutuhkan bukti nyata sebagai pertimbangan kalau sobat itu layak di loloskan atau tidaknya.

7. NPWP

Syarat kredit motor ke enam ini tidak terlalu di persoalkan, karena masih bisa di nego dengan pihak leasing, dan melihat pengalaman orang lain, NPWP dibutuhkan hanya untuk persyaratan tambahan.

8. Survey

Setelah semua syarat diatas sudah ada dan lengkap, sekarang leasing tinggal melakukan survey, yang di lakukan terhadap calon kreditor, sodara, serta penjamin, bahkan beberapa surveyor akan bertanya riwayat sobat dari tetanga atau orang yang terdekat dengan rumah.

Untuk persyaratan 1 sampai 7, paling tidak sobat harus melengkapinya agar nantinya bisa di loloskan. Sedangkan syarat kredit nomor 8, setidaknya pihak leasing membutuhkan beberapa waktu mulai dari 1 hari sampa 2 hari untuk kembali berbicara terhadap sobat perihal lolosnya semua persyaratan. Tetapi jika dalam kurun waktu tersebut surveyor tidak datang, itu berarti sobat tidak lolos alias gagal.

Selain persyaratan diatas yang bakal meloloskan sobat sebagai kreditur, cara lain juga ada untuk lebih memperlancar sobat agar dapat dengan mudah di setujui. Untuk lengkapnya, kami bagikan Tips Agar Kredit Di Setujui dengan cepat, bahkan tanpa harus melalui tahapan surveyor sekalipun. Penasaran apa saja tipsnya ? yuk langsung aja cek ulasannya dibawah ini.

Tips Agar Pengajuan Kredit Motor Di Setujui

Tips Agar Pengajuan Kredit Motor Di Setujui

Tips Agar Pengajuan Kredit Motor Di Setujui

1. Tidak Di Blacklist Oleh Pihak Leasing

Jika nama sobat tidak termasuk dalam daftar blacklist yang dimiliki oleh leasing, tentu sobat akan lebih dipermudah lagi, karena catatan buruk ini memiliki pengaruh besar apakah nantinya sobat bakal di loloskan atau tidak.

2. Memiliki Track Record Pembiayaan Baik dan Lancar

Sekarang ini untuk mengetahui track record seseorang tidaklah sulit, karena semua pembiayaan atau hal yang berhubungan dengan angsuran pada sebuah nama sudah tercatat rapi dalam satu wadah yakni BI Checking, dari situlah nama sobat akan terlihat catatannya, mulai dari tunggakan sampai dengan dimana saja sobat memiliki angsuran.

3. Mempunyai Data Lengkap

Persayaratan yang paling utama sebagai pemohon kredit tidak lain adalah data – data yang lengkap dan valid, mulai dari KTP, KK, sampai dengan Buku Nikah, semua harus sama dan tidak boleh ada yang berbeda pencatatanya. Bahkan kalu perlu sobat bisa menunjukan surat domisili yang menyatakan bahwa sobat benar – benar salah satu warga dari tempat tinggal sobat berada.

4. Penghasilan Tetap Dan Bisa Di Buktikan

Disamping persyaratan data yang lengkap, tentunya penghasilan menjadi syarat wajib agar bisa lolos sebagai pemohon kredit. Nantinya sobat harus benar – benar membuktikan bahwa memiliki sebuah pekerjaan dan penghasilan. Jika bekerja tentunya memiliki slip gaji, tetapi jika berwiraswata, sobat harus membuktikannya dengan rekening koran selama 3 bulan terahir, tercatat dari waktu sobat mengajukan kredit.

5. Mempunyai Tempat Tinggal Jelas

Jika sudah mempunyai rumah sendiri, tentu menjadi satu modal awal untuk sobat bisa lolos sebagai pemohon kredit. Karena dengan bukti adanya tempat tinggal tersebut menunjukan kalau sobat itu mampu serta memiliki jaminan yang jelas, untuk nantinya bisa dipertanggung jawabkan ketika ada keterlambatan angsuran. Jika demikian berarti sobat memiliki prosentase tinggi untuk di setujui sebagai pemohon kredit.

Tetapi jika sobat tidak memilikinya, seperti ngontrak misalnya, dan itupun kurang dari 3 bulan lamanya sobat tinggal, hal ini akan mempersulit sobat untuk lolos pengajuan kredit.

6. Memberikan DP Besar

Jika memiliki budget cukup, dan menginginkan pengajuan kredit itu lolos, sobat bisa dengan memberikan DP atau uang muka dalam jumlah besar, karena beberapa leasing menawarkan syarat mudah ketika sobat memberikan DP tinggi, bahkan mereka membebaskan syarat sulit lainnya dan bisa langsung kirim motor setelah sobat memberikan sejumlah uang.

7. Pemohon Kredit Minimal Berumur 21 Tahun

Bagi sobat yang sudah berpenghasilantetapi memiliki umur dibawah 21 tahun, tenang saja, tidak perlu berkecil hati, karena sobat masih bisa menggunakan nama orang tua untuk dijadikan sebagai pemohon, asalkan orang tua sobat belum mencapai umur 60 tahun, dan itu dipastikan di setujui oleh pihak leasing.

Apabila sobat otomotif dapat memenuhi semua tips yang kami berikan di atas, dijamin permohonan kredit yang di ajukan itu di setujui oleh pihak leasing. Kemudian hal lain yang perlu sobat perhatikan lagi, syarat kredit motor diatas dapat berbeda di masing – masing leasing, karena semua kembali ke kebijakan yang diberikan oleh pihak leasing terhadap para pemohon kredit. Tapi rata – rata leasing jika mendengan Uang Muka tinggi, pihaknya bakal menyetujui permohonan kredit tanpa berbelit.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Kampas Kopling Dan Tips Mengetahui Kampas Kopling HabisHarga Oli Enduro Racing Terbaru

Dan setelah nantinya benar di setujui, saran kami sobat pilihlah leasing terpercaya, yang sudah memiliki nama besar, karena mereka di jamin bekerja secara profesional, dan menghindarkan sobat dari penipuan, serta sebaiknya sobat ambil waktu kredit yang pendek, karena bila mengambil waktu yang lama, bunganya akan semakin besar. Jadi sekalipun angsuran dalam waktu yang singkat itu memiliki nominal besar, tetapi selisih bunga cukup lumayan, dan tidaklah terlalu besar seperti angsuran dalam waktu lama. Demikian informasi yang dapat kami berikan semoga Syarat Kredit Motor serta beberapa tips diatas dapat membantu sobat. “SALAM OTOMOTIF”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement