Oli Yang Bagus Untuk mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Advertisement

Laris manis bak jualan kacang, adalah ungkapan yang pas bagi penjualan mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.  Program pemerintah tentang mobil murah seperti Daihatsu Ayla dan Toyota Agya mendapat respon yang bagus dari masyarakat.

Selain harga beli yang cukup bersahabat, mobil LCGC juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti beban pajak yang ringan, biaya perawatan dan servis yang murah, konsumsi bahan bakar yang hemat hingga bentuk body-nya yang kecil memudahkan pengendara selap-selip dijalanan padat.

Hasil data Gaikindo terbaru bulan Mei 2019, dua mobil kembar Daihatsu Ayla dan Toyota Agya menjadi mobil LCGC dengan pertumbuhan pasar tertinggi sejak pertama kali di rilis di Indonesia.Oli Yang Bagus LCGC Ayla agya - TOP1 HP SPORT 2

Advertisement

Bagaimana dengan biaya perawatan dan servis mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya?

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sendiri memiki dua varian transmisi yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Pastinya ada perbedaan pengeluaran servis yang akan ditanggung konsumen.

Hal ini terjadi  saat berada interval service 40.000 km dan 80.000 km serta kelipatannya. Diketahui dari salah satu dealer Toyota di Jakarta mencatatkan bahwa mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya tidak memiliki perbedaan yang signifikan untuk urusan perawatan rutin, keduanya memiliki beberapa item yang harus diperiksa saat servis berkala agar tetap dalam kondisi yang bagus.

Diantaranya penggantian oli mesin, gasket, filter oli, timah balancing, penambahan air accu, spooring serta busi. Namun untuk 2 item terakhir tidak dilakukan setiap service, hanya perawatan berkala 20.000 km.

Lantas apa oli yang bagus untuk mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla dan Toyota Agya?

Setiap pemilik kendaraan haruslah menggunakan oli mobil yang bagus yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraannya, khususnya pemilik mobil LCGC seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Ternyata masih banyak pemilik mobil Agya dan Ayla yang tidak memperhatikan tingkat kekentalan oli yang mereka gunakan, salah-salah pemilik mobil LCGC kerap menggunakan oli dengan kode SAE yang salah atau terlalu kental seperti SAE 10W-40

Apa yang terjadi bila Daihatsu Ayla dan Toyota Agya menggunakan oli SAE 10W-40?

Efek jangka pendeknya adalah bahan bakar akan menjadi lebih boros jika pakai 10W-40, karena oli lebih kental dan putaran menjadi lebih berat.

Salah memakai oli, mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya anda akan terasa tidak bertenaga, dan dalam jangka panjang bisa merusak mesin.

Rekomendasi oli yang bagus untuk mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang disarankan oleh pabrikan mobil yakni oli encer dengan tingkat kekentalan SAE 0W-20 agar sesuai persyaratan mesin.Oli Yang Bagus LCGC Ayla agya - TOP1 HP SPORT 3

Kode SAE 0W-20 maksudnya adalah:

0W Artinya: Pada suhu dingin (-20 Celcius), kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE “0” (Tetap encer)

40 Artinya: Pada suhu tinggi atau panas, kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE “20” (Cukup kental untuk mesin LCGC yang rapat)

Kenapa sih mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya direkomendasikan menggunakan oli encer 0W-20?

Mobil LCGC sendiri memiliki mesin yang berbeda karena memiliki dimensi yang lebih kecil dengan jarak antar komponen yang berdekatan. Makanya butuh oli berbahan dasar full sintetik dengan kekentalan yang encer agar bisa masuk ke celah antar komponen yang semakin rapat tersebut.

Selain itu, menggunakan oli dengan viskositas rendah pastinya akan membuat mesin bekerja lebih enteng. Nah salah satu oli yang bagus untuk mobil LCGC seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah TOP1 HP Sport SAE 0W-20 Fully SyntheticOli Yang Bagus LCGC Ayla agya - TOP1 HP SPORT1

Oli TOP1 HP Sport telah melampaui standarisasi pabrikan dan juga standar API (American Petroleum Institute) dan juga lulus uji dari ILSAC (Internasional Lubricant Standardization and Approval Committee). TOP 1 HP Sport juga telah dipercaya oleh komunitas Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dibeberapa kota besar di Indonesia.

Oli TOP1 HP Sport 0W-20 direkomendasikan untuk mobil-mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, dan Toyota Agya karena memiliki masa pakai yang lebih tahan lama dan mampu melumasi seluruh celah komponen mesin dengan sangat baik, selain itu dari segi harga juga sangat terjangkau yaitu berada pada kisaran harga Rp 90,000 – Rp 95,000 / liter.

Berikut ini beberapa keunggulan oli TOP 1 HP Sport SAE 0W-20 sebagai oli yang bagus untuk mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya :

  1. XTRA-CLEAN ADDITIVES

Mesin bersih menyeluruh hingga celah terkecil! Karena memiliki aditif (zat tambahan) yang mampu mengikat kotoran dan menangkal kotoran kembali melekat

  1. STOP-AND-GO FORMULATION

Tangguh melindungi dalam situasi tersulit sekalipun! Diciptakan untuk menghasilkan kinerja mesin maksimal dalam kondisi jalanan tak menentu dan kemacetan

  1. 100% SYNTHETIC OIL

Masa pakai lebih lama dan lebih irit bahan bakar!! Terbuat dari 100% Sintetik, memberikan performa maksimal pada mesin dengan masa pakai yang lebih tahan lama

5/5 (1 Review)
Advertisement