Modifikasi Honda C70 / Pitung Terkeren Terbaru 2018

Advertisement

Modifikasi Honda C70 – Salah satu motor klasik terpopuler di Indonesia adalah Honda C70 atau sering disebut sebagai Honda Pitung. Mungkin sobat bertanya-tanya, kenapa namanya Pitung ?. Sebenarnya nama Pitung diambil dari kata Pitung Puluh atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai tujuh poloh. Motor ini juga dipasarkan di Indonesia di era 70an, jadi wajar apabila sering disebut sebagai “HONDA PITUNG”.

Spesifikasinya memang biasa, namun banyak orang yang kesengsem terhadap desainnya. Motor ini memiliki desain klasik yang terlihat stylish dan elegan. Mesinnya juga bandel dan mudah perawatannya. Untuk mesinnya sendiri ditenagai mesin OHC 4 Tak berpendingin udara yang memiliki kapasitas 71.8 cc. Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga sebesar 4.6 kW atau setara 6 bhp pada putaran 9.000 rpm. Kemudian untuk torsinya mencapai 5.2 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Body Honda C70 tergolong mungil dengan dimensi panjang 1.805 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 995 mm. Desainnya memang kompak, sehingga bobotnya sangat ringan. Dimana untuk bobotnya cuma 83.5 kg dan dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 4 Liter. Motor ini juga memiliki suspensi depan yang unik dan berbeda dari motor jaman sekarang yang rata-rata memakai suspensi teleskopik atau upside down. Pasalnya Honda C70 memakai suspensi depan bertipe Leading Link.

Advertisement

Rem depan dan rem belakang Honda C70 sama-sama tromol. Kekuatan pengeremannya tentu dibawah motor yang memakai rem cakram. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah selama motor ini tak dibawa ngebut. Menariknya lagi, motor ini bisa berlari hingga kecepatan maksimal 80 km/jam sehingga tergolong cepat untuk sebuah motor yang memakai mesin berkapasitas 83.5 kg. Lalu untuk bagian ban dilengkapi ban depan 2,50–17– 6PR dan ban belakang 2,25–17–4PR.

Nah setelah mengetahui spesifikasinya, maka sekarang kita membahas mengenai modifikasi Honda C70. Motor ini bisa dirubah dalam berbagai macam gaya. Bagi yang suka desain klasik, maka kami sarankan untuk merestorasinya. Namun bagi yang berjiwa mudah dan ingin tampil beda, maka bisa memilih modifikasi Honda C70 bergaya Thailook, Drag Stype, hinga Chopper. Nah untuk melihat seperti apa modifikasinya, silahkan simak dibawah ini.

KUMPULAN MODIFIKASI MOTOR HONDA C70

1. Modifikasi Honda C70 Thailook

Modifikasi Honda C70 Thailook Modifikasi Honda C70 ThailookThailook adalah aliran modifikasi yang berasal dari Thailand. Banyak modifikator tanah air yang memiliki modifikasi Honda C70 bergaya Thailook. Aliran modifikasi ini mengharuskan modifikator menggunakan ban berukuran kecil atau ban cacing. Beragam aksesoris berwarna-warni juga ditambahkan dan dilengkapi knalpot racing yang nantinya bisa mengeluarkan suara lebih keras dibandingkan knalpot bawaan.

Advertisement

2. Modifikasi Honda C70 Drag Style

Modifikasi Honda C70 Drag StyleSaat ini sedang ramai aliran modifikasi bergaya Drag Style. Tak hanya motor matic, sobat juga bisa menerapkan gaya Drag Style pada modifikasi Honda C70. Sama halnya dengan Thailook, modifikasi ini menggunakan ban cacing yang dipadukan dengan velg jari-jari. Bedanya aksesoris yang digunakan terlihat lebih simple, karena pada dasarnya motor drag dibuat agar memiliki body yang ringan, sehingga tidak membutuhkan aksesoris yang terlalu banyak.

3. Modifikasi Honda C70 Chopper

Modifikasi Honda C70 ChopperModifikasi Honda C70 RacingKreatifitas tanpa batas dalam memodifikasi sepeda motor bisa tercermin pada modifikasi Honda C70 di atas. Motor yang tadinya merupakan motor bebek dirubah menjadi motor Chopper yang memiliki stang tinggi dan lebar. Aliran modifikasi ini memang keren, namun harus menghilangkan kesan elegan pada Honda Pitung dan diganti menjadi kesan gahar yang menjadi ciri khas motor Chopper. Modifikasi tersebut juga mengharuskan spakbor dilepas agar muat ban berukuran besar.

4. Modifikasi Honda C70 Racing

Modifikasi Honda C70 RacingHonda C70 juga bisa dirubah menjadi motor balap untuk mengikuti ajang Road Race. Tentunya modifikasi Honda C70 ini harus merubah sektor mesin agar tenaga yang dikeluarkan lebih optimal. Mesin bisa di bore-up atau diganti dengan mesin yang kapasitasnya lebih besar, seperti milik Honda Grand maupun motor lainnya. Sobat juga bisa menambahkan suspensi tabung agar motor lebih stabil saat mengikuti balapan. Tak lupa ban harus diganti menggunakan ban khusus balap dan menggunakan knalpot racing.

Advertisement

5. Modifikasi Honda C70 Classic

Modifikasi Honda C70 Classic Modifikasi Honda C70 ClassicMenurut kami yang klasik tetap yang terbaik. Oleh karena itulah kami lebih menyarankan untuk merestorasi Honda C70 dibandingkan merubahnya menjadi motor Chopper, Thailook, maupun Drag. Nah agar hasil restorasi terlihat lebih keren, sobat bisa menambahkan keranjang dibagian depan, tengah, atau belakang. Warna jok juga bisa diganti dengan warna yang terlihat lebih elegan. Selain itu, sobat bisa mengecat bodinya agar terlihat mirip motor baru.

6. Modifikasi Honda C70 Adventure

Modifikasi Honda C70 AdventureGaya modifikasi Honda C70 selanjutnya adalah bergaya Adventure. Modifikasi ini sangat cocok bagi sobat yang hobi berpetualang. Meski modifikasinya terlihat simple, namun membuat motor ini memiliki kemampuan menjejalah semua medan. Hal ini tak lepas dari pemakaian ban dual purpose. Selain itu, sobat bisa mengganti bagian knalpot dengan knalpot bergaya Scrambler seperti gambar di atas.

Baca Juga Informasi Lainnya
Daftar Harga Ban Motor MizzleHarga Ban Motor MizzleDunlop Derizza ZIIHarga Ban Mobil Dunlop

Nah itulah beragam referensi modifikasi Honda C70 yang bisa menjadi acuan dalam memodifikasi motor tua keluaran tahun 70an ini. Kami yakin pemilik Honda Pitung ingin motornya terlihat lebih keren dan tak kalah dari motor baru jaman sekarang. Beragam aliran modifikasi bisa sobat pilih, namun tentunya harus disesuaikan dengan budget yang sobat miliki. Demikianlah informasi otomaniac.com kali ini, semoga artikel modifikasi motor di atas bisa menjadi referensi sebelum memodifikasi Honda C70 alias Honda Pitung. “Salam Otomotif”

Advertisement

loading...

Loyalitas tingkat tinggi dan pantang menyerah untuk meraih cita-cita dan kebahagiaan dunia akherat