7 Cara Melepas Ban Belakang Motor Matic Mudah Terbaru 2019

Advertisement

Cara Melepas Ban Belakang Motor Matic – Nah guys, apakah pernah kalian melepas ban belakang motor matic saat mengganti ban ataupun mengganti kampas rem motor? Memang terlihat cukup mudah, namun jika kita tidak berhati-hati dalam melepas ban belakang motor matic bisa-bisa ban belakang motor matic tersebut akan tidak center. Atau bahkan jika kalian hanya coba-coba pastinya akan mengalami kesulitan yang cukup berarti dalam membongkar maupun memasang ban belakang motor matic.

Melepas ban belakang motor matic memang dirasa cukup mudah bagi anda yang seorang montir atapun tukan tambval ban, namun bagi anda yang tidak mengerti akan cara melepas ban belakang motor matic ini pastinya akan bingung bagaimana melepas ban belakang motor matic tersebut. Nah, jika anda memang ingin belajar bagaimana cara melepas ban belakang motor matic tersebut ada beberap langkah serta tahapan yang perlu anda perhatikan agar kalian lebih gampang dalam melepas ban belakang motor matic tersebut.

Perlu anda ketahui saat melepas dan memasang ban belakang motor matic yang palingt sering salah yakni dari sisi kembang ban yang terbalik. Kalau hal ini sampai terjadi maka bisa saja menurunkan perfoma alur dari sisi cengkraman. Jadi jika kalian ingin melepas ban belakang motor matic serta ingin mengganti ban motor tersebut lebih baik perhatikan alur kembang ban tersebut apakah sudah benar apa belum dan jika alur kembang ban sudah benar maka segeralah pasang ban tersebut pada velg motor tersebut.

Advertisement

Melepas ban belakang motor matic memang dirasa cukup gampang, namun saat memasang ban tersebut kita harus perhatikan poros roda apakah sudah pas apa belum, jika belum setelah ban tersebut agar lebih center atau lurus jika digerakan. Tidak mudah memang melepas ban belakang motor matic jika bukan ahlinya, maka dari itu kami sarankan jika anda ingin melepas ban belakang motor matic lebih baik datang kebengkel terdekat. Namun jika anda ingi melepas sendiri berikut adalah Cara Melepas Ban Belakang Motor Matik Mudah Terbaru 2019.

Cara Melepas Ban Belakang Motor Matic

Cara Melepas Ban Belakang Motor Matic

Cara Melepas Ban Belakang Motor Matic

Sebelum anda melakukan ataupun melepas ban motor matic tersebut, anda perlu mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam pekerjaan tersebut. Dan alat-alat yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut :

  • Kunci pentil
  • Sendok pencongkel ban
  • Kunci ring atau kunci pas 12
  • Air yang sudah dicampur sabun
  • Ban baru

Setelah anda mempersiapkan alat-alat tersebut maka anda sudah bisa melakukan pelepasan ban belakang dengan beberapa langkah berikut ini. Dan dibawah ini adalah beberapa cara melepas ban belakang motor matic mudah.

1. Standart Dua

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum melepas ban belakang motor matic ialah menstandart dua motor matic tersebut agar ban belakang bisa terangkat. Dengan hal ini akan memberikan kemudahan bagi anda dalam melepas ban belakang ban motor matic tersebut.

2. Melepas Baud Pentil

Nah sebelum anda benar-benar melepas ban belakang motor ini, anda harus kepesin terlebih dahulu ban motor tersebut agar lebih mudah dalam melepas ban motor matic tersebut. Dan dalam mengepesin ban motor ini akan lebih cepat jika anda melepas baud pentil pada pada motor ini sehingga angin yang keluar lebih besar dibandingkan jika anda menekan sentil pentil pada ban motor tersebut.

3. Mencungkil Ban Luar

Langkah selanjutnya pada langkah melepas ban motor matic ini ialah kalian harus mencungkil ban luar yang masih merekat di velg dengan cara mencungkil ban tersebut pada satu tiitik. Kemudian cungkil lagi ban tersebut pada titik yang lain dan urutkan agar ban luar terlepas.

4. Mengeluarkan Ban Dalam

Setelah selesai, sekarang kalian bisa mengeluarkan ban dalam dari velg menggunakan sendok ban motor yang sudah anda siapkan tadi. Dan keluarkan ban dalam dari sela-sela knalpot motor dan velg.

5. Pasang Ban Luar Baru

Nah sebelum anda memasang ban baru tersebut, silahkan lumasi terlebih dahulu pinggiran ban luar tersebut dan velg motor menggunakan air yang sudah dicampur dengan sabun agar pada saat pemasangan ban baru lebih mudah. Lalu masukan ban baru tersebut dari sela-sela knalpot dan velg motor, seperti halnya kalian melepas ban motor tadi. Namun jangan anda pasangkan semuanya karena anda juga harus memasukan ban dalam baru.

6. Masukan Ban Dalam

Sampai tahanpan ini yang perlu kalian lakukan adalah masukan ban dalam motor tersebut kedalam ban luar tadi. Dalam hal ini kalian harus memperhatikan dengan pasti karena pada saat memasukan ban dalam harus sempurna agar lebih maksimal.

7. Pompa Ban

Dan setelahlah kalian selesai dalam mengganti ban motor matic tersebut, kini saatnya kalian memasukan angin atau memompa ban motor tersebut. Pada umumnya tekanan angin pada ban belakang adalah 32psi, namun ini bisa disesuaikan sesuai dengan ban motor.

Nah guys, gimana cukup mudahkan dalam melepas ban motor matic tersebut. Dan jika anda sudah memiliki beberapa peralatan tadi tentunya hal ini tidak akan sulit. Kalau anda tidak memiliki peralatan, maka lebih baik anda bawa motor anda kebengkel jika anda ingin mengganti ban motor anda. Selain cukup mudah melepas ban belakang motor matic juga dibutuhkan kesabaran yang ektra agar pada saat melepas dan memasang ban lebih maksimal dan lebih sempurna.

Baca Juga Informasi Lainnya
Mobil SUV TercepatCara Memasang Lampu LED

Untuk kalian yang motornya menggunakan ban tubeless akan lebih mudah saat melepas ban belakang motor matic, karena kalian tak perlu melepas ban dalam motor tersebut. Dan hal yang mungkin akan membuat anda sedikit kesulitan ialah pada saat melepas ban luar motor anda dari sela-sela knalpot dan velg. Hanya sampai disini informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermafaat bagi anda serta menambah pengetahuan anda Ya, guys. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement