10 Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen

Advertisement

Kelebihan ban yang menggunakan angin Nitrogen 2019 – Ban menjadi salah satu fitur yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Dan makin baik sebuah roda juga akan membuat kita nyaman dalam berkendara. Ban motor juga terbagi menjadi dua jenis yakni ban Tubeless dan ban Tubetype, kedua ban ini dibedakan atas dasar jika ban tubeless tidak menggunakan ban dalam, nah kalau ban tube type memakai ban dalam.

Saat ini harga ban motor juga sangat bervariasi muali dari ratusan ribu hingga ada juga yang di jual dengan harga hingga Rp 1 jutaan lebih. Biasanya harga ban yang mencapai Rp 1 jutaan lebih itu adalah ban yang dikhususkan untuk balapan di motor Gp. Selain kualitas ban yang baik penggunaan angin juga sangat berpengaruh bagi sebuah kendaraan, nah kali ini ada beberapa kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen.

Sebelum kita mengulas dengan jelas kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen, kita terlebih dahulu apa itu angin nitrogen ? Nitrogen merupakan zat lemas yang memiliki unxur kimia N dalam periodic unsur. Nitrogen memiliki nomor ato 7, dan merupakan zat kimia yang berwujud gas, yang tidak berbau, tidak berwarna dan merupakan gas diatomic yang bukan merupakan logam, namun tetap stabil dan sangat sulit untuk bereaksi dengan senyawa kimia lainya.

Advertisement

Nah, Nitrogen bisanya digunakan untuk kepentingan tertentu dan salah satunya adalah untuk pengisian angin pada ban motor maupun mobil pribadi. Sekarang ini teknologi tersebut sudah sangat umum di terapkan, dimana nitrogen digunakan sebagai pengganti angin compressor dalam mengisi tekanan angin. Dan ada beberapa alasan yang membuat nitrogen saat ini merupakan senyawa yang digunakan untuk mengisi tekanan angin di dalam ban kendaraan. Berikut adalah Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen.

Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen

Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen

Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen

1. Tekanan ban lebih stabil

Nah, kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen yang pertama adalah tekanan angin pada ban menjadi lebih stabil. Dengan diisi nitrogen, maka tekanan ban pada kendaraan anda akan menjadi jauh lebih stabil. Hal ini berhubungan dengan keseluruhan tekanan ban, dimana pada suhu tertentu apabila menggunakan nitrogen biasa, tekanan ban bisa saja berubah-ubah, sehingga ban akan menjadi kempes. Dan ketika anda menggunakan nitrogen untuk mengisi angin didalam ban anda maka hal itu tentu saja tidak akan terjadi, karena nitrogen merupakan jenis unsur yang tidak mudah terkontiminasi dan dipengaruhi oleh unsur lainya, sehingga hal tersebut mampu menjaga tekanan ban agar lebih stabil.

2. Lebih tahan lama

Sebagai dampak positif dari tekanan ban yang lebih stabil adalah ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Hal ini kemudian akan mengindikasikan bahwa nitrogen yang ada didalam ban kendaraan anda juga akan jauh lebih lama dibandingkan dengan menggunakan angin oksigen biasa. Hal ini tentu juga akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi anda, di antaranya adalah anda tidak perlu repot dalam mengisi ulang angin didalam ban kendaraan anda dalam waktu yang singkat dan juga cepat. Apalagi suhu tropis yang ada di Indonesia, bisa mempermudah tekanan pada ban menjadi menurun ketika hanya diisi dengan angin oksigen biasa saja. Dan hal ini juga menjadi salah satu kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen.

Advertisement

3. Handling lebih mantap

Beberapa pembalap baik itu pembalap motor maupun mobil sudah banyak mengklaim bahwa penggunaan nitrogen pada ban didalam kendaraan mereka sangat menguntungkan, karena akan membuat kendaraan menjadi lebih stabil terutama pada hal handling. Hal tersebut disebabkan karena sifat nitrogen yang lebih tahan lama dan juga menyebabkan tekanan ban menjadi jauh lebih stabil. Dengann stabilnya tekanan pada ban, maka hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi handling pada setiap kendaraan yang menggunakan angin jenis nitrogen, terutama untuk kendaraan roda dua.

4. Tidak menimbulkan embun dan menimbulkan unsur air di dalam ban ataupun velg

Seperti yang sudah kita bicarakan diatas bahwa nitrogen merupakan unsur yang memiliki kadungan N, dan tidak memiliki kandungan air. Berbeda dengan angin biasa pada umumnya, yang mengalami reaksi tertentu bisa meninmbulkan embun dan air. Dan jika air ini dibiarkan terlalu lama didalam velg, bisa menimbulkan korosi. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, terutama apabila anda mengggunakan velg yang terbuat dari bahan besi, yang sangat rentan terhadap karat. Selain itu kandungan air didalam ban akibat reaksi kimia ini bisa menyebabkan ban menjadi lebih berat dan akan sangat mempengaruhi kondisi berkendara anda sehari-hari.

5. Karena lebih tahan lama. maka bentuk dan ukuran ban lebih terjaga

Kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen selanjutnya adalah ukuran ban yang dapat dipengaruhi oleh kondisi nitrogen didalamnya. Hal ini disebabkan karena nitrogen merupakan unsur yang lebih stabil, sehingga akan membuat tekanan ban menjadi lebih stabil. Dengan tekanan ban yang lebih stabil ini akan menyebabkan pola ukuran dan juga bentuk ban menjadi lebih terjaga. Kita bisa membandingkan jika kita menggunakan angin biasa untuk mengisi tekanan angin pada ban motor anda. Tekanan yang tidak stabil akan membuat ban menjadi lebih mudah kempes, dan hal ini tentu akan merusak bentuk ban apabila dibiarkan terus menerus.

Advertisement

6. Grip pada ban menjadi lebih baik

Masih berdasarkan fakta bahwa menggunakan angin jenis nitrogen jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan menggunakan angin biasa. Hal ini membuat grip atau daya cengkram ban terhadap aspal dan juga jalan akan menjadi jauh lebih mantap dan juga menjadi lebih optimal. Grip ban yang optimal ini tentu akan membantu anda dalam berkendara. Dan ada banyak sekali kelebihan dari grip pada ban yang lebih baik diantaranya adalah

  • Akselerasi dan topspeed kendaraan menjadi lebih baik
  • Penggunaan bahan bakar menjadi lebih optimal
  • Ban lebih tahan lama, karena gaya gesek yang dihasilkan jauh lebih baik
  • Handling jauh lebih optimal
  • Berkendara akan jauh lebih nyaman

Meskipun banyak sekali kelebihan dalam menggunakan angin jenis nitrogen untuk ban kendaraan anda, namun demikian nitrogen masih tergolong cukup mahal dan cukup sulit untuk ditemukan. Dan kita hanya bisa mengisi angin jenis nitrogen ini di pom bensin tertentu atau bengkel tambal ban tertentu yang memiliki alatnya. Jadi cukup sulit memang jika kita mencari bengkel tambal ban yang memiliki angin nitrogen dan biaya yang cukup mahal juga menjadi salah satu kekkurangan dari pengisian ban dengan angin jenis nitrogen ini.

7. Selalu isi tekanan ban sesuai dengan standart pabrik, beban dan spesifikasi lainya

Nah guysn yang perlu diperhatikan saat mengisi angin pada ban kendaraan anda. Meskipun menggunakan nitrogen sebagai media pengisian tekanan ban, namun demikian perlu diperhatikan ketentuan khusus yang dapat mempengaruhi perfoma ban pada kendaraan anda. Dan beriku adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengisi nitrogen didalam ban anda, untuk memperoleh manfaat optimal dari penggunaan nitrogen didalam ban anda.

  1. Sesuaikan dengan tekanan ban anda dengan spesifikasi ban dan juga beban maksimum yang dianjurkan. Hal ini dapat anda melihatnya pada buku petunjuk penggunaan kendaraan anda ataupun kode-kode ban kendaraan anda.
  2. Apabila menggunakan ukuran ban yang sama pada bagian depan dan juga belakang kendaraan anda, maka anda dapat membuat tekanan  ban pada bagian depan lebih rendah dibandingkan dengan ban belakang.
  3. Sebaiknya tekanan ban pada tiap-tiap ban diusahakan  seimbang, sehingga setiap ban memiliki tekanan yang sama atau setidaknya memiliki rasio tekanan ban yang sama.

Itulah beberapa kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen, dengan menggunakan angin jenis ini mampu mengoptimalkan perfoma kendaraan anda, dan bisa membuat ban menjadi lebih stabil. Selain itu ada beberapa cara dalam mengisi tekanan ban agar ban tidak terlalu keras maupun tidak terlalu kempes. Hal ini juga akan mempengaruhin grip pada ban kendaraan anda agar menjadi lebih maksimal terhadap aspal dan jalan yang dilalui kendaraan anda.

Baca Juga Informasi Lainnya
Efek Samping Motor Pakai PertamaxHarga Pelapis Anti Karat Mobil 2019

Saat ini angin dengan jenis nitrogen memang cukup populer dan banyak digunakan oleh kendaraan roda dua ataupun mobil-mobil kecil. Namun sayang saat ini juga masih sulit untuk menjumpai bengkel-bengkel tambah ban yang menyediakan angin jenis nitrogen. Dan demikian informasi mengenai Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

loading...