Harga Yamaha YZF R1 dan Spesifikasi Desember 2016

Harga Yamaha YZF R1 – Merupakan sebuah motor yang memiliki disain layaknya motor Gp. Motor Yamaha YZF R1 ini merupakan jenis motor superbike yang dibuat dan dirancang oleh perusahaan yang berlambangkan garputala. Yamaha sendiri merupakan sebuah perusahaan otomotif dunia yang memiliki sederetan motor-motor dengan teknologi-teknologi canggih masa kini. Dan ditahun 2015 ini yamaha kembali meluncurkan sebuah produknya dengan jenis motor sportbike yang lebih tangguh dan lebih handal.

Advertisement

Inilah dia “Yamaha YZF R1”, yang akan menjadi salah satu produk andalan yamaha untuk bersaing dengan para pesaing tangguhnya dijajaran motor sportbike. Dengan hadirnya Yamaha YZF R1 ke pasar dalam negri, akan menambah persaingan di dalam industri otomotif tanah air. Terutama pada tingkat penjualan kendaraan bermotor yang semakin tahun penjualan kendaraan berjenis sepeda motor sangat meningkat drastis. Selain itu kehadiran YZF R1 ini juga di sinyalir akan menjadi penghadang sekaligus rival berat dari Kawasaki Ninja H2.

Di Indonesia harga Yamaha YZF R1 ini akan dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp 400 jutaan, harga tersebut terbilang cukup mahal untuk motor jenis sportbike ini. Akan tetapi dengan harga tersebut yamaha juga menawarkan tingkat kenyaman yang efektif serta perfoma mesin yang lebih maksimal dibandingkan dengan motor-motor jenis lainnya. Dan dengan disain yang lebih ramping dan lebih ringan motor YZF R1 ini smakin terkesan lebih sporty dan juga futuristik di bandingkan denga versi lamanya.

Sebenarnya yamaha telah meluncurkan YZF R1 ini di tahun 2014 lalu, tapi dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang yamaha kembali meluncurkan YZF R1 2015 ini dengan versi yang baru dengan membawakan teknologi canggih dari yamaha serta fitur-fitur yang lebih modren. Dan berapakah harga Yamaha YZF R1 di tahun 2015 ini? untuk lebih jelasnya lagi anda bisa menyimak langsung ulasan dari otomaniac.com yang mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF R1 di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF R1

 

Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF R1

Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF R1

 Spesifikasi Yamaha  YZF R1

Mesin
  • Tipe Mesin : 4 tak, 16 Valves, DOHC, Liquid Cooled
  • Volume Silinder : 998 cc
  • Silinder :  4 silinder
  • Diameter x Langkah :  79 mm x 50,9 mm
  • Perbandingan Kompresi : 13,0 : 1
  • Daya Maksimum : 147.1 kW / 13.500 rpm
  • TorsiMaksimum : 112.4 Nm / 11.500 rpm
  • Sistem Strarter : Electric starter
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Sistem Pembakaran : Fuel Injection dengan teknologi YCC-T
  • Tipe Kopling : Multiplate Slipper Clucth
  • Sistem Transmisi : 6 speed
  • Tipe rantai : O-ring Chain
  • Kapasitas Oil : 3,9 liter
Dimensi
  • PxLxT : 2.055 mm X 690 mm X 1.150 mm
  • Berat Basah Motor : 199 kg / 179 kg (kering)
  • Jarak Sumbu Roda : 1.405 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 130 mm
  • Tinggi Jok : 855 mm
  • Trail nya : 101 mm
  • Kapasitas tangki  BBM : 17 Liter
  • Sudut Kemudinya : 24 derajat
Rangka
  • Tipe Rangka : Deltabox Alumunium
  • Suspensi Depan : Inverted Fork 43 mm dari KYB
  • Suspensi Belakang : Single Shock / Piggyback Reservoir dengan 4 cara penyetelan dari KYB
  • Ban Depan : 120/70ZR 17M/C
  • Ban Belakang : 190/70ZR 17M/C
  • Rem Depan : Cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm
  • Rem Belakang : Cakram hidrolik tunggal dengan diameter 220 mm
Kelistrikan
  • Sistem Pengapian : TCI

 

Yamaha YZF R1 Red

Yamaha YZF R1 Red

Disain dan Dimensi 

Advertisement

All new Yamaha YZF R1 adalah jenis motor sportbike yang dirancang khusus dengan disain maupun teknologi yang canggih saat ini. Pada disain body motor ini dibuat karena terinspirasi dari motor andalan yahama di ajang balap bergensi Motor Gp yakni Yamaha YZF – M1. Disainnya kali ini sangat jauh berbeda dengan disain Yamaha yzf r1 tahun 2014.  Selain itu dengan disain body full fairing yzf r1 ini nampak lebih gagah serta lebih berani. Hal ini mampu menjadikan harga yamaha yzf r1 ini lebih mahal di bandingkan dengan harga yzf r1 di tahun 2014.

Sementara itu untuk mengimbangi disain body yang lebih futuristik yamaha melengkapinya dengan dimensi yang berukuran 2.055 mm x 690 mm x 1.150 mm dengan jarak antar sumbu roda sekitar 1.405 mm. Meski motor ini terlihat sangat besar akan tetapi motor sportbike ini hanya memiliki berat isi sekitar 199 kg dan pada kenyataannya motor ini lerbilang lebir ramping serta ringan dalam dikendarai. Sementar itu motor yzf r1 ini juga dibekali dengan tanggki BBM yang cukup besar sehingga mampu menanpung sekitar 17 liter bahan bakar.

Yamaha YZF R1 Biru

Yamaha YZF R1 Biru

Perfoma mesin

Sebagai motor dengan kelas wahid yang di buat oleh Yamaha, motor yamaha yzf r1 ini juga memiliki perfoma mesin yang cukup tangguh dan handal di kelas motor sport. Ini terlihat pada kapasitas mesin motor yang digunakannya, yakni dengan kapasitas mesin motor 998 cc, 4 tak, DOHC, 16 Valves serta di lengkapi dengan sistem pendinginan berupa Liquid Cooled motor yamaha yzf r1 ini mampu berakselerasi dengan cepat. Dengan kecepatan maksimum yang mampu dicapai hingga 300 km/jam. Tidak cukup sampai disitu, motor yamaha yzf r1 ini juga dilengkpi dengan teknologi canggih dari yamaha yakni Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) dan Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I).

Advertisement

Sementara itu motor superbike ini juga memiliki perbandingan kompresi yang cukup tinggi yakni 13,0 : 1 serta memiliki diameter piston dan stroke masing-masing  79 mm x 50,9 mm. Selain itu motor yamaha yzf r1 ini juga memiliki diameter Titanium Invake Valves dan Steel Exhaust Valves yang lebih lebar 33 mm di bandingkan dengan yamaha r1 versi lamanya. Dengan perbandingan kompresi tersebut dan dengan kapasitas mesin motor yang tinngi motor yamaha yzf r1 ini mampu menghasilakan tenaga maksimum hingga 147.1 kW dengan perputan pada mesin mencapai 13.500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya ialah 112.4 Nm dengan perputaran pada mesin mencapai 11.500 rpm.

Selain motor yamaha r1 ini terbukti sangat cepat dalam melakukan akselerasinya, ternyata motor yamaha yzf r1 ini juga terbukti sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar. Ini tidak lain berkat adanya teknologi Mikuni Fuel Injection System  dengan 2 buah injektor. Dengan adanya teknologi tersebut yamaha yzf r1 ini jadi lebih irit dalam pemakaian bahan bakar serta emisi atau gas buang yang dihasilkan pun menjadi lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan. Jika kita melihat dari segi spesifikasi mesin yang digunakan oleh yamaha yzf r1 ini, jadi pantas saja jika harga yamaha yzf r1 ini terbilang sangat mahal. Ini semua berkat adanya teknologi-teknologi canggih dan fitur-fitur modern yang dismartkan oleh yamaha pada motor andalannya yang bertajuk superbike ini.

Spesifikasi Yamaha YZF R1 2015

Spesifikasi Yamaha YZF R1 2015

Rangka dan Suspensi

Sebagai motor yang memiliki kapasitas mesin yang cukup besar serta memiliki bobot yang mencapai 199 kg, rasanya tidak seimbang jika rangka yang dipakai hanyalah sebuah rangka biasa. Dan untuk mengimbangi ukuran dimensi yang ada serta mesin yang cukup besar ini, yamaha membekalinya dengan rangka yang kuat dan berbahan baja alumunium. Jenis rangka tersebut adalah rangka yang bertipe Deltabox, rangka jenis ini terbukti sangat ringan akan tetapi sangat kuat untuk menopang mesin yang cukup besar dan juga spesifikasi lainnya yang terdapat pada motor yamaha ini. Dengan disamartkannya tipe dan jenis rangka tersebut tidak hayal jika harga yamaha yzf r1 terkesan lebih mahal di banding dengan versi lamanya.

Sistem rangka tersebut akan semakin nyaman saat di tunggangi sang pengendara, karena rangka tersebut dipadukan dengan suspensi dengan jenis Inverted Fork 43 mm untuk sektor depan motor ini. Sementara itu untuk bagian belakang mtor yamaha yzf r1 ini dilengkapi dengan sistem suspensi berjenis Single Shock / Piggy back Reservoir dengan 4 cara penyetelan. Suspensi tersebut merupakan suspensi yang tangguh dan juga handal di kelasnya. Berkat adanya kedua sistem suspensi tersebut menjadikan maotor yamaha ysf r1 ini lebih mudah digunakan dalam melakukan manuver dan tetap stabil dalam melewati tikungan meskipun menggunakan kecepatan yang tinggi.

Sistem Pengereman Dengan Teknologi ABS dan UBS

Untuk menghentikan laju dari motor yamaha yzf r1 yang terkenal cepat dan lincah ini yamaha kembali membekali motor sportbike ini dengan sistem pengereman dengan teknologi yang canggih. Dengan mengandalkan rem berjenis cakram di kedua rodanya yang masingmasing memiliki ukuran 120/70ZR 17 M/C untuk roda bagian depan serta ukuran 190/70ZR 17 M/C untuk roda bagian belakangnya. Serta terdapat rem cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm untuk rem bagian depan. Sedangkan untuk rem bagian belakang menggunakan rem cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm.

Untuk sistem pengereman ini dirancang khusus sebagai sistem pengereman dengan level yang tinggi. Ini dibuktikan dengan diterapkannya teknologi canggih dari yamaha yakni Anti-Lock Braking System (ABS) dan Unified Braking System (UBS). Kedua teknologi canggih tersebut akan bekerja secara bersamaan untuk mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan pengereman, terutama pada saat terjadi pengereman secara mendadak. Dengan banyaknya teknologi canggih yang di terapkan pada motor ini tidak heran jika harga motor yamaha yzf r1 ini di banderol dengan harga yang fantastis.

Harga Yamaha YZF R1

Harga Yamaha YZF R1

 Harga Yamaha YZF R1

Harga Yamaha YZF R1 Baru
  • Rp 495.000.000
Harga Yamaha YZF R1 Bekas
Harga Terbaru

Note :

  • Harga Yamaha YZF R1 diatas merupkan harga OTR wilayah Jakarta
  • Harga Yamaha YZF R1 diatas sewaktu-waktu masih bisa berubah
  • Disetiap wilayah kemungkinan akan terjadi perbedaan harga yamaha yzf r1

Dari ulasan mengenai spesifikasi dan harga yamaha yzf r1 diatas dapat kita simpulkan bahwa setiap pabrikan kendaraan bermotor pasti memiliki produk andalan yang akan menambah persaingan pada pasar industri otomotif dalam negri. Seperti halnya yamaha yang meluncurkan sebuah motor super sport yang membawa teknologi canggih dari yamaha serta fitur-fitur yang lengkap dan juga modern. Hal ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi para konsumennya, khususnya para penggila kecepatan tinggi. Lalu untuk kisaran harga yamaha yzf r1 yang tergolong mahal akan sebanding dengan kulitas dan kuantitas dari motor tersebut.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Yamaha Vega Force 

Tidak semua jenis motor memiliki teknologi scanggih yamaha yzf r1 ini dengan mengusung konsep motor Gp, yamaha yzf r1 ini diharapkan mampu menunjukan perfoma yang maksimal seperti halnya yamaha YZF – M1 yang merupakan motor balap andalan yamaha di ajang motor Gp. Lalu yamaha yzf r1 ini akan bersaing ketat dengan rivwl utamanya yakni Kawasaki Ninja H2 yang sebelumnya telah diluncurkan oleh pihak kawasaki. Demikian informasi mengenai Harga Yamaha YZF R1 dan Spesifikasi dari otomaniac.com, semoga informasi ini bisa menjadi referensi anda semua. “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

Advertisement