Harga Daihatsu Ayla dan Spesifikasi Desember 2016

Harga Daihatsu Ayla – Mobil murah dengan harga dibawah 100 Juta Rupiah bukan lagi hanya sebatas impian, karena sekarang kita bisa membeli Daihatsu Ayla yang menjadi salah satu bagian dari mobil murah yang dicanangkan pemerintah Indonesia, yaitu program LCGS (Low Cost Green Car). Walaupun harganya murah, bukan berarti mobil ini memiliki kualitas murahan, karena Daihatsu sudah mendesainnya dengan sempurna, bahkan kualitasnya tak berbeda jauh dari Toyota Agya yang menjadi rival sekelasnya.

Advertisement

Desain Daihatsu Ayla dan Toyota Agya memang terlihat sangat mirip, karena keduanya sama-sama didesain oleh pihak Daihatsu khusus untuk pasar Indonesia. Perlu sobat otomotif ketahui, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada acara Internasional Motor Show 2012 dan mulai dipasarkan pada tanggal 9 September 2013 setelah sukses melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) yang dicanangkan pemerintah Indonesia. LCGC sendiri adalah kebijakan pemerintah Indonesia menengan peraturan mobil murah yang ramah lingkungan, dan asyiknya Daihatsu Ayla sudah berhasil memenuhinya.

Tidak butuh waktu lama bagi mobil ini untuk mencuri perhatian konsumen otomotif di Indonesia, karena mobil ini langsung laris manis setelah dipasarkan secara resmi. Bahkan sampai saat ini, kepopuleran Daihatsu Ayla terus meningkat seiring dengan kepercayaan masyarkat Indonesia terhadap kualitas mobil yang dipasarkan Daihatsu. Namun menurut kami yang membuat mobil ini laris manis, adalah faktor harga jual yang sangat murah. Pasalnya, sobat otomotif cukup membelinya dengan harga kurang dari 90 Juta Rupiah untuk tipe terendah.

Ada banyak sekali tipe mobil Daihatsu Ayla, mulai dari Type D, M, X, dan tipe Airbag. Semua tipe tersebut masih dibagi lagi dalam model transimis automantic atau manual. Selain itu, masing-masing tipe juga menawarkan fitur yang berbeda-beda sesuai dengan harga jualnya. Nah bagi sobat otomotif yang penasaran apa saja perbedaan yang dimiliki setipe tipe mobil ini, serta penasaran ingin mengetahui harga Daihatsu Ayla terbaru di bulan ini, mari kita simak informasi selengkapnya pada artikel otomaniac.com berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla

Spesifikasi Mobil Daihatsu Ayla

Mesin
  • Tipe mesin : D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
  • Kapasitas Silinder : 998 cc
  • Diameter X langkah : 71 x 84
  • Daya Maksimum : 65 / 6.000
  • Torsi Maksimum : 8.7 / 3.600
  • Transmisi : 4 A/T  & 5 speed M/T
Dimensi
  • P X L X T : 3.600 x 1.600 x 1.520
  • Jarak Pijak depan/belakang : 635/515 mm
  • Tinggi dari tanah : 180 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2450 mm
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Suspensi Depan : McPherson Struts with coil spring
  • Suspensi Belakang : Torsion Axle Beam
  • Ukuran Ban : 155/80 R13
  • Rem Depan : Disc
  • Rem Belakang : Drum
Daihatsu Ayla Tipe X

Daihatsu Ayla Tipe X

Desain Dan Dimensi

Semua tipe Daihatsu Ayla dibuat dengan dimensi body berukuran panjang 3.600 mm x lebar 1.600 mm x  tinggi 1.520 mm, sehingga membuatnya terlihat memiliki bentuk tubuh yang mungil dan terlihat cocok sebagai sebuah city car yang siap melewati padatnya jalan raya perkotaan. Kemudian jarak sumbu antar roda mobil ini memiliki ukuran 2450 mm dan didukung jarak pijak roda depan dan belakang berukuran 635/515 mm , sehingga membuatnya tetap nyaman dipakai sehari-hari. Selanjutnya untuk berat setiap tipenya rupanya berbeda-beda, dan yang teringan adalan tipe D dengan bobot 755 kg, lalu yang terberat adalah tipe X dengan bobo 785 kg.

Advertisement

Perbedaan setiap tipe Daihatsu Ayla yang paling terasa adalah bagian eketrior, dimana untuk tipe X Elegant dan tipe M Sporty, telah dilengkapi aero kit yang terlihat lebih elegan dan sport, jadi wajar apabila harga Daihatsu Ayla tipe tersebut dijual lebih mahal. Kemudian untuk sektor interior, sudah disediakan 2 jok yang mampu menumpang 5 penumpang dan ditambah sebuah bagasi pada bagian belakang. Selanjutnya pada bagian dashoard sudah terlihat adanya system audio cukup canggih dengan teknologi 2 Din, lalu ada pula Eco Idicator dan speedometer yang menampilkan kecepatan lari mobil, sisi bahan bakar, dll.

Daihatsu Ayla Tipe D+

Daihatsu Ayla Tipe D+

Dapur Pacu

Mesin bertipe D26F 1KR-DE sudah ada dibalik kemudi Daihatsu Ayla. Mesin tersebut memiliki 3 silinder dengan 12 katup yang dioptimalkan oleh teknologi DOHC atau kem ganda. Semenetara untuk kapasitas mesinnya sendiri adalah sebesar 998 cc sehingga tergolong cukup bertenaga. Yah kapasitas mesinnya memang sama seperti milik Toyota Agya, sehingga keduanya sama-sama bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 6000 rpm dan torsi maksimum mencapai 3600 rpm. Walaupun tenaganya cukup besar, namun mobil ini terbukti hemat bahan bakar, karena dirancang secara khusus agar konsumsi bahan bakar bisa ditekan secara maksimal.

Kemampuan mesin Daihatsu Ayla tidak bisa dianggap remeh, karena dapat dipacu cukup kencang saat dibawa berlari di jalan raya. Lalu soal pemakaian bahan bakar, kabarnya mobil ini memiliki rasio konsumsi BBM sekitar 19,5 km/Liter, sehingga tergolong sangat irit dan bisa sobat otomotif andalkan saat dipakai berpergian jarak jauh. Tidak hanya itu saja, Daihatsu Ayla juga menawarkan transmisi automatic dan manual yang bisa sobat otomotif sesuaikan dengan kebiasaan sobat ketika memakai mobil. Kemudian untuk mendukung kenyamana berkendara, Daihatsu juga menambahkan fitur berupa Electric Power Steering.

Daihatsu Ayla Tipe M Elegant

Daihatsu Ayla Tipe X Elegant

Suspensi Dan Kaki Kaki

Dilanjutkan kebagian kaki-kaki, pada baigan depan sudah ada suspensi bertipe McPherson Struts dengan coil spring, lalu pada bagian belakang memakai suspensi berjenis Torsion Axle Beam. Kedua suspensi tersebut akan berpadu sempurna saat sobat pakai meleawati jalanan berlubang, dan pastinya akan tetap terasa nyaman karena mampu menahan segalam goncangan. Kemudian untuk sistem pengeremannya, memiliki rem cakram yang ditempatkan pada ban depan, dan rem drum pada ban bagian belakang.

Advertisement

Selanjutnya untuk jenis Ban yang dipakainya memakai ban berukuran 155/80 R13. Namun rupanya ada perbedaan pada bagian velg, dimana untuk tipe M memakai Velg Alloy berdiameter 13 inci. Sementara untuk Type X memakai Velg Alloy berukuran 14 inci. Apabil sobat otomotif tidak puas dengan tampilan velg standard, kami sarankan sobat untuk membeli velg custom agar tampilan luar Daihatsu Ayla terlihat lebih sport, pasalnya menurut kami velg 6 palang yang dibawanya menurut kami terlihat standard.

Daihatsu Ayla Tipe D

Daihatsu Ayla Tipe D

Perbedaan Setiap Tipe

Perbedaan antara tipe tipe tidak hanya pada desain ekterior, namun juga pada fitur-fitur yang dibawanya. Untuk tipe terendah yaitu Type D, belum dilengkapi AC dan tidak memiliki CD Player serta masih memakai velg standard. Namun yang membuat harga Daihatsu Ayla Tipe D jauh lebih murah, rupanya karena tipe ini belum dilengkapi air bag, jadi kami sarankan sobat otomotif untuk membeli tipe lainnya yang telah dibekali Air Bag sebagai fitur keamanan terpenting pada sebuah mobil. Beralih ke Daihatsu Ayla Tipe D+, tipe ini telah dilengkapi AC dan fitur Power Steering.

Apabila fitur tersebut belum cukup, sobat bisa membeli Type M yang hadir membawa fitur lebih lengkap, seperti AC, Audio CD, Power Windows, Power Door Lock, lalu ada pula Power Steering. Kemudian untuk tipe termahal yaitu Tipe X telah dilengkapi fitur jauh lebih lengkap, dimana pada bagian luarnya telah dilengkapi side body moulding, spoiler belakang, gril bumper, dan velg berukuran 14 inci. Lalu pada bagian interior Daihatsu Ayla Tipe X telah dilengkapi AC, pengaturan spion elektrik dan central cluser AC, jadi wajar apabila harga Daihatsu Ayla tipe ini jauh lebih mahal.

Harga Daihatsu Ayla

Harga Daihatsu Ayla

Daftar Harga Daihatsu Ayla Semua Tipe

Harga Daihatsu Ayla Tipe D MT
  • Rp. 84.550.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe D PLUS
  • Rp. 96.750.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe M MT
  • Rp. 100.150.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe M AT
  • Rp. 109.150.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe M Sporty MT
  • Rp. 113.450.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe M Sporty AT
  • Rp. 122.650.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe X MT
  • Rp. 107.600.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe X AT
  • Rp. 116.650.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe X Elegant MT
  • Rp. 114.250.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe X Elegant AT
  • Rp. 123.300.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe Airbag X MT
  • Rp. 111.700.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe Airbag X AT
  • Rp. 120.750.000
Harga Daihatsu Ayla Tipe Terbaru

Note :

  • Harga mobil diatas merupakan harga OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Harga mobil Daihatsu Ayla diatas masih dapat berubah sewaktu-waktu
  • Beda daerah tidak menutup kemungkinan akan berbeda harganya

Seperti yang sobat otomotif lihat pada Dafta Harga Daihatsu Ayla diatas, mobil ini dijual dengan harga termurah sebesar 84 Jutaan dan yang termahal mencapai 123 Jutaan. Namun bagi sobat otomotif yang membeli tipe D harus menerima segala keterbatasan yang dimiliki tipe ini, dan menurut kami lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak asalkan mendapatkan fitur lebih lengkap. Selain itu, Daihatsu juga menghadirkan tipe Sporty dan Elegant yang memiliki tampilan ekterior lebih mewah, akan tetapi harganya lebih mahal, jadi silahkan sobat otomotif pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Ada baiknya sebelum memilih salah satu tipe diatas, sobat otomotif mengujungi dealer Daihatsu terdekat untuk bertanya setiap fitur yang dimiliki masing-masing tipe Daihatsu Ayla yang kami sampaikan diatas. Owh ya untuk pilihan warna yang disediakan Daihatsu pada mobil ini terdiri dari, warna Light Blue Metallic, Dark Grey Metallic, Classic Silver Metallic, Ultra Black Solid, Icy White Solid, Light Blue Solid. Nah Demikanlah ulasan kami tentang Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sobat otomotif yang telah mengunjung website otomaniac.com. “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

Advertisement