Harga BMW HP4 Race Terbaru 2018, Review & Spesifikasi

Advertisement

Harga BMW HP4 Race – Begitu banyaknya jajaran superbike yang sudah dirilis BMW Motorrad menjadi bukti bahwa industri otomotif kelas atas selalu menjadi momok yang paling mengesankan. Dari sekian banyak moge superbike BMW yang bisa dibilang cukup menarik perhatian masyrakat adalah BWM HP4 S1000RR. Motor ini hadir sebagai pelengkap bagi sobat otomotif yang cukup segan dengan kesempurnaan pada sektor handling, pengereman, atau juga spesifikasi mesin yang berkualitas. Nah dengan sukesanya memasarkan produk motor tersebut diberbagai negara, belum lama ini BMW  kembali merilis sebuah moge superbike yang dikhususkan untuk sobat yang begitu mencintai baplap motor.

Produk tersebut diberi nama “BMW HP4 Race”. Menariknya superbuke yang satu ini benar-benar di desain dengan menggunakan bahasa desain yang begitu sporty. Dan kabarnya seleuruh bagian dari motor ni sudah menggunakan balutan lembaran Carbon Fiber. Yang dimana bahan tersebut merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan motor balap karena dinilai cukup kuat namun memiliki bobot yang begitu ringan. Berbekal material terebut, tentu saja membuat harga BMW HP4 Race ini begitu mehal. Bahkan dari inforamsi yang kami dengar, BMW Motorrad hanya memproduksi sebanyakl 750 unit dan di Indonesia hanya mendapat jatah 1 unit saja. Nah buat sobat otomotif yang pensaran seperti apa penampakan, spesifikasi dan harga BMW HP4 Race ini, berikut ulasan lengkap dari otomaniac.com.

Spesifikasi dan Harga BMW HP4 Race

Spesifikasi dan Harga BMW HP4 Race

Spesifikasi dan Harga BMW HP4 Race

Spesifikasi BMW HP4 Race

Mesin
TipeLiquid-cooled 4-stroke in-line 4-cylinder engine, four titanium valves per cylinder, double overhead racing camshafts, milled oil sump, Pankl connecting rod, precision balanced and lightened crankshaft
Kapasitas999 cc
Tenaga Maksimum215 hp (158 kW) at 13,900 rpm
Torsi Maksimum88 lb-ft (120 Nm) at 10,000 rpm
Diameter Langkah80 mm x 49.7 mm
Rasio Kompresi13.7-13.9 : 1
KoplingMulti-disc clutch in oil bath, anti-hopping clutch, mechanically operated
Sistem Manajemen MesinElectronic racing injection, variable intake pipe length, four selectable modes
StarterElectric
TransmsiConstant-mesh 6-speed racing transmission (EVO) with straight-cut gears
KnalpotAkrapovic full titanium 4 in 2 in 1 WSBK exhaust system
Bodi
P x L x T2,070 x 777 x 1,193 mm
Berat Isi146 kg
Tinggi Tempat DudukHigh Position: 33.3″, Standard Position: 32.7″, Low Position: 32.1″
Jarak Sumbu Roda1440 mm
Kapasitas tangki17.5 Liter
Rangka dan Kaki-Kaki
RangkaCarbon monocoque RTM frame with steering head angle and swinging-arm pivot adjustment, load- bearing engine
Suspensi depanÖhlins FGR 300 WSBK fork, adjustable rebound and compression-stage damping, adjustable spring preload, Öhlins SD052 adjustable steering damper, front wheel quick-change system thanks to rotatable forklegs with front-wheel cover mounted (brake calipers need not be removed to change a wheel) spring stiffness 10.5 N/mm
Suspensi belakangAluminum WSBK swing arm, Öhlins TTX 36 GP central spring strut, adjustable rebound and compression-stage damping, adjustable spring preload, top spring strut pivot point adjustable (0/3 mm), adjustable spring strut deflection (tension strut length), contact surfaces for wheel spacer bush on chain tensioners for simple/hands free wheel fitting, chain tensioner titanium on outside, aluminum on inside, CFRP auxiliary stand mountings on swinging arm, spring stiffness 95N/mm
Velg / Ban3.50 x 17″ – 120/70 ZR 17 Pirelli Diabolo Superbike Slick SC2
Velg / Ban6.00 x 17″ – 200/60 ZR 17 Pirelli Diabolo Superbike Slick SC2
Rem DepanBrembo Racing twin disc brake, Two-floating racing brake discs, 320×6.75 mm diameter, 4-piston monobloc WSBK GP4-PR fixed caliper with titanium pistons, Brembo Racing RCS19X18 master cylinder, including adjustable Brembo Racing brake lever, Brembo Racing clutch lever (without clutch switch)
Rem BelakangBrembo Racing single-disc brake, 4-piston WSBK fixed caliper with titanium pistons, brake disc diameter 220×4.0 mm

Review BMW HP4 Race

Review BMW HP4 Race

Review BMW HP4 Race

Secara keseluruhan motor baru BMW ini memang begitu memukau, namun daya pikat yang paling menarik saat pertama kali melihatnya tentu saja bagian desainnya. Dengan mengusung konsep super sporty dengan gaya motor balap, BMW HP4 Race ini datang dengan bobot yang bisa dibilang super ringan karena hampir seluruh bodinya mengusung material terbaik yang ada saat ini yaitu berupa Carbon Fiber. Hal ini tentu saja membuat handling yang akan didapat setiap pengguna begitu sempurna. Namun dengan membawa DNA motor balap yang super kental, membuat motor ini tak memiliki bekalan headlamp seperti layaknya motor balap pada ajang MotoGP. Meski begitu pada bagian depan sobat otomotif akan disuguhkan dengan tampilan muka yang begitu menarik dengan aksen garis yang berpadu antara warna biru, merah, hitamm dan putih.

Advertisement

Tepat diatsnya, BMW Motorrad menambahkan windshield sebagai pelindung pengemudi dari terpaan angin. Tidak hanya sampai disitu dengan harga BMW HP4 Race yang dibandrol begitu mahal, sobat juga akan melihat tampilan fairing yang tentunya dibuat dengan material Carbon Fiber dengan begitu elegan. Yang dimana selain terdapat emblem BMW, pada firing yang dimiliki BMW HP4 Race inijuga tertulis beberpa nama part terbaik seperi Ohlins dan Acrapovic, dan juga Brembo. Memiliki panjang 2.070 mm, lebar 777 mm, serta tinggi 1.193 mm, seperti diatas kami sampaikan, motor ini memiliki bobot yang super ringan jika dibandingkan dengan superbike yang ada saat ini yakni 146 kg.  Dengan bobot tersebut sudah pasti pembawaan motor ini akan begitu nyaman dan mudah bagi sobat yang hobi akan motor balap.

Masih dari sektor desain, BMW Motorrad menawarkan jarak sumbu antar roda sepanjang 1.440 mm dan ketinggian jok 33.3 inci untuk posisi tertinggi, posisi standar 32.7 inci, dan posisi terendah 32.1 inci membuat motor ini benar-benar begitu memukau saat dinaiki. Dan tentunya dengan begitu mahalnya harga BMW HP4 Race yang ditawarkan, sebagai motor balap sudah pasti motor ini hanya membawa single seat yang juga memiliki bahan berkualitas. Sehingga pengguna akan dapat merasakan tingkat nyaman yang tinggi saat mengendarainya. Menuju bagian belakang, desain ala motor balap dengan membuat bagian ekor ini sedikit meruncing menambah nilai eksotis pada motor ini. Jadi tak heran apabila setiap pecinta motor balap akan langsung terpukau saat melihat pertama kali motor yang satu ini.

Fitur BMW HP4 Race

Fitur BMW HP4 Race

Sebanding dengan harga BMW HP4 Race yang begitu mahal, motor ini memang didesain sebagai motor balap yang ulung. Pasalnya selain desian yang juga dibuat sebagai desain motor balap, BMW Motorrad juga menambahkan spesifikasi mesin yang begitu berkelas. Yang dimana motor BMW termahal ini sudah dilengkapi dengan mesin bertipe 4 langkah dengan 4 buah silinder sejajar yang ditawarkan dengan 4 katup berbahan titanium pada setiap silindernya dan memiliki kapasitas 999cc. Bahkan tidak saja hanya sampai disitu, BMW Motorrad juga menambahkan sistem pendingin berupa liquid-cooled yang akan mampu memaksimalkan pendinginan pada mesin yang dibawanya tersebut saat di geber area lintasan. Dengan beigtu performa yang akan ditawarkan akan tetap stabil.

Advertisement

Dan bukan saja hanya sampai disitu, sobat otomotif juga akan menemukan double overhead racing camshafts, milled oil sump, pankl connecting rod, serta precision balanced and lightened crankshaft yang tentunya semua itu akan mampu memberikan performa yang begitu mantap. Kemudian mahalnya harga BMW HP4 Race ini juga membuat BMW Motorrad menambahkan kompresi rasio 13.7-13.9:1 dengan bore x stroke 80 mm x 49.7 mm pada mesin yang dibawanya tersebut. Alhasil dari penggunaan komponen tersebut, membuat motor ini mampu meraih power tertinggi di 215 horsepower yang akan didapat pada putaran 13.900 rpm dan mampu mendapatkan torsi maksimum sebesar 120 Newton meter saat berada pada putaran 10.000 rpm.

Performa Mesin BMW HP4 Race

Performa Mesin BMW HP4 Race

Dari hasil yang didapat tersebut, membuat motor ini benar-benar mampu mendapatkan top speed yang begitu tinggi yang kabarnya mampu melebihi 186 mph. Bahkan akselerasi yang didapat pun begitu cepat sehingga, ketika sobat menarik tuas gas, tarikan besar dari mesin yang dimiliki pun akan langsung terasa. Kemudian ada juga penggunaan mixture control berupa Electronic racing injection, variable intake pipe length, four selectable modes yang mampu membuat pembakaran pada ruang bakar terasa begitu sempurna. Bahkan dengan mahalnya harga BMW HP4 Race yang menyentuh angka 1 milyar rupiah, motor ini juga sudah dilengkapi dengan knalpot berkualitas dari Akrapovic yang terbuat dari material full titanium 4 in 2 in 1 WSBK yang membuatnya terasa begitu mewah dan elegan.

Nah seperti diawal tadi kami sampikan, superbike ini dirakit dengan menggunakan part yang begitu mahal dan mewah. Hal tersebut juga akan dapat kalian temukan pada bagian sasis yang dimilikinya karena BMW Motorrad menawarkan material berjenis Carbon Monocoque RTM yang membuatnya hanya memiliki bobot 7.8 kg. Jadi motor ini benar-benar akan terasa begitu ringan saat sobat otomotif menungganginya. Lalu, sebanding dengan harga BMW HP4 Race yang mahal, motor ini juga sudah disertai dengan sistem suspensi berkualitas dan tak semabarangan. Yang dimana BWM Motorrad memasangkan suspensi Ohlins FGR 300 WSBK yang merupakan salah satu shockbreaker termahal yang ada. Dimana jika sobat ingin memiliki shockbreaker tersebut, setidaknya sobat harus mengeluarkan budget lebih dari 100 juta.

Advertisement

Hebatnya lagi shockbreaker tersebut juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan sobat otomotif. Kemudian mahalnya harga BMW HP4 Race ini juga membuat suspensi bagian depan dilengkapi Ohlins SD052 sebagai peredam kemudi yang juga dapat disetel. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, BMW Motorrad menggunakan tipe aluminum WSBK swing arm Ohlins TTX 36 GP central spring strut yang juga bisa diatur sesuai dengan selera. Jadi motor ini benar-benar mengugnakan semua part terbaik yang ada di dunia, dan membuat harganya benar-benar begitu mahal. Sementara untuk urusan keamanan, sudah barang tentu motor ini menggunakan part yang juga terbaik yaitu Brembo yang juga sudah memiliki standarisasi motor balap.

Kelebihan dan Kekurangan BMW HP4 Race

Kelebihan dan Kekurangan BMW HP4 Race

Untuk bagian depan, BMW Motorrad menempatkan sebuah rem Brembo Racing twin disc brake dengan two-floating racing brake disc yang memiliki diameter 320 x 6.75 mm. Adapun rem depan ini juga menggunakan 4 buah piston monobloc WSBK GP4-PR fixed caliper yang tebuat dari material titanium serta sudah terpasang pula teknologi ABS. Sedangkan pada bagian belalang, BMW memasangkan rem Brembo Racing single-disc brake dengan 4-piston WSBK fixed caliper berbahan titanium, serta memiliki disc brake berdiameter 220 x 4.0 mm. Dan untuk urusan kaki-kakinya, BMW menawarkan velg berbahan carbon yang tentu sangat ringan dengan ukuran 3.50 x 17 inci pada bagian depan dan 6.00 x 17 inci pda bagian belakangnya. Adapun untuk ukuran bannya yaitu 120/70 ZR 17 depan dan 200/60 ZR 17 belakang.

Beragam fitur pun sudah disemakatn BMW pada motor terbarunya ini. Mulai dari tampilan spedometer yang sudah 2D sebagai standarisasi motor balap serta menempatkan data loger pada bagian belakang. Dimana dengan adanya data loger ini, sobat akan bisa merekam semua data dari motor ini mulai dari kecepatan, kemiringan, rpm, kilometer sebagai bahan pertimbangan saat sobat ingin mengetahui semua hal dari motor ini. Lalu ada juga beberpa tombol yang kan sobat dapati pada stang motor ini. Pada bagian kanan sobat akan mendapatkan tombol start engine, kill engine, dan riding mode. Sementara pada bagian kiri terdapat tombol plus-minus, mode plus minus untuk mengatur dynamic traction control, kemudian tombol untuk mengatur speedometer.

Harga BMW HP4 Race

Harga BMW HP4 Race

Daftar Harga BMW HP4 Race Terbaru

Harga BMW HP4 Race Baru
  • USD $ 78.000 (Rp 1.03 Milyar Rupiah)
Harga BMW HP4 Race Bekas
Harga Terbaru : Daftar Harga Motor BMW

Seperti dapat sobat otomotif lihat pada ulasan diatas, motor ini memang benar-benar begitu menarik perhatian terutama bagi para pecinta balap motor. Hanya saja untuk bisa memilikinya sobat diharuskan untuk membayar seharga USD $ 78.000 atau setara dengan Rp 1,03 miliar. Dan menariknya seperti diawal kami sampaikan, motor ini cuma tersedia 750 unit saja di dunia dan di Indonesia hanya tersedia 1 unit saja. Jadi buat para collector item yang ingin memiliki motor dengan kualitas terbaik dunia mungkin motor ini bisa menjadi pilihannya. Bahkan motor ini juga bisa menjadi investasi yang kedepannya akan bertamah nilainya.

Baca Juga : Harga BMW R Nine T Cafe Racer

Dengan spesifikasi mesin, tampilan desain, dan juga mewahnya fitur yang dibawa motor ini, tentu saja sobat otomotif akan bisa merasakan sensasi mengendarai superbike terbaik untuk balap. Atau bisa membayangkan saat anda mengendarai motor balap MotoGP yang ada saat ini. Jadi pastinya sobat yang memang tertarik ataupun ingin mendapatkan kesempatan langka untuk bisa mendapatkan superbike terbaik ini siapkan budget yang sangat tinggi, mengingat harga BMW HP4 Race ini begitu mahal. Nah itulah kiranya ulasan yang dapat kami sampaikan seputar spesifikasi, fitur, dan juga harga BMW HP4 Race di Indonesia. Semoga bisa menjadi informasi atai referensi yang berharga “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

loading...

Seorang mantan penjaga minimarket yang sekarang telah menjadi seorang ayah dan memilih menjadi blogger dengan mengisi content di otomaniac.com