Harga BMW F850 GS Terbaru 2018, Review & Spesifikasi

Advertisement

Harga BMW F850 GS Terbaru – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi ajang yang paling tepat untuk menghadirkan produk baru bagi brand-brand otomotif ternama. Lewat ajang tersebut pula, PT Maxindo Motor Nusantara yang merupakan agen pemegang merk (APM) BMW Motorrad di Indonesia secara resmi memperkenalkan produk baru dari keluarga motor Adventure yaitu “BMW F850 GS”. Menariknya, motor baru BMW ini hadir dengan membawa karakter yang sama dengan motor BMW R1200GS namun BMW membuatnya dengan memilki kapasitas mesin yang lebih kecil yang otomatis juga membuat harga jualnya lebih murah.

Meski begitu, motor ini tetap akan menjadi primadona di tanah air karena BMW juga menambahkan beberapa fitur dan teknologi modern yang membuatnya semakin keren. Desain motor yang tergolong simple dengan menambahkan suspensi depan yang tinggi membuatnya semakin terlihat sempurna sebagai motor adventure. Tidak saja hanya sampai disitu, beragam fitur yang di miliki sang kakak yaitu BMW R1200GS pun bisa sobat rasakan pada motor yang satu ini. Jadi bagi sobat yang penasaran dan juga ingin mengetahui spesifikasi serta harga BMW F850 GS terlengkapdan terbarunya, slakan simak informasi lengkapnya berikut ini.

SPESIFIKASI DAN HARGA BMW F850 GS

Spesifikasi dan Harga BMW F850 GS

Spesifikasi dan Harga BMW F850 GS

Spesifikasi BMW F850 GS

Mesin
Engine typeliquid-cooled 8v parallel twin
Engine size853cc
Compression ratio12.7:1
Bore/stroke84 x 77mm
Power93.7bhp @ 8250rpm
Torque67.9lb.ft @ 6250rpm
Fuel systemRide by wire, fuel injection
ClutchMulti-plate with anti-hopping
Gearbox6-speed
Final driveChain
Bodi
L x W x H2,305 x 922 x 1,356 mm
Seat height860mm (optional 815, 835, 875, 890mm)
Wet weight229kg
Wheelbase1.593mm
Trail126mm
Rake28-degrees
Fuel tank capacity15-litres
Consumption (claimed)4.1-litres / 100km
Rangka dan Kaki-Kaki
FrameSteel bridge
SwingarmAluminium double sided
Front suspension43mm inverted forks, non-adjustable
Rear suspensionMonoshock, adjustable preload and rebound (ESA option)
Front brake2 x 305mm discs, two-piston sliding calipers. ABS (dynamic optional)
Rear brake265mm disc, one-piston caliper. ABS (dynamic optional)
Front tyre / wheel90/90 – 21 / 2.15-inch x 21-inch
Rear tyre / wheel150/70 – 17 / 4.25-inch x 17-inch

Review BMW F850 GS

Desain & Dimensi

Advertisement

Desain BMW F850 GS

Desain BMW F850 GS

Salah satu ciri khas dari BMW F850 GS yang terlihat begitu jelas adalah bahasa desain yang di bawanya. Jika di jajarkan bersama BMW R 1200 GS, motor yang satu ini terlihat mempunyai kesamaan desain karena kedua motor ini mengusung garis yang sama. Hanya saja pada bagian depannya, BMW F850 GS tampil lebih asimetrik. Hadir dengan mengusung konsep motor Adventure, motor terbaru BMW yang satu ini sudah di desian sedemikian rupa, sehingga tak heran apabila motor ini memiliki dimensi yang cukup besar. Sedangkan untuk keseluruhan desainnya, motor BMW terbaru di Indonesia ni lebih menampilkan kesan futuristik.

Dimana sebanding dengan harga BMW F850 GS yang ditawarkan, motor dengan dimensi sepanjang 2,305 mm, lebar 922 mm, dan tinggi 1,356 mm ini memiliki sebuah desain lampu baru dengan dibuat lebih meruncing yang terkesan lebih keren. Bahkan tak tanggung-tanggung, mahalnya harga yang ditawarkan juga membuat lampu utama atau headlamp yang ditawarkan tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi DRL. Sementara itu motor dengan bobot seberat 229 kg ini juga memiliki handling yang begitu nyaman. Hal tersebut tak terlepas dari adanya jarak sumbu roda depan dan belakang yang mencapai 1.593 mm, jarak terendah ketanah mencapai 126 mm dan tinggi jok mencapai 860 mm.

Motor yang sangat kental dengan aura off-road seperti roda depan yang di buat tinggi, dan jarak terendah ketanah yang juta cukup tinggi tentu saja menjadi salah satu kelebihan BMW F850 GS ini. Namun dari semua yang di tawarkan pada bagian desain, mungkin tampilan tangki bahan bakar yang disematkan terlihat lebih menarik dan lebih unik. Dengan membawa desian futuristik, sangat jelas terlihat bahwa pada bagian ini BMW membuatnya teerlihat lebih apik. Ditambah lagi adanya bagian bodi yang menutupi tangki bahan bakar hingga mencapai bagian bawah lampu utamanya yang dibuat dengan desain meruncing. Sementara pada bagian belakang terdapat sebuah behel motor dan sebuah spakbor yang cukup kecil.

Advertisement

Dapur Pacu

Performa Mesin BMW F850 GS

Performa Mesin BMW F850 GS

Beralih pada bagian dapur pacunya, sebanding dengan harga BMW F850 GS yang ditawrakan cukup mahal, generasi BMW F 800 GS ini juga mengalamai peningkatan pada bagian mesinnya. Yang dimana seperti dapat sobat lihat pada tabel diatas, motor adventure terbaru BMW yang kini dipasarkan resmi di Indonesia sudah di sertai sebuah mesin berkapsitas 853cc. Menariknya, dengan mahalnya harga motor BMW F850 GS yang di tawarkan, performa mesin yang di berikan juga sedikit di tingkatkan dengan di rubahnya interval pengapian mesin inline-twin yang dibawanya menjadi 270/450 derajat.

Hal tersebut sengaja di lakukan BMW agar motor terbarunya ini mampu menawarkan sebuah tarikan mesin yang tinggi. Terbukti, dengan di ubahnya interval pengapian tersebut, membuat motor ini mampu meraih power dan torsi hingga 10 persen menjadi 93.7 bhp pada setiap putaran 8250 rpm dan torsi mencapai 92 Nm pada 6250 rpm. Lebih hebatnya lagi, motor BMW F850 GS yang hadir dengan mengusung sistem kompresi 12.7:1 ini juga bisa menyesuaikan oktan bahan bakarnya hingga mencapai RON 91. Alhasi dengan semua teknologi yang dibawnya tersebut membuat harga BMW F850 GS ini tergolong mahal.

Advertisement

Selanjutnya masih dari sektor performanya, dengan mahalnya harga yang ditawarkan motor ini sudah mengusung sistem pengapian full injection sehingga selain mampu memberikan efisiensi pada penggunaan bahan bakar, proses pembakaran pada ruang bakar juga terasa lebih sempurna. Selanjutnya, sebanding dengan harga BMW F850 GS yang ditawarkan, sobat juga akan mendapatkan sebuah sistem transmisi dengan 6 tingkat percepatan. Bahkan tak tanggung-tanggung ada juga fitur anti hopping clutch alias slipper clutch. Lalu ada pula fitur ASC (Automatic Stabilty Control), Riding Mode seperti Dynamic, Enduro, dan Enduro Pro yang akan membuat setiap pengguna bisa menyesuaikan karakter tenaga dan kontrol traksinya, mulai dari kondisi aspal, tanah ataupun juga lumpur.

Suspensi & Kaki-kaki

Suspensi & Kaki-kaki

Suspensi & Kaki-kaki

Bukan hanya merombak atau mengubah motor ini dari segi tampilan dan performanya, BMW juga memberkan perubahan pada sektor kaki-kati serta suspensi pada motor Adventure terbarunya ini. Dimana seperti inforamsi yang kami peroleh, diketahui bahwa motor ini memiliki suspensi depan upside down berdiameter 43mm serta pada bagian belakangnya mengusung suspensi monoshok. Bahkan sebanding dengan mahalnya harga BMW F850 GS yang ditawarkan, ada juga fitur opsional berupa Dynamic ESA (Electric Suspension Adjustment). Dmana dengan adanya fitur tersebut, pengendara akan dapat mengontrol preload dan rebound suspensi belakang.

Kemudian bila bicara soal kenyamanan, tentu saja berkendara menggunakan motor Adventure yang satu ini akan terasa lebih nyaman karena BMW juga mebuat travel suspensi yang ditawarkan tinggi yaitu sektitar 204 mm dibagian depan, dan 219 mm disisi belakangnya. Menariknya lagi tak seperti BMW F800 GS yang menggunakan gear dan rantai diseblah kanan, pada tipe terbarunya ini BMW memindahkan Gear dan Rantai tersebut ke sebelah kiri. Sedangkan pada bagian lain, dengan harga BMW F850 GS yang mahal, ada juga sebuah pelek aluminium cross yang pada bagian spoke-nya berwarna kuning anodized. Dimana untuk sisi depan berukuran 2,15 ring 21, dan belakang berukuran 4,25 inci ring 17.

Fitur 

Fitur BMW F850 GS

Fitur BMW F850 GS

Untuk melengkapi pelek yang dibawanya, motor ini juga sudah di bekali dengan adanya sebuah ban dengan ukuran 90/90 dibagian depan dan 150/70 pada bagian belakangnya. Adapun dengan mahalnya harga BMW F850 GS yang ditawarkan, motor ini sudah menggunakan ban bertipe dual sport Metzeler Karoo 3. Dan yang lebih hebatnya lagi, kabarnya motor terbaru yang satu ini mengusung teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) pada kedua rodanya. Hanya saja untuk teknologi ABS yang dibawanya bisa di atur atau di matikan sesuai dengan kebutuhan saat berkendara.

Adapun untuk penggunaan rem dibagian depan, BMW memilih mengusung tipe double disk dengan ukuran 305 mm. Bahan tak tanggung-tanggung ada juga dua buah piston sliding calipers. Sementara pada bagian belakangnya menggunakan tipe rem cakram tunggal dengan diamter 265mm yang menggunakan sngle piston. Lalu, ada juga sebuah panel instrumen full digital dengan menggunakan panel layar TFT 6,5 inci, yang akan menampilkan semua detail kondisi motor. Bahkan layar tersebut juga bisa menampilkan navigasi, setelan mode riding, dan yang menarik dapat terkoneksi ke smartphone setiap pengendaranya. Kemudian dengan harga BMW F850 GS yang mahal, ada juga fitur keyless dan handguard di bagian setangnya.

Harga BMW F850 GS

Harga BMW F850 GS

Daftar Harga BMW F850 GS Terbaru

Harga BMW F850 GS Baru
  • Rp 549.000.000 (off the road)
Harga BMW F850 GS Bekas
  • Rp –
Harga Terbaru : Daftar Harga Motor BMW

Motor yang diperkenalkan pad ajang GIIAS 2018 lalu ini sudah bisa di pesan jika memang anda ingin membelinya. Caranya pun cukup gampang karena anda bisa langsung mengunjungi website remsi BMW Motorrad Indonesia atau langsung datang ke dealer resminya. Dan seperti dapat sobat lihat pada tabel diatas, harga BMW F850 GS yang ditawarkan di Indonesia sangatlah mahal, yaitu sekitar Rp 549 juta rupiah. Hal tersebut karena BMW memasarkan tipe spesialnya yaitu tipe Rallye untuk pasar Indonesia.

Baca Juga : Harga BMW HP4 Race Terbaru

Sayangnya kalaupun sobat memesan motor ini sekarang, BMW lewat Joe Frans, CEO PT. Maxindo Moto yang memegang langsung BMW Motorrad Idonesia mengatakan bahwa sobat yang sudah memesan akan mendapatkan unitnya pada Desember 2018 mendatang. Jadi kalau memang budget yang sobat miliki masih belum tercukupi, sobat masih bisa menabung hingga mencapai target untuk bisa membeli motor ini. Nah kiranya seperti itu informasi seputar spesifikasi dan harga BMW F850 GS yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

loading...

Seorang mantan penjaga minimarket yang sekarang telah menjadi seorang ayah dan memilih menjadi blogger dengan mengisi content di otomaniac.com