7 Manfaat dan Fungsi Turbocharger Di Mesin Diesel

Advertisement

Fungsi Turbocharger 2019 – Dunia otomotif kaya akan serba – serbi hal menarik dan bisa di bilang tiada habisnya, karena setiap waktu selalu berkembang dengan mengikuti jaman. Apalagi dengan teknologi yang makin hari makin tinggi, tentunya menuntut para ahli didalamnya untuk berkreasi mewujudkan hal terbaik bagi dunia otomotif. Seperti halnya turbocharger, dimana kata tersebut sekarang ini sedang ramai dibicakan oleh banyak orang. Tapi perlu sobat ketahui, teknologi tersebut sebenarnya sudah lama ada dan di gunakan dalam duni otomotif, mulai dari mobil bahkan ada motor yang menggunakannya.

Akan tetapi kami sekarang ini bakal lebih jauh mengupas akan fungsi turbocharger pada sebuah mobil diesel. Kita ketahui bersama, mobil diesel sudah sejak lama di dukung dengan teknologi tersebut. Tidak lain salah satu fungsinya bukan hanya sekedar gaya- gayaan karena dapat mengeluarkan suara yang khas ketika sobat menginjak pedal gas, akan tetapi lebih ke performa, yang mana adanya bagian tersebut pada mobil diesel, menjadi satu keuntungan besar, pasalnya mobil diesel yang di kenal lelet pada tarikan awal, bakalan lebih responsif ketika sudah dilengkapi part yang satu ini.

Selain itu juga, fungsi turbocharger pada mobil berbahan bakar diesel ini bukan hanya sekedar performa semata, akan tetapi dapat menekan jumlah emisi gas buang di keluarkan oleh sebuah kendaraan. Prosentasenya juga cukup besar dalam hal ini, maka tidak heran lagi kebanyakan pabrikan otomotif dunia mengaplikasikannya terhadap setiap mobil diesel buatannya. Beberapa mobil yang sudah di suport turbocharger diantaranya Fortuner, MUX, Pajero Sport, Kijang Innova Diesel, hingga Nissan Terra yang notabennya kompetitor kuat bagi para mobil SUV yang sudah lama beredar di tanah air.

Advertisement

Jika melihat mobil yang kami sebutkan di atas, rata – rata memiliki tubuh yang bongsor dengan bobot ektra berat, untuk itu teknologi turbocharger akhirnya di tanamkan pada setiap daput pacu mobil – mobil tersebut, tidak lain guna mengoptimalisasi performa yang di hasilkan, agar para pengguna nantinya dapat merasakan pengalaman lebih seru ketika berkendara di jalanan. Lalu lebih jelas akan detail informasi mengenai Manfaat dan Fungsi Turbocharger Di Mesin Diesel, sobat otomotif dapat menyimaknya dalam ulasan dibawah ini.

Manfaat dan Fungsi Turbocharger Di Mesin Diesel

Manfaat & Fungsi Turbocharger Di Mesin Diesel

Manfaat & Fungsi Turbocharger Di Mesin Diesel

Manfaat Turbocharger

1. Dengan terpasangnya turbocharger pada sebuah mobil diesel, di klaim dan di buktikan dalam berbagai hasil uji coba, menunjukan mesin dengan kelengkapan teknologi tersebut dapat menekan pemakaian bahan bakar.

2. Adanya teknologi tersebut bukan hanya membuat irit, tetapi dapat memberikan prosentase besar pengurangan emisi gas buang, alhasil dengan demikian, mobil diesel makin ramah terhadap lingkungan, bahkan gas buang yang terlihat ketika mesin di hidupkan, tidak sepekat mobil tanpat turbocharger.

3. Manfaat ketiga, jelas performa sebuah mobil makin mantap, karena panas gas yang terbuang dapat di manfaatkan kembali untuk mendongkrak kerja mesin, sehingga mobil terasa begitu tenaga dan powerfull.

4. Suara mesin diesel yang notabennya kasar karena memiliki kapasitas besar, degnan turbo suara tetap terdengar halus, dan sekalipun demikian, aura kegagahannya tetap terjaga berkat suara turbocharger yang begitu khas.

5. Lebih hemat terhadap pemakaian bahan bakar, sehingga sobat dapat bebas berpergian tanpa harus bolak – balik masuk ke tempat pengisian bahan bakar.

6. Bekal turbocharger pada mesin diesel memiliki manfaat yang besar, terutama bagi sobat yang tinggal di pegungan, karena prinsip kerja teknologi ini dapat meningkatkan jumlah udara masuk ke mesin sekalipun udara sangat tipis di sisi luar mobil.

7. Ukuran turbocharger yang ringan dan kecil, tentu membuat bagian bawah kap mobil kian rapi, tapi di lain sisi juga dapat meningkatkan output power yang begitu besar.

Terdapat ada banyak manfaat penggunaan turbocharger di mesin diesel, maka dari itu tidak heran jika kini di pasaran ada banyak mobil dengan teknologi tersebut berkeliaran di jalanan, seperti halnya mobil MPV ataupun City Car. Namun lepas dari manfaatnya, ada baiknya juga kalau sobat tau akan fungsi turbocharger melalui skema dibawah ini.

Prinsip Kerja & Fungsi Turbocharger

Skema Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel-min

Melihat gambar di atas, warna orange memperlihatkan gas buang dari bagian silinder yang melalui exhaust manifold lalu berpindah pada bagian turbin, sedangkan warna biru sebagai gambaran bagaimana energi mekanik dihasilkan dari turbin dengan blower yang kemudian menghasilkan udara pembakaran lebih banyak, alhasil performa mesin diesel ketika berjalan meningkat begitu drastis. Dengan udara pembakaran dalam jumlah banyak yang berhasil di hasilkan dari bagian turbocharger bakal membuat semprotan bahan bakar lebih banyak pada bagian injeksi ruang bakar, sehingga secara otomatis tenaga yang keluar dari dalam mesin juga makin besar.

Dengan di pakainya turbocharger pada mesin diesel bisa memberikan manfaat begitu besar, selain menjadikan sebuah mobil terlihat keren, juga dapat memberikan yang terbaik terhadap setiap pengguna nantinya. Melihat akan hal itu, wajar saja jika sekarang ini populasi mobil dengan teknologi tersebut makin banyak di pasaran. Bagaimana ? apakah sobat otomotif termasuk di antaranya ? selain itu, dengan manfaat sebanyak itulah dan fungsi turbocharger yang begitu menarik, menjadi alasan utama kenapa kebanyakan orang memilih mobil dengan teknologi ini untuk dijadikan sebagai daily drive.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Rem Brembo Mobil & MotorHarga Pelapis Anti Karat Mobil Terbaik

Sekian informasi yang bisa kami berikan soal Manfaat dan Fungsi Turbocharger, semoga dapat bermanfaatkan meningkatkan wawasan sobat terhadap mobil diesel, serta menghapus image kalau mobil diesel itu lelet, karena justru sebaliknya, dengan turbocharger, mobil makin bertenaga dan siap melibas berbagai medan jalan. “SALAM OTOMOTIF”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement