Fungsi Relay Pada Motor Yang Wajib Diketahui

Advertisement

Fungsi Relay Pada Motor Terbaru 2019 – Dunia otomotif memang sangat luas sehingga bagian terkecil pada sebuah sepeda motor ataupun mobil harus kalian perhatikan. Ya, meski bagian-bagian tersebut jarang diperhatikan namun siapa sangka fungsi dari komponen tersebut terbilang cukup penting bagi sebuah kendaraan. Seperti halnya yang satu ini, sebut saja “Relay”, sebuah komponen motor yang memiliki fungsi untuk mengalirkan litrik kesemua lampu motor.

Pada komponen ini sudah pasti memiliki sistem kelistrikan yang telah diatur sedemikian rupa agar bisa menggerakan kendaraan sepeda motor tersebut. Untuk mampu menjalankan komponen listrik yang ada pada kendaraan bermotor bisanya menggunakan aki dan ECU. Namun agar sistem kelistrikan pada sepeda motor tersebut lebih aman, anda juga harus mengetahui penyebab aki tidak mengisi, karena merupakan salah satu penyebab aki motor tekor.

Namun ada beberapa motor injeksi yang memiliki sistem pengapian yang diatur oleh ECU. Sehingga para pemiliki sepeda motor injeksi perlu mengetahui penyebab Ecu rusak. Dan jika aki dan ECU pada motor sudah menurun kinerjanya, hal ini perlu diwaspadai karena juga merupakan salah satu penyebab ampere motor tinggi. Dan berikut adalah Fungsi Relay Pada Motor yang perlu dan wajib untuk di ketahui oleh para pemiliki sepeda motor.

Advertisement

Fungsi Relay Pada Motor Yang Wajib Diketahui

Fungsi Relay Pada Motor

Fungsi Relay Pada Motor

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Relay dan fungsinya terlebih dahulu kita simak penjelasan berikut ini. Ya, sepeda motor memang tak lepas dari sistem kelistrikan. Dengan memiliki sistek kelistrikan yang baik maka kinerja dan juga perfoma motor pun akan jauh lebih baik. Apalagi untuk motor-motor terbaru saat ini kelistrikan memang sangat penting dan menjadi hal yang utama dalam sebuah kendaraan bermotor maupun mobil. Dan berikut adalah fungsi Relay pada motor terbaru saat ini.

Pengertian Relay

Relay yang terdapat pada sistem aliran listrik kendaraan sepeda motor merupakan saklar yang sama fungsinya dengan listrik pada rancangan rumah. Relay dapat menghentikan ataupun mengalirkan daya dari sumbernya, namun daya yang tersedia tetap diatur dari sumber listrik langsung. Relay merupakan bagian dari elektromekanikal yang memiliki dua bagian inti yaitu elektromagnetik dan mekanikal yang berbentuk saklar.

Relay dapat merubah listrik yang beraliran kecil menjadi lebih besar setelah dikumpulkan pada Relay. Sehingga daya listrik yang dihantarkan menjadi lebih besar sesuai dengan arus yang diperlukan oleh perangkat-perangkat yang ada disepeda motor. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari terjadinya arus pendek pada sistem aliran listrik sepeda motor.

Fungsi Relay

Selain berperan penting bagi kelistrikan pada sebuah kendaraan bermotor Relay juga memikili beberapa fungsi yang wajib diketahui oleh para pemilik sepeda motor. Dengan arus listrik yang lancar patinya sistem kelistrikan pada motor anda menjadi lebih baik dan lebih aman. Dan berikut adalah fungsi Relay pada motor.

1. Menjalankan fungsi logika

Pada fungsi ini Relay memiliki peran untuk menjalankan arus listrik seperti pada seharusnya. Sehingga lebih seperti bertugas untuk memastikan aliran listrik yang mengalir pada bagian-bagianya dengan tepat dan jumplah yang  tepat.

2. Menunda aliran listrik

Menunda aliran listrik maksudnya adalah Relay berfungsi untuk menyimpan aliran listrik yang besar apabila kumparan sumber daya arus listrik menghasilkan arus yang besar dan mengeluarkan secara sedikit demi sedikit seperti yang seharusnya. Selain itu juga sumber daya listrik yang sangat kecil juga akan dikumpulkan terlebih dahulu pada Relay. Sehingga peran Relay lebih seperti stabilizer pada arus listrik jika arus listrik yang dihasilkan tidak normal.

3. Mengolah tegangan tinggi dengan batuan signal tegangan rendah

Nah jika terjadi tegangan tinggi baik diakibatkan sumber listrik ataupun karena konsleting yang terjadi akibat adanya salah satu perangkat yang berhubungan dengan listrik tidak baik karena suatu hambatan.

4. Melindungi perangkat listrik ketika terjadi arus pendek

Beberapa Relay yang bagus sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mencegah terjadinya konsleting yang diakibatkan oleh hubungan arus pendek. Sehingga dengan adanya Relay tidak akan merusak sumber listrik dan juga perangkat lain yang memerlukan arus listrik lainya.

5. Memperpanjang usia saklar

Relay juga mampu memperpanjang usia saklar utama, hal ini dikarenakan beban saklar utama jadi bekurang, karena fungsi ini dibagi dengan Relay.

6. Relay pada starter

Relay juga memberi bantuan pada starter untuk memperlama masa penggunaan starter. Hal ini dikarenakan Relay mengatur suplay listrik yang stabil keperangkat starter. Hal ini juga usaha yang baik dilakukan untuk mengatasi penyebab motor susah di starter.

7. Sebagau kunci pengaman

Relay juga bisa digunakan untuk membuat kunci pengaman dengan dihubungkan pada perangkat-perangkat tertentu.

8. Pendukung asessoris tambahan

Relay juga mampu memaksimalkan fungsi aki ketika pemilik sepeda motor ingin memodifikasi perangkat motor yang mengkonsumsi daya lebih besar. Apabila tidak ada Relay, pemasangan aksesoris yang tidak sesuai dengan standart pabrik akan mengakibatkan aki cepat tekor.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Kampas Rem Motor Harga Shockbreaker Mobil

Nah sobat otomotif itulah beberapa Fungsi Relay Pada Motor Yang Wajib Diketahui. Dengan adanya Relay pada sebuah kendaraan bermotor, pastinya sistem kelisrikan pada motor kalian akan jauh lebih aman dan lebih stabil. Alhasil aki pada motor anda akan lebih awet dan juga tahan lama. Selain itu dengan adanya Relay konsumsi listrikpun akan terbilang lebih irit. Demikian ulasan dari kami semoga bisa bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement