Fungsi Oli Mesin Terbaru 2019

Advertisement

Fungsi Oli Mesin 2019 – Dunia otomotif memang sangat luas sehingga banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Tak hanya memahami bidang mekanik motor atau pun mobil ototif juga banyak menjumpai berbagai macam mesin besar dan alat-alat besar yang sangat unik untuk kita pelajari. Nah, bagi anda yang sudah sangat paham dengan dunia ini pastinya kalian sangat dengan dengan namanya oli mesin. Lalu apa sih oli mesin itu?

Oli mesin atau minyak pelumas mesin adalah suatu cairan yang digunakan untuk melumasi seluruh bagian mesin. Oli sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah mesin, pasalnya jika oli dalam mesin ini habis bisa-bisa mesin motor atau mobil anda bisa gancet dan akan berakibat fatal. Sementara itu oli mesin juga memiliki banyak tipe dan merek, sehingga kalian harus menyesuaikan jenis oli mesin yang akan dipakai untuk jenis kendaraan anda.

Untuk motor ada beberapa jenis oli mesin diantaranya oli motor matic dan oli motor sport. Kedua type oli ini juga memiliki harga yang berbeda serta memiliki fungsi yang berbeda. Ya, meski sama-sama oli mesin namun diliat dari jenis motornya saja sudah berbeda. Jadi kalian jangan salah pilih ya guys, memiliki jenis oli mesin yang benar akan membuat mesin motor anda menjadi lebih awaet dan tahan lama. Selain itu perfoma mesin pun akan lebih maksimal.

Advertisement

Melihat fungsi oli mesin ini memang sangat penting, karena dengan minyak pelumas ini mesin kendaraan anda akan berjalan lebih efisiensi dan lebih maksimal. Selain itu mesin kendaraan anda juga tidak akan cepat panas. Saat ini ada beberapa jenis oli mesin dari berbagai merek yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Malai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu bahkan ada juga yang dijual dengan harga 1 juta lebih. Nah, apa sajakah Fungsi oli mesin ini? berikut informasinya.

Fungsi Oli Mesin Terbaru 2019

Fungsi Oli Mesin

Fungsi Oli Mesin

Dilihat dari fungsinya yang sangat penting maka tak jarang orang-orang selalu memerika keadaan oli mesin pada kendaraanya, terutama bagi mereka yang sering berpergian dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Oli mesin memang harus lebih diperhatikan, karena jika oli pada mesin kendaraan anda habis maka bisa berakibat fatal pada mesin kendaraan anda. Ya, selain mesin menjadi panas, bagian dalam mesin mobil ini pun kering dan bisa saja kendaraan anda mogok ditengah-tengah jalan. Dan berikut fungsi oli mesin yang perlu anda ketahui.

1. Pelumas

Fungsi oli mesin yang pertama adalah sebagai pelumas. Pada saat mesin dihidupkan, oli mesin akan disirkulasikan ke setiap komponen mesin oleh pompa oli. Selanjutnya oli akan melewati bagian-bagian yang bergerak dan membentuk lapisan film untuk melumasi komponen tersebut. Dengan cara ini komponen di mesin terjaga dari kerusakan dan keausan, sehingga mesin akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

2. Perapat

Untuk fungsi oli yang kedua adalah sebagai perapat. Nah, saat oli mesin disirkulasikan didalam mesin, oli akan membentuk lapisan tipis. Lapisan ini akan merapatkan celah antara dua benda yang bergerak. Sebagai contoh didalam mesin terdapat sebuah silinder dan ring piston sebagai bagian penghasil tenaga di mesin. Oli pada bagian ini akan merapatkan celah keduanya, sehingga kompresi ataupun tenaga pembakaran tidak bocor. Alhasil tenaga yang dihasilkan pun akan jauh lebih maksimal.

3. Pembersih

Ketika oli bersirkulasi ke area mesin, oli yang sudah tersaring di filter oli melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder, metal dan sebagainya. Ketiak bagian tersebut terdapat kotoran, seperti sisa karbon pembakaran maupun partikel logam akibat gesekan, maka oli bersih tersebut akan mendorong ataupun membawa kotoran tersebut. Akibatnya bagian yang terdapat partikel logam dan bagian sisa kotoran akan bersih kembali. Untuk itulah oli mesin perlu diganti secara berkala, karena kualitas oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam.

4. Penyerap panas

Selanjutnya pada fungsi oli mesin adalah sebagai penyerap panas. Saat mesin di hidupkan, akan terjadi proses pembakaran yang akan menghasilkan panas untuk diubah menjadi tenaga. Pada saat bersamaan, oli bersirkulasi pada bagian dalam mesin. Ketika oli mesin melewati bagian mesin dengan temperatur tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder, maka panas pada komponen tersebut akan diserap. Hal ini juga akan menjaga temperatur mesin dan mecegah keausan yang berlebihan pada bagian mesin.

5. Mencegah karat

Dan fungsi oli mesin yang berikutnya adalah mencegah terjadinya karat pada bagian permukaan logam. Oli mesin akan menutup permukaan metal, sehingga metal tersebut terbebas dari oksidasi yang menyebabkan timbulnya karat. Hal ini dapat dibuktikan pada mesin yang terbuat dari metal/logam, ketika terisi dengan oli, akan terbebas dari karat.

Nah guys, itulah beberapa fungsi oli mesin yang perlu kalian ketahui. Sebaiknya anda selalu mengontrol oli mesin kendaraan kalian secara berkala agar oli mesin tetap terkontrol dengan baik. Selain itu jika kalian akan pergi dengan jarak tempuh yang cukup jauh, kami sarankan untuk mengganti oli mesin pada kendaraan anda atau kalian bisa juga menggantinya dengan yang baru. Sehingga kita tidak perlu kawatir jika kendaraan motor maupun mobil yang kita kendarai mogok dijalanan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Biaya Pajak Mitsubishi Strada TritonFungsi Winglet Pada Motor Gp

Menggati oli mesin sebaiknya juga dilakukan secara berkala, agar oli mesin bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dan oli yang digunakanpun akan selalu bersih dan terbebas dari kotortan-kotoran bekas logam ataupun karbon. Selain itu pilihlah oli mesin yang sesuai dengan jenis kendaraan kalian sehingga mesin tidak cepat aus dan juga rusak. Demikian informasi mengenai Fungsi Oli Mesin Terbaru, semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement