Fungsi Knalpot Pada Motor Terbaru 2019

Advertisement

Fungsi Knalpot Pada Motor 2019 – Bagi sebuah kendaraan pasti sangat identik dengan sebuah knalpot. Pasalnya jika tidak ada knalpot sudah pasti suara yang dihasilkan kendaraan tersebut ajkan sangat keras dan sangat bising di telinga. Dan sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai fungsi knalpot pada motor, berikut adalah pengertian dari knalpot motor beserta jenis-jenis knalpot motor yang banyak dijual di pasaran.

Knalpot adalah merupakan instrument atau alat yang digunakan untuk menyalurkan gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin dengan jalan pipa yang menjulur untuk akses pembuangan. Dan seperti yang kita ketahui bahwa knalpot terdirin dari dua jenis yakni knalpot mobil dan knalpot motor. Sementara itu knalpoy seiring dengan dinamika perkembangan jaman dapat dapat dipercantik atau dimodifikasi sedemikian rupa sehingga knalpot jaman sekarang memiliki desain, tampilan serta suara yang cukup bagus dan keren.

Saat ini banyak variasi dan bentuk serta suara yang begitu mempesona dalam arti suara bulet, empuk, tidak pecah dan tidak membuat bising. Bahan asli yang digunakan untuk knalpot itu sendiri merupakan jenis bahan besi stanless, galvanis dan besi croom. Dan perlu kita ketahui knalpot asli buatan anak dalam negri yakni tepatnya daerah Purbalingga sangat diminati oleh masyarakat luas dan membuat seakan dunia bisnis makin meningkat.

Advertisement

Nah guys, knalpot sendiri secara teknis merupakan saluran pembuangan dari hasil sisa pembakaran yang terjadi didalam mesin kendaraan bermotor maupun mobil. Maka dari itu kebanyakan knalpot dilentakan pada pada bagian kedaraan, karena berisi sisa-sisa pembakaran kendaraan. Penggunaan knalpot dalam teknologi mesin sudah lama sekali digunakan, baik pada mesin kendaraan maupun mesin industri. Semetara itu knalpot pada motor terbagi menjadi beberapa bagian berikut adalah Fungsi Knalpot Pada Motor dan bagian-bagain dari knalpot motor itu sendiri.

Fungsi Knalpot Pada Motor

Fungsi Knalpot Pada Motor

Fungsi Knalpot Pada Motor

Saat ini knalpot memiliki banyak fungsi bagi kelangsungan hidup dari kendaraan bermotor itu sendiri. Meskipun terlihat kecil dan sepele, namun knalpot memiliki peranan vital bagi sebuah kendaraan bermotor. Nah, kalian bisa bayangkan apabila motor kalian tidak ada knalpot-nya, pasti suara yang dihasilkan oleh motor tersebut akan sangat keras dan sangat menggangu telinga kita. Nah, berikut adalah beberapa fungsi knalpot pada kendaraan bermotor.

1.  Meredam suara ledakan yang dihasilkan di dalam ruang bakar

Fungsi knalpt pada motor yang pertama adalah untuk meredam suara ledakan yang dihasilkan di dalam ruang bakar. Ruang bakar akan menimbulkan ledakan-ledakan yang besar ketika terjadi proses pembakaran. Ledakan-ledakan besar ini suara yang sangat memekakan telinga, terlebih pada kendaraan dengan kapasitas silinder yang besar dan banyak. Oleh kerena itu, peranan kenalpot sangat penting untuk meredam suara ledakan tersebut hingga menjadi lebih enak untuk didengar dan tidak menimbulkan polusi suara.

2. Meningkatkan tenaga dari kendaraan

Fungsi knalpot pada motor lainya adalah untuk meningkatkan tenaga dari kendaraan tersebut. Namun hal ini tidaklah bersifat mutlak artinya tidak semua penggantian knalpot dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor. Hal ini sangat tergantung pada desain knalpot dan bahan-bahan serta perhitungan matang dari knalpot terhadap spesifikasi mesin. Dengan melakukan perhitungan yang tepat, maka hal ini akan meningkatkan tenaga mesin dari kendaraan bermotor anda.

3. Sebagai pemanis dan ornamen kendaraan

Fungsi berikutnya adalah sebagai pemanis dan ornamen kendaraan. Beberapa knalpot memang memiliki bentuk dan juga desain yang unik. Desain dan bentuk dari knalpot yang unik ini sering kali dijadikan sebagai pemanis dari kendaraan bermotor yang bertujuan untuk penampilan. Biasanya hal ini diaplikasikan pada kendaraan bermotor yang akan di ikutkan dalam suatu kontes kendaraan bermotor.

4. Untuk mengurangi polusi udara

Nah guys, teknologi terbaru dari knalpot saat ini adalah penggunaan catalityc converter. CC atau Catalityc Converter ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk membantu mengkonversi carbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dari sebuah kendaraan bermotor dan juga dapat mengurangi peningkatan dari polusi udara.

Bagian dari knalpot kendaraan bermotor

1. Header

Header merupakan bagian ujung knalpot yang dipasang pada mesin. Jumplah header pada knalpot sangat tergantung dengan beberapa banyak jumplah silinder yang diperlukan atau dimiliki oleh mesin kedaraan. Fungsi utam dari Header adalah menghubungkan keseluruhan sistem knalpot dengan sistem buang atau ex yang dimiliki oleh suatu kendaraan bermotor. Sistem ex atau gas buang ini merupakan sisa dari hasil pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar suatu kendaraan bermotor.

2. Resonator

Bagian kedua dari knalpot adalah resonator atau yang biasa kita kenal dengan saringan knalpot. Resonator banyak dimiliki oleh kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran mesin.

3. Silincer

Silince juga memiliki fungsi yang mirip dengan resonator, untuk membantu meminimalisirkan suara bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Silince biasa diletakan pada bagian ujung knalpot. Pada kendaraan bermotor, biasanya silince juag berisi saringan yang berfungsi sebagai resonator, sedang pada roda 4 biasanya resonator berada dibagian kolong mobil, sedangkan silince berada terpisah.

Pada mesin bukan 4 tak atau 4 langkah atau yang sering kita kenal dengan istilah 2 tak, terdapat satu bagian knalpot lagi yang berperan sangat penting yaitu chamber. Chamber pada knalpot 2 tak ini berfungsi untuk melakukan gaya balik terhadap gas buang dikarenakan teknologi 2 tak tidak memiliki katup ex dan juga in layaknya kendaraan 4 tak yang umum saat ini. Chamber dapat berperan untuk meningkatkan tenaga dari kendaraan 2 tak secara signifikan, karena chamber berperan untuk melakukan proses perputaran gas masuk dan gas buang yang terjadi pada saat pembakaran berlangsung.

Baca Juga Informasi Lainnya
Biaya Pajak Toyota AgyaCara Membersihkan Busi Motor
Fungsi Spakbor Pada MotorFungsi Timing Belt

Itulah sedikit informasi mengenai Fungsi knalpot pada motor, dengan adanya knalpot motor yang efisiean akan memberikan perfoma yang lebih baik pada sebuah kendaraan bermotor. Selain itu dengan adanya knalpot motor anda juga akan menghasilkan suara yang bagus serta enak didengar. Selain itu tampilan motor pun akan menjadi lebih keren dengan adanya knalpot yang memiliki desain yang unik. Demikian informasi dari kami semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement