Fungsi GearBox Pada Motor Dan Cara Perawatnya Terbaru 2019

Advertisement

Fungsi GearBox Motor Terbaru 2019 – Nah guys, sebelum kita membahaa apa itu fungsi GearBox pada motor, kami akan cari tahu terlebih dahulu apa itu gearbox ? GearBox adalah salah satu komponen atau suatu alat khusus yang diperlukan oleh mesin kendaraan anda untuk menyesuaikan day atau torsi (moment/daya) dari motor yang berputar. Selain itu gearbox ini juga merupakan salah satu komponen yang bergerak dan berputar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan anda.

Adapun fungsi dari gearbox itu sendiri yakni sebagai komponen dalam mesin kendaraan anda yang bertugas untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin kesalah satu bagian mesin yang lainnya. Sehingga unit ini dapat bergerak dan berputar untuk menghasilkan sebuah pergerakan baik itu berupa putaran maupun berupa goresan. Jadi guys fungsi gearbox memang sangat diperlukan dari sebuah mesin motor anda, pasalnya akan menentukan berapa torsi dan tenaga yang dihasilkan oleh motor tersebut.

Saat ini motor memang hadir sebagai sebuah kendaraan yang cukup praktis dan juga hemat. Sehingga tak heran jika kehadiran kendaraan dengan roda dua ini sangat disambut dengan positif oleh masyarakat kita. Harga motor yang cukup tejangkau menjadikan banyak orang yang memilih kendaraan roda dua ini sebagai alat transportasi yang bisa kalian gunakan setiap saat. Meskipun motor memang memiliki banyak kelebihan, namun tak sedikit juga kekurangan dari sebuah kendaraan bermotor ini.

Advertisement

Nah untuk memiliki kedaaraan bermotor memang terbilang cukup mudah, namun untuk cara perawatan kendaraan bermotor ini memang lebih susah jika tidak di lakukan dengan baik dan maksimal. Untuk melakukan perawatan motor kalian dianjurkan untuk servis kedaraan bermotor anda selama 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali, agar kalian bisa mengetahui kondisi dari motor kalian. Akan tetapi untuk kali ini kami hanya akan sedikit menjelasakan apa itu fungi GearBox pada motor ?

Fungsi GearBox Pada Motor

Fungsi gearbox Pada Motor

Fungsi gearbox Pada Motor

Seperti yang kita ketahuiu gearbox memang memiliki peranan yang cukup penting bagi sebuah motor. Pasalnya dengan adanya gearbox ini tenaga dan torsi yang di hasilkan akan jauh lebih baik. Disamping itu gearbox juga memiliki beberapa fungsi peting yang akan membuat motor bisa berjalan dengan lebih maksimal. Nahguys, mau tau apa saja fungi dari gearbox ini? yuk kita simak ulasanya dibawah ini.

1. Memindahkan tenaga pada mesin sepeda motor

Nah guys, gearbox merupakan satu kesatuan komponen gear yang berperan dalam memindahkan tenaga untuk menyalurkan tenaga atau daya yang dihasilkan oleh mesin kesalah satu bagian mesin yang lainya didalam sepeda motor. Dengann begitu daya atau tenaga yang dipindahkan tersebut dapat menghasilkan pergerakan ataupun pergeseran yang menjadikan sepeda motor dapat bergerak maju. Pemindahan tenaga pada sepeda motor tersebut terjadi dari ruangan mesin kebagian roda yang tersambung kekomponen rantai pada roda manual dan komponen vainbelt pada motor matic.

2. Menyesuaikan daya pada mesin sepeda motor

Selain memiliki peranan untuk memindahkan tenaga dan penyalur tenaga. Fungsi gearbox pada motor juga untuk menyesuaikan daya atau torsi yang dihasilkan oleh sepeda motor. Dalam proses penyesuaian daya ini, gearbox sepeda motor dikenal memiliki beberapa gigi atau tingkatan daya. Meski motor matic tidak memiliki secara langsung komponen gigi yang dapat dipindah namun tetap motor matic juga memiliki gearbox yang jika dirasakan secara seksama dalam prosess penggunaanya akan tetap terasa kondisi perpindahan gigi pada motor matic.

3. Beberapa fungsi lainya

Selain memiliki dua fungsi diatas gearbox juga memiliki beberapa fungsi maupun peran lainnya terutama pada sepeda motor dengan jenis manual. Berikut beberapa fungsi gearbox motor manual yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Pengubah daya motor yang dihasilkan menjadi tenaga yang lebih besar.
  • Mengatur kecepatan gerak dan torsi serta proses berbalik putaran.
  • Mengubah moment pulir yang akan diteruskan kebagian spidel mesin sepeda motor manual.
  • Menyediakan rasio gigi pada sepeda motor yang sesuai dengan beban dayanya.
  • Menghasilkan putaran mesin yang lebih stabil dan tanpa selip.

Cara Merawat GearBox Pada Motor

Cara Merawat Gearbox pada Motor

Cara Merawat Gearbox pada Motor

Gearbox memang memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah kendaraan bermotor. Jadi kita perlu merawat gearbox ini agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Beberapa fungsi gearbox yang dijelaskan diatas akan tetap optimal jika gearbox sebagai rumah gear dirawat dengan baik agar dapat terhindar dari berbagai macam masalah pada gearbox. Untuk menjaga agar gearbox selalu dalam kondisi optimal terutama pada motor matic, berukit adalah hal yang perlu kalian lakukan.

1. Mengganti oil transmisi

Tak hanya bagi motor matic saja, untuk semua kendaraan bermotor gearbox memang memiliki peranan yang sangat penting untuk menambah ataupun mengurangi kecepatan tanpa harus mengoper gigi manual. Permasalahan pada gearbox dapat menyebabkan motor menjadi tidak berfungsi bahkan bisa menjadi berbagai piranti dalam gearbox menjadi rusak dan rontok. Mengganti oil secara berkala merupakan pilihan yang tepat dalam proses perawatanya karena banyak gesekan yang terjadi didalam gearbox dapat dijala oleh oil yang tidak penuh. Penggantian oile ini sebaiknya dilakukan secara konsisten ketika oil transmisi pada gearbox menunjukan kondisi yang sudah tidak baik.

2. Pilih oli yang benar dan dalam jumplah yang tepat

Perlu diketahui bahwa oil transmisi yang digunakan didalam gearbox tidak sama dengan oil pada mesin sehingga dalam prosess penggantianya usahakan untuk melihat dengan benar bahwa oil yang digunakan merupakan oil khusus transmisi dan bukan oil mesin. Selain jenis yang tepat, jumplah oil yang dimasukan juga harus sesuai agar semua bagian dalam komponen gearbox dapat terlindungi dari gesekan kasar dan keausan yang dapat menimbulkan masalah teknis pad gearbox.

3. Bersihkan komponen CVT

Pada motor matic, komponen CVT sangat erat dengan gearbox sehingga untuk melakukan perawatan agar gearbox awet dan tanpa masalah maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ruang CVT dari kotoran dan debu. Menjaga kebersihan komponen CVT juga merupakan salah satu cara merawat mesin motor matic agar tetap awet dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Filter Udara Pada Motor Biaya Pajak Toyota Fortuner

Nah guys, itulah beberapa fungsi gearbox pada motor beserta cara perawatanya. Dan jika kalian menginginkan motor kalian berjalan dengan baik dan maksimal, maka kalian harus benar-benar memperhatikan komponen-komponen yang ada pada motor kalian salah satunya adalah komponen gearbox. Komponen ini memang memili peranan yang sangat penting sehingga harus dirawat dengan baik. Itulah beberapa Fungsi GearBox Pada Motor dan Cara Perawatanya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian. “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement