Fungsi Filter Udara Pada Motor dan Mobil Terbaru 2019

Advertisement

Fungsi Filter Udara Pada Motor 2019 – Nah, guys apa itu filter udara ? Filter udara merupakan salah satu komponen paling penting pada sebuah kendaraan bermotor maupun mobil. Pada komponen ini udara yang kotor akan disaring agar tidak masuk kedalam karburator maupun sistem injeksi. Hal ini akan membuat ruang pembakaran dalam mesin motor ataupun mobil anda menjadi tetap bersih.

Dengan pentingnya peranan filter udara ini, maka tidak dianjurkan bagi kalian untuk melepas filter udara tersebut. Untuk merawat filter udara memang sangatlah mudah, pasalnya kalian tinggal membersihkan filter udara tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel pada saringan. Namun, jika kalian tidak mengerti langkah-langkah dari cara merawat filter udara, sebaiknya kalian membawanya ke ahlinya saja agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Dan dalam proses perawatan memahami fungsi dan peranan dari komponen sepeda motor maupun mobil juga sangat diperlukan agar setiap prosess dan cara perawatannya dapat juga mendeteksi adanya peluang kerusakan pada salah satu komponen sepeda motor yang spesifik. Nah, untuk kali ini kami akan mengulas sedikit informasi mengenai fungsi filter udara pada motor dan mobil, berikut penjelasanya.

Advertisement

Fungsi Filter Udara Pada Motor dan Mobil

Fungsi Filter Udara Pada Motor

Fungsi Filter Udara Pada Motor

Filter udara pada sebuah kendaraan memang terbilang sangat penting, terlebih untuk kendaraan yang sering dipakai setiap hari. Ya, salah satu fungsi filter udara adalah untuk menyaring kotoran agar tidak masuk kedalam sistem injeksi ataupun karburator, sehingga ruang pembakaran akan selalu bersih. Saat ini memang banyak terdapat beberapa jenis filter udara seperti Filter udara kering, basah dan konversional. Ketiga jenis filter udara ini memang memiliki fungsi yang sama dan berikut adalah fungsi filter udara pada motor dan mobil.

1. Menayring Udara

Seperti yang kita ketahui filter udara memang memiliki peranan yang sangat vital pada segala aktivitas dari mesin motor. Dan fungsi filter udara pada motor yang pertama adalah menyaring udara yang masuk dalam mesin sehingga dapat memisahkan antara udara yang bersih dan udara yang kotor yang pastinya terkandung dalam udara tersebut. Perang filter udara untuk menyaring udara tersebut sangat berguna dan berat terutama melihat tipikal jalanan kering dan berdebu.

2. Menjaga Kebersihan Ruang Pembakaran

Fungsi filter udara yang kedua adalah untuk menjaga kebersihan ruang pembakaran. Dengan andanya filter udara, pastinya ruang pembakaran akan selalu bersih dan terbebas dari kotoran. Kotoran sendiri adalah hal yang sangat penting, karena dengan adanya kotoran dapat menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak optimal. Selain itu kotoran juga dapat menyebabkan sumbatan pada beberapa mesin yang berpeluang menghadirkan masalah teknis. Peran filter udara menyaring kotoran dapat membantu menjaga kebersihan ruang pembakaran sehingga berbagai masalah teknisi akibat kondisi kotor pada ruang pembakaran dapat dihindari.

3. Menghindari Munculnya Kerak Pada Beberapa Komponen Mesin

Salah satu kondisi kerusakan teknisi adalah kerak yang menempel pada komponen mesin. Kerak sendiri merupakan tumpukan kotoran yang mengeras akibat dibiarkan tanpa adanya pembersihan. Membersihkan komponen tertentu tidak mudah karena harus membongkar mesin sehingga tidak akan dilakukan setiap hari. Untuk menjaga agar tidak terjadinya kerak dibeberapa komponen mesin maka filter udara harus berfungsi secara optimal. Dan beberapa komponen mesin yang dapat muncul kerak karena adanya kotoran diantaranya seperti piston, klep dan beberapa bagian lain dalam ruang pembakaran.

4. Menghindari Kondisi Motor Kurang Tenaga

Selain sebagai penyaring udara filter udara ini juga berfungsi sebagai antisipasin kondisi motor jika kurang tenaga. Ya, peran filter udara dalam menyaring kotoran juga bedampak pada kualitas atau kondisi tenaga yang dihasilkan oleh motor dapat selalu dalam keadaan optimal. Hal ini dikarenakan adanya kotoran pada sistem pembakaran sepeda motor dapat menyebabkan proses pembakaran tidak berlangsung secara optimal. Selin filter yang kotor ada beberapa peyebab lain yang dapat menjadikan motor kurang bertenaga, diantaranya setelan karburator yang tidak tepat sampai adanya masalah pada karburator, kondisi ecu yang rusak atau tidak bekerja hingga masalah pada CDI dan Aki pada motor.

5. Menghindari Karatan Pada Mesin Motor

Selain kotor filter udara juga dapat menahan air yang tercampur pada udara terutama pada musim hujan yang biasanya motor akan tetap digunakan meskipun dalam kondisi hujan deras maupun tidak. Adanya udara dan air yang terjebak didalam komponen mesin sepeda motor dapat memicu terjadinya proses karatan karena banyaknya komponen mesin sepeda motor yang terbuat dari bahan besi yang mudah sekali terkena karat jika terpapar terus oleh camapuran air dan hujan.

Cara Merawat Filter Udara Pada Motor

Cara Merawat Filter Udara

Cara Merawat Filter Udara

Agar peran dan fungsi filter udara ini bekerja lebih maksimal maka memerlukan perawatan yang ekstra demi menjaga fungsi dari komponen yang satu ini. Dengan membersihkan saringan filter udara pada motor anda, maka filter udara motor anda akan terbebas dari beberbagai jenis kotoran yang menumpuk pada saringan filter udaa, sehingga akan lebih optimal dalam bekerja dan juga terbebas dari hal-hal yang bisa membuat perfoma mesin motor anda semakin berkuran. Dan berikut adalah cara merawat filter udara pada motor.

  • Bersihkan kotoran yang ada pada filter motor secara berkala setidaknya sebulan sekali. Dan cara membersihkanya sesuai dengan jenis filter udara tersebut.
  • Bersihkan filter udara dengan cara menyemprotkan angin bertekanan tinggi kearah yang berlawanan dengan arah udara masuk
  • Untuk filter udara jenis spon atau busa dapat dibersihkan dengan cara dicuci, namun filter udara basah dan kering sebaiknya hindari proses pencucian dengan air karena dapat merusak filter.
  • Ganti filter jika kondisinya sudah tidak bisa digunakan lagi.

Beberapa cara membersihkan filterb udara diatas dapat kalian lakukan jika filter udara dirasa sudah kotor. Dan pembersihan sebaiknya dilakukan secara berkala agar filter udara tetap bersih dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Perawatan yang tidak benar dan salah, akan membuat perfoma mesin motor ini makin tidak stabil, karena banyak komponen-komponen motor yang terkena paparan udara kotor dan akhirnya akan cepat terkena karat.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membersihkan Radiator MotorCara Menghilangkan Karat Pada Velg Motor Dengan Cepat

Nah, guys itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam merawat filter udara agar tidak rusak dan selalu bekerja dengan optimal. Menjaga kebersihan filter udara pastinya akan membuat perfoma motor makin oke, pasalnya udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih bersih sehingga proses pembakaran pun akan bekerja secara optimal dan dapat mengasilkan tenaga yang besar. Demikian informasi mengenai Fungsi Filter Udara Pada Motor dan Mobil, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement