6 Faktor Penyebab Mobil Terbakar Tiba-Tiba

Advertisement

Penyebab Mobil Terbakar – Kasus mobil meledak dan terbakar sudah sering terjadi. Tak hanya di Indonesia, kasus tersebut juga sering terjadi di luar negeri. Bahkan menurut data yang kami ambil dari Asosiasi Perlindungan Api Nasional Amerika Serikat, NFPA, tercatat ada 174 ribu kasus kebakaran mobil pada tahun 2015. Total ada 445 orang meninggal dunia dan melukai 1.500 lainnya dikarenakan kasus kebakaran tersebut.

Kebakaran mobil tentu ada penyebabnya. Tentu kita harus tahu apa yang menyebabkan hal tersebut agar tidak terjadi pada diri kita saat mengendarai mobil. Yah, keamanan dan keselamatan dalam berkendara memang hal sangat penting. Kami yakin tidak ada orang yang ingin mengalami kasus serupa. Pasalnya insiden kebakaran mobil sangat berpotensi menyebabkan kematian dan kerugian material yang sangat besar.

Kasus kebakaran mobil bisa terjadi pada semua orang. Semua jenis mobil juga bisa mengalami hal serupa, baik mobil yang harganya murah ataupun mobil mewah yang harganya miliaran rupiah. Untuk mengantisipasi hal tersebut lebih baik sobat mengasuransikan mobil yang dimiliki, sehingga nantinya pihak asuransi akan mengganti kerugian yang kita alami. Selain itu, kita juga harus melakukan perawatan secara rutin agar terhindar dari kebakaran mobil.

Advertisement

Bahaya kebakaran mobil sama besarnya dengan bahaya tabrakan ataupun kesalahan teknis lainnya. Semua itu bisa kita atasi apabila tau apa penyebab mobil terbakar. Jangan sampai kita acuh tak acuh dan membeiarkan kejadian mengerikan tersebut terjadi. Oleh karena itulah silahkan simak apa saja penyebab mobil terbakar yang kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini .

Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Inilah Penyebab Mobil Terbakar

1. Kebocoran Bahan Bakar

Seperti yang kita ketahui bersama, rata-rata mobil masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM), baik itu bensin ataupun solar. Semua cairan tersebut memiliki sifat mudah terbakar, jadi apabila terjadi kebocoran pada ruang bakar mobil yang nantinya akan menimbulkan percikan api kecil maka bisa menyebabkan insiden kebakaran mobil. Untuk mengatasi hal tersebut, sobat harus melakukan pengecekan secara menyeluruh saat service rutin dan apabila tercium bau bensin di dalam mobil, sobat harus langsung mencari sumbernya dan segara perbaiki.

2. Kebocoran Oli

Kebocoran oli juga menjadi salah satu penyebab kebakaran mobil. Kasus yang paling sering adalah terjadinya kebocoran pada oli mesin, oli transmisi, dan oli power steering. Apabila kebocoran oli tersebut dibiarkan saja dan terkena percikan api dari ruang bakar mobil ataupun bagian lainnya maka secara tak secara otomatis bisa menyebabkan mobil terbakar. Untuk mengatasinya kita harus melakukan pengecekan rutin dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian oli maupun bahan bakar.

Advertisement

3. Konsleting Pada Kelistrikan Mobil

Faktor penyebab mobil terbakar lainnya adalanya kerusakan pada sistem kelistrikan atau bisa dikatakan sebagai konsleting. Biasanya hal ini terjadi karena kerusakan pada bagian aki mobil yang nantinya akan menciptakan timbunan gas hidrogen di ruang mesin. Apabila gas tersebut bocor lalu terdapat kerusakan pada kabel yang menimbulkan percikan api, maka bisa menyebabkan kebakaran pada mobil. Selain itu, kabel yang terkelupas dan terkena air ataupun tersentuh logam juga sangat beresiko menimbulkan konsleting yang nantinya bisa menyebabkan mobil terbakar.

4. Overheat Pada Mesin

Overheat sering kali terjadi karena radiator kekurangan air. Hal ini bisa menyebabkan mobil terbakar karena radiator akan menjadi sangat panas dan mempengaruhi bagian mesin lainnya sehingga terjadi overheat atau panas berlebih. Apabila hal ini dibiarkan saja, maka overhat akan menyebabkan suhu oli menjadi sangat tinggi sehingga oli bisa bocor dan menetes kebagian lainnya yang akan memantik api.

5. Kecelakaan atau Tabrakan

Benturan terlalu keras saat mengalami tabrakan bisa berakibat kebocoran pada bahan bakar dan oli. Efek yang ditimbulkan tabrakan juga bisa menimbulkan percikan api yang nantinya menyebabkan mobil terbakar dikarenakan percikan api tersebut bersentuhan dengan oli atau bensin yang bocor. Apabila mengalami hal tersebut kami sarankan untuk langsung meninggalkan mobil karena dikhawatirkan mobil terbakar sewaktu-waktu.

Advertisement

6. Modifikasi Yang Salah

Kami yakin banyak orang yang merasa tidak puas dengan mobil yang mereka miliki. Alhasil memodifikasi mobil menjadi pilihan terakhir. Apabila modifikasi yang dilakukan hanya sekedar menambah bodykit tentu bukan menjadi masalah. Namun jika modifikasi berhubungan dengan sistem kelistrikan, seperti menambahkan audio system atau mengganti headlamp, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Biasanya hal ini terjadi karena proses penyambungan kabel yang tidak sempurna sehingga terjadi konsleting yang otomatis menjadi salah satu penyebab mobil terbakar.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Bekas 80 Jutaan

Nah itulah enam penyebab mobil terbakar yang wajib sobat ketahui agar hal serupa tidak terjadi pada mobil yang masbro miliki. Tentu kita semua ingin berkendara secara aman dan nyaman tanpa perlu mengalami insiden yang tidak diinginkan. Namun apabila takdir berkata lain, maka kita hanya bisa bertawakal dan bersabar atas apa yang terjadi. Demikianlah berita otomotif kali ini, semoga bermanfaat bagi semua pengujung otomaniac.com. “Salam Otomotif”

Advertisement

loading...