8 Ciri Aki Mobil Rusak Yang Wajib Diketahui !

Ciri Aki Mobil Rusak – Fungsi aki yang paling utama adalah untuk menyimpan energi listrik. Energi tersebut kemudian disalurkan ke berbagai komponen kelistrikan mobil seperti starter, lampu, headunit, AC, klakson, dll. Selain itu, aki juga berfungsi untuk menyuplai energi ke sistem pengapian. Jadi apabila aki mobil mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan mobil tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya.

Mengingat fungsinya sangat penting, maka kita harus selalu menjaga kondisi aki mobil agar tehindar dari kerusakan, soak, ataupun ngedrop. Namun apabila terjadi kerusakan maka akan terlihat beberapa tanda yang wajib kita ketahui sehingga nantinya bisa memutuskan membeli aki baru ataupun memperbaikinya. Nah bagi sobat yang ingin mengetahui ciri aki mobil rusak, silahkan simak informasi yang kami rangkum dibawah ini.

Inilah Ciri-Ciri Aki Mobil Rusak

Ciri Aki Mobil Rusak

Ciri Aki Mobil Rusak

1. Mesin Tidak Bisa Dihidupkan

Cara paling jita untuk mengetahui kondisi aki mobil apalah dengan cara menghidupkan mesin. Apabila mesin tidak mampu menyal saat distarater, maka besar kemungkinan terjadi masalah pada aki. Mungkin hal ini terjadi karena air aki berada dibawah batas minimal, sehingga tidak bisa mengalirkan daya listrik ke starter. Sedangkan bagi pengguna aki kering biasanya dikarenakan guncangan yang merusak cell di dalam aki atau memang umur aki yang sudah terlalu lama.

2. Mengeluarkan Bau Menyengat Saat Mesin Dihidupkan

Ciri aki mobil rusak yang selanjutnya adalah mengeluarkan banyak menyengat saat mesin mobil dihidupkan. Bau tersebut berasal dari sel-sel komponen aki yang sudah rusak. Alhasil saat mesin mobil distarter, maka akan keluar bau menyengat dan menjadikan air aki mendidih. Hal tersebut sering terjadi pada pengguna aki basah, dan apabila sobat mengalaminya kami sarankan untuk memeli aki baru karena komponen-komponen aki sudah rusak dan sulit diperbaiki

3. Air Aki Menjadi Keruh

Aki basah sangat bergantung dari air aki. Kita harus selalu menjaganya jangan sampai kehabisan. Penggantian air aki juga untuk mencegah air berubah menjadi keruh yang biasanya disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menumpuk dalam jangka waktu lama. Apabila hal ini dibiarkan maka bisa menyebabkan kerusakan pada aki. Jadi kami sarankan untuk selalu mengganti air aki secara rutin agar kondisi aki mobil selalu terjaga.

4. Tegangan Aki Kurang

Salah satu ciri aki mobil rusak adalah tegangannya telralu kecil. Untuk mengetesnya bisa menggunakan load tester atau menggunakan cranking. Apabila tegangan aki berada dibawah 10 volt, maka kita harus segera menggantinya. Pasalnya daya 10 volt tidak akan kuat untuk menyalakan mobil. Sebelum membeli aki baru, sobat juga bisa mencoba melakukan pengisian aki mobil yang caranya bisa dilihat pada artikel berikut ini “Cara Menghitung Lama Cas Aki Mobil

5. Terjadi Korsleting Pada Aki

Aki yang sudah rusak bisa menyebabkan korsleting. Hal ini sangat berbahaya karena nantinya bisa menyebabkan kebakaran mobil. Biasanya hal ini terjadi karena umur aki yang sudah terlalu tua, sehingga menyebabkan beberapa komponen mengalami kerusakan. Ada baiknya sobat langsung membeli aki baru untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari pada nantinya menyesal.

6. Suara Klakson Lemah

Aki mobil yang sudah rusak atau soak tidak akan bisa mengalirkan daya secara sempurna ke beberapa bagian mobil yang terhubung ke sistem kelistrikan, dan salah satunya adalah klakson. Ciri aki mobil rusak adalah suara klakson yang lemah dan sering kali terdengar brebet. Untuk mengatasinya kita harus melakukan isi ulang atau membeli aki baru yang bisa meyalurkan energi listrik secara maksimal.

7. Lampu Menjadi Redup

Ciri aki mobil rusak yang terakhir adalah tidak bisa menyalakan lampu secara optimal. Bisanya nyala lampu akan redup atau kurang terang. Hal sangat membayakanan ketika berkendara di malam hari, karena sejatinya lampu sangat penting sebagai sumber pencahayaan dimalam hari. Masahal ini juga bisa terjadi karena kondisi lampu yang sudah terlalu tua dan perlu diganti dengan lampu baru yang kondisinya masih bagus.

8. Muncul Indikator Peringantan

Rata-rata mobil jaman sekarang sudah dilengkapi indikator mengenai kondisi aki. Apabila indikator selalu menyala itu artinya ada kerusakan pada bagian aki. Sobat bisa langsug datang ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan pada kondisi aki. Apabila hal tersebut terlanjur terjadi dan mobil tidak bisa dihidupkan, maka caranya adalah dengan melakukan jumper menggunakan aki mobil lain.

Baca Juga : Tips Berkendara Saat Hujan

Nah itulah beberapa ciri aki mobil rusak. Sebelum membeli aki mobil baru kita memang harus melihat apa saja menyebabkan aki rusak. Nah bagi yang belum tau apa saja penyebabnya, silahkan simak informasi berikut ini “Penyebab Aki Mobil Rusak“. Setelah sobat tahu apa penyebabnya dan tidak memungkinkan aki untuk diperbaiki, maka jalan satu-satunya adalah membeli aki baru.¬†Saat membeli aki baru juga tak boleh asal, karena harus disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan. “Salam Otomotif”

Leave a Reply