Cara Mengkilapkan Body Motor Paling Efektif dan Murah

Advertisement

Cara Mengkilapkan Body Motor – Jika melihat motor bersih tentunya akan terasa lebih nyaman ketimbang dalam kondisi kotor. Apalagi jika motor tersebut merupakan motor kesayangan, kebersihan merupakan satu hal yang paling utama serta wajib dan tak bisa di tinggalkan. Hanya saja seringkali sekalipun kita sudah merawatnya dengan baik, motor akan tetap terlihat lusuh, dikarenakan efek dari pemakaian yang secara terus menerus, di tambah lagi dengan cuaca ekstrim yang terjadi pada saat sekarang ini, tentu sangat berpengaruh terhadap cat pada body motor.

Dapat di bilang, cat bodi akan mudah rusak jika terus – terusan terpapar sinar matahari secara langsung, seperti halnya ketika di diamkan di parkiran. Belum lagi makin kesin makin sempitnya lahan parkiran, yang akan memaksa kita sebagai pemilik kendaraan bermotor harus mau memarkirkannya di tempat yang terbuka. Tapi meski demikian, tidak lantas kita menyerah untuk menjaga motor dalam kondisi bersih dan tetap mengkilap setiap waktu. Ada banyak cara mengkilapkan body motor, dan tentu caranya juga mudah.

Cara Mengkilapkan Body Motor Paling Efektif

Cara Mengkilapkan Body Motor Paling Efektif

Advertisement

Karena pada intinya, mengkilapnya body motor tergantung bagaimana kita merawat motor itu sendiri, dan yang pasti harus telaten, mungkin bagi orang berduit bisa melakukan perawatan body motor kapan saja tanpa harus memikirkan biayanya, tetapi bagi yang minim budget tidak lah demikian, namun tidak juga harus khawatir, pasalnya terdapat cara mengkilapkan body motor yang murah. Mau tau apa saja caranya ? langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Ampuh Mengkilapkan Body Motor

1. Rutin Cuci Motor

Mencuci motor menjadi satu kegiatan sekaligus sebuah keharusan jika kita menginginkan motor tetap bersih dan mengkilap setiap saat. Karena dalam rutinitas sehari – hari, tentunya motor akan mudah cepat kotor sekalipun tidak terkena air hujan, pasalnya yang kita hadapi adalah debu, bila mana dibiarkan, debu ini semakin hari akan semakin menebal, sehingga membuat motor terlihat kusam. Guna menjaga bodi motor tetap mengkilap, sobat tidak boleh malas untuk rutin mencuci motor, paling minim satu kali dalam seminggu.

2. Cuci Motor Ketika Terkena Air Hujan

Air hujan sendiri dapat di katakan cukup keras terhadap cat body motor, yang dapat menyebabkan cat motor cepat terlihat kusam jika motor tidak lekas di cuci setelah terkena air hujan. Karena pada dasarnya air hujan sendiri mengandung zat garam yang bersifat korosi, yang akan merusak dengan cepat lapisan cat. Namun perlu di catat, sebelum mencuci motor, perhatikan apakah body motor terdapat kotoran yang menempel seperti tanah atau tidak, jika iya sebaiknya bersihkanlah terlebih dahulu dengan menyiram atau menyemprotnya menggunakan air bertekanan tinggi, sehingga mampu merontokan kotoran yang ada, kemudian barulah cuci menggunakan sabun motor yang recomended.

3. Hindari Pemakaian Detergen

Bila ingin menjaga kondisi cat motor supaya seslalu terlihat mengkilap, sobat di harap hindarkan pemakaian detergen untuk mencuci motor, dikarenakan sabun cuci detergen memiliki bahan kimia yang sangat keras, yang bisa mengikis lapisan luar dari cat, jadi bila di gunakan justru akan merusak cat body motor itu sendiri, sehingga untuk baiknya gunakannlah shampo yang khusus dan memang di peruntukan guna mencuci motor. Dan Setelah di cuci, langkah selanjutnya tingga keringkan, bisa gunakan kain microfiber ataupun kanebo yang notabennya mempunyai tekstur lembut.

4. Bersihkan Kotoran Motor Secara Detail

Disarankan ketika mencuci motor, bersihkanlah hingga ke bagian paling kecil, bahkan sampai dengan bagian kolong maupun bagian mesin, kalau tidak bisa di jangkau dengan tangan, sobat dapat gunakan sikat gigi untuk bisa menjangkau bagian yang kotor, hal itu dikarenakan bila di diamkan pada setiap kali mencuci, kotoran tersebut akan semakin menumpuk, seperti oli yang menempel pada area rantai ataupun di area mesin. Tapi dengan catatan, sikat yang di pakai bukanlah sikat kawat, karena jika demikian malah akan memberikan efek buruk berupa motor nampak kusam, dan di sisi lain juga dapat merusak lapisan luar dari komponen yang kita bersihkan.

5. Hindari Terkena Minyak

Seandainya bila minyak yang menempel pada bagian bodi motor itu minyak sayur atau ketika tangan kita memegang bagian body setelah makan gorengan, tentu akan sangat mudah untuk di bersihkan, tapi lain halnya jika minyak tersebut adalah minyak rem / shock yang notabennya memiliki sifat panas, sehingga dapat merusak cat body motor, jalan satu – satunya bila sudah terjadi hal demikian, segeralah lap dengan kain yang sebelumnya telah di basahi menggunakan air.

6. Lap Menggunakan Air

Bagian body motor yang terkena debu atau kotoran lain tidak serta merta bisa di lap dengan asal kain, karena bila kain kering yang digunakan untuk mengelapnya, hal ini akan membuat baret halus pada body motor dan hasil ahirnya akan membuat bodi nampak terlihat kusam. Untuk itu sebelum melakukan pengelapan, cara mengkilapkan body motor yang satu ini bisa dengan membasahi lap menggunakan air sebelum nantinya di gunakan untuk mengelap bagian body.

7. Keringkan Body Motor Dari Air

Pada waktu sesi akhir pencucian, sobat harus pastikan bahwa air sudah benar – benar tidak ada lagi menempel pada bagian body, karena bila di diamkan akan menimbulkan efek jamur atau dengan kata lain membuat “Ngeflek putih”.

8. Poles Motor Dengan Wax

Nah ini dia setelah melakukan berbagai hal di atas, sesi paling akhir untuk mengkilapkan body motor
, yaitu dengan memoles body dengan menggunakan wax. Tetapi perlu di ingat, saat memoles body dengan wax, poleslah dengan tekanan yang lembut agar cat pada body tidak terkikis terlalu dalam, sehingga body akan mengkilap maksimal.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membuat Motor Drag Cara Pasang Kaca Film MobilĀ 

Cara diatas pastilah mudah untuk diterapkan di rumah dan tentunya cukup efektif menjaga agar bagian paling luar pada motor ini terlihat bersih dan mengkilap setiap saat. Tetapi seperti apa yang kami katakan di awal, cara yang kami sebutkan harus di kerjakan dengan penuh ketelitian dan ketlatenan agar bisa memberikan hasil yang optimal. Namun bila sobat termasuk orang yang berduit, ada satu cara mengkilapkan body motor tanpa harus membuat sobat capek, yakni dengan cara Coating, berminat ? “SALAM OTOMOTIF”

4.5/5 (2 Reviews)
Advertisement