Cara Mengatasi Karburator Banjir dan Penyebabnya

Advertisement

Cara Mengatasi Karburator Banjir – Salah satu masalah yang sering terjadi motor bersistem bahan bakar karburator adalah terjadi banjir atau bisa dikatakan sebagai rembesan bensin pada karburator. Apabila masalah tersebut dibiarkan saja, tentu akan menggangu performa sepeda motor. Oleh karena itulah sobat wajib mengetahui apa saja penyebabnya dan mengetahui cara memperbaiki karburator banjir.

Sebenarnya karburator banjir tidak akan menganggu kinerja mesin. Namun apabila bensin mengucur terus, maka bahan bakar akan terbuat sia-sia. Ada beberapa penyebab karburator banjir, seperti usia pakai karburator yang terlalu lama dan tidak dipernah diservice. Padahal karburator berperan sangat penting terhadap sistem pembakaran motor, jadi sobat harus selalu memperhatikannya agar performa motor selalu terjaga.

Penyebab Karburator Banjir

Penyebab Utama Karburator Banjir

Penyebab Utama Karburator Banjir

Apabila ada rembesan bensin diarea sambungan selang karburator dengan selang udara, maka bisa dipastikan terjadi kebocoran kaburator. Masalah tersebut bisa menyebabkan motor sulit dihidupkan dan akan keluar bau bensin dari knalpot. Mungkin sobat langsung panik apabila mengalami hal tersebut dikarenakan ketidaktahuan terhadap penyebab karborator banjir. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak dibawah ini.

Advertisement

Salah satu penyebab karburator banjir adalah masalah pada bagian sistem pelampung karburator yang biasanya dikarenakan pemasangan yang kurang pas setelah diservice. Fungsi sistem pelampung adalah untuk menampung bensin dari tangki dan menjaga agar tekanan bensin tetap 1 atm. Sedangkan cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan needle valve yang digerakan oleh sebuah pelampung.

Saat ruang pelamung kosong, maka menyebabkan needle valve membuka saluran bensin dari tangki yang kemudian membuat ruang pelampung terisi bensin. Sedangkan saat kondisi ruang pelampung penuh, maka pelampung akan naik dan menggerakan needle valve untuk menuntup aliran bensin, sehingga aliran bensin terhenti dan tekanan didalam ruang pelampung tidak berlebihan. Alhasil jika sistem pelampung mengalami kerusakan, maka bensin bisa terus mengalir terus dan menyebabkan kebocoran karburator.

Selain karena masalah sistem pelampung, penyebab karborator banjir lainnya adalah karena pemasangan buat pembuangan yang kurang kencang, sehingga bensin terus menetes. Cara mengatasi karburator banjir tersebut tentu sangat mudah, karena kita tinggal mengecangkan baut yang tadi sudah dikendorkan. Apabila dibiarkan saja, maka otomatis motor terasa lebih boros. Sayangnya banyak orang yang belum tau cara mendeteksi kebocoran karbu, sehingga sering kali hal tersebut dibiarkan saja

Tanda-Tanda Karburator Banjir

Cara Mendeteksi Karburator Banjir

Cara Mendeteksi Karburator Banjir

Kebocoran karbu memang harus segera diperbaiki. Tentu sobat tidak ingin terjadi masalah yang tidak dinginkan pada motor kesayangan. Terlebih kebocoran karbu sering kali tidak terlihat secara visual, sehingga kita tidak tahu apakah karburator motor banjir atau tidak. Nah untuk mengetahui apa saja tanda-tanda karburator mengalami kebocoran, silahkan sobat simak dibawah ini.

  1. Sering kali kaburator banjir menyebabkan mesin sudah dihidupkan dan ada brebet. Namun hal terseut tidak terjadi seterusnya, sehingga tidak mengurangi performa motor
  2. Saat motor dipanaskan sering kali mati sendiri
  3. Knalpot akan mengeluarkan bau bensin
  4. Konsumsi bahan bakar terasa lebih boros, karena bensin terbuang sia-sia
  5. Bensin menetes dari saluran ventilasi karburator
  6. Karburator yang banjir menyebabkan rembesan pada sambungan selang udara, sehingga sering kali bensin menetes keluar

Tanda-tanda karburator bajir di atas wajib sobat ketahui agar nantinya bisa mengambil keputusan untuk memperbaiki karburator ataupun menggantinya dengan yang baru. Cara mengatasi karburator banjir sebenarnya cukup mudah. Asalkan kaburator masih layak pakai, maka lebih baik masbro mengatasinya dengan beberapa tips cara mengatasu karborator bocor yang kami rangkum dibawah ini.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Nah setelah mengetahui apa saja tanda-tanda karburator bocor, sekarang mari kita membahas bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya cara mengatasi karburator banjir sangat mudah. Sobat bisa melakukan pembongkaran untuk mengetahui bagaimana mana yang mengalami kerusakan ataupun salah seting, kemudian tinggal mengecek bagian needlve valve ataupun sistem pelampung agar bisa bekerja seperti semula.

Selain itu, cara mengatasi karburator bocorbisa dengan cara melepaskan mangkuk karbu yang terletak dibagian bawah karburator. Fungsi komponen tersebut adalah untuk menampung bensin dari tangki bahan bakar. Setelah terlepas, sobat tinggal mengecek apakah pelampung masih layak pakai atau tidak. Jika kondisinya masih bagus, maka kita tinggal melakukan penyetaln sampai nantinya tidak lagi mengalami kebocoran.

Cara menyetel pelampung karburator juga cukup mudah. Sobat cukup menekan pelampung ke arah bawah, namun harus hati-hati saat melakukannya. Pasalnya apabila terlalu berlebihan akan menyebabkan kebengkokan pada lengan needle valve. Owh yah, sobat jangan lupa mengecek kondisi needle valve, apakah permukaannya rata atau tidak. Apabil tidak rata, maka bisa menyebabkan kebocoran.

Baca Juga Informasi Lainnya
Motor Retro Kawasaki Cara Melepas Stiker Motor

Sebenernya kita bisa mencengah kebocoran karburator. Caranya adalah dengan menggunakan bahan bakar berkualitas dan jangan lupa menutup kran bensin apabila motor tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Walaupun cara mengatasi karburator banjir cukup mudah, namun ada baiknya kita selalu menjaganya agar kondisi motor tetap terjaga dan nyaman digunakan. Sekian informasi otomaniac.com kali ini, semoga artikel cara mengatasi karburator banjir di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi. “Salam Otomotif”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement