10 Cara Mengatasi Busi Cepat Hitam Dan Basah Yang Benar

Advertisement

Cara Mengatasi Busi Cepat Hitam – Busi menjadi komponen paling penting di bagian kelistrikan baik motor maupun mobil. Dimana peranan busi sampai dengan saat ini belum bisa tergantikan.

Para pengguna motor pastinya akan merasa kesal jika busi pada motor miliknya cepat menghitam. Jika busi menghitam, maka akan menimbulkan masalah pada proses pembakaran pada mesin yang menyebabkan mesin sering mogok atau masalah lainnya.

Untuk itu, disini akan dibahas tentang cara-cara untuk mengatasi busi yang cepat hitam agar motor kembali normal saat digunakan. Namun, sebelum mebahas tentang cara-cara tersebut sebaiknya ketahui dahulu apa yang menyebabkan busi motor menjadi cepat hitam.

Advertisement

Perlu untuk diketahui bahwa kondisi atau warna pada ujung busi merupakan indikator dari proses pembakaran pada mesin. Oleh karena itu, terjadinya perubahan warna pada busi akan sangat berpengaruh pada bahan bakar yang dikeluarkan.
Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan busi cepat hitam.

  • Campuran bensin yang terlalu boros akan menyebabkan busi berwarna hitam pekat dan berkerak.
  • Busi yang berwarna merah bata dan kering berarti busi tersebut normal dan pengapian berlangsung sempurna.
  • Jika campuran bensin terlalu irit, maka warna busi akan berwarna putih abu dan berkerak.

Yang dimaksud campuran bensin disini adalah komposisi bensin yang masuk ke intake manifold, jika komposisinya lebih banyak maka bisa dikatakan boros sehingga menyebabkan busi pada motor menjadi cepat hitam. Idealnya, campuran bensin ini hanya 1/14 dari udara yang masuk kedalam intake manifold.

Bensin yang boros juga bisa disebabkan karena kondisi komponen seperti, Filter udara yang kotor, Setelan angin karbu terlalu rapat, Choke tertutup dan Pilot jet terlalu besar. Nah, setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan busi menjadi cepat hitam, sekarang bisa lanjut ke cara-cara untuk mengatasinya.

Cara-Cara Untuk Mengatasi Busi yang Cepat Hitam

Sebelum melakukan cara untuk mengatasi busi yang cepat hitam sebaiknya bersihkan terlebih dahulu busi yang hitam tersebut menggunakan sikat atau amplas jika kondisi busi yang hitam tersebut baru diganti. Namun apabila busi tersebut sudah lama digunakan, sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

Agar busi yang baru dibersihkan tidak tidak cepat hitam, maka bisa ikuti langkah-langkah dari OTOMANIAC berikut ini yang ada dibawah ini.

1. Bersihkan Filter Udara Motor Terlebih Dahulu

Cara Mengatasi Busi Cepat HitamCara yang pertama untuk mengatasi busi yang cepat hitam adalah dengan membersihkan filter udara motor terlebih dahulu. Umumnya, motor menggunakan filter udara jenis basah sehingga untuk membersihkannya sedikit sulit.
Berikut langkah-langkah untuk membuka filter udara motor.

  1. Langkah yang pertama dilakukan adalah dengan membuka box filter yang tersembunyi, biasanya box filter yang tersembunyi terdapat pada motor bebek dan motor matic.
  2. Selanjutnya, ambil filter udara dari dalam box filter.
  3. Jika sudah, kemudian bisa di cek kondisi dari filter udara motor tersebut.

Rongga pada filter basah memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan filter kering sehingga jika tidak sering dibersihkan, debu yang tersaring akan menggumpal pada permukaan filter yang meyebabkan laju udara menjadi terhambat. Jika laju udara terhambat, maka vakum yang dibuat oleh piston akan menyedot lebih banyak bensin dari pilot jet yang menyebabkan campuran menjadi boros.

Jika terjadi demikian, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan permukaan filter dengan sikat gigi bekas atau kompresor udara. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, bersihkan filter dengan cara diketuk ke lantai secara perlahan, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan debu yang berada di sela-sela filter.
  2. Kemudian sikat filter tersebut secara menyeluruh.
  3. Setelah itu, bersihkan menggunakan kompresor udara hingga dipastikan debu yang menempel pada filter tersebut hilang.
  4. Jangan gunaka air saat membersihkannya karena sistem filter basah ini menggunakan cairan seperti oli untuk mengikat kotoran.
  5. Jika menggunakan air, maka performa pada filter tersebut akan menjadi menurun.
  6. Setelah filter selesai dibersihkan, maka pasang kembali filter tersebut ke dalam box filter lalu kencangkan sekrup box filter secukupnya.

2. Atur Sekrup Udara Pada Karburator

Cara Memperbaiki Busi HitamCara selanjutnya adalah dengan mengatur sekrup udara pada karburator untuk mengatasi busi yang cepat hitam pada motor. Pada karburator terdapat dua sekrup yang bisa diatur yaitu, sekrup suplai udara dan sekrup idle speed.
Berikut penjelasannya.

  1. Pertama, siapkan obeng (-) dengan ujung obeng yang tidak terlalu kecil.
  2. Selanjutnya hidupkan motor dengan kecepatan idle.
  3. Setelah itu, putar sekrup idle speed searah jarum jam hingga RPM mesin sedikit meningkat.
  4. Kemudian putar sekrup udara ke kanan hingga suara brebet pada motor hilang, jika mesin akan mati atau suara mesin tersebut terdengar brebet.
  5. Jika sekrup udara sudah mentok dan mesin sudah kembali normal, maka putar sekrup idle speed ke arah kiri hingga RPM mesin sedikit brebet dan jangan sampai mati.
  6. Kemudian buka sekrup udara dengan memutar ke kiri hingga RPM mesin tidak brebet.
  7. Ketika memutar sekrup udara ke arah kiri, secara perlahan RPM mesin akan meningkat dan hentikan putaran jika tidak ada penambahan RPM lagi.
  8. Jika sudah, maka pengaturan udara sudah pas dan sekarang tinggal mengatur sekrup idle untuk menurunkan RPM mesin sesuai dengan yang diinginkan.
  9. Setelah itu, putar sekrup idle speed ke arah kiri hingga mesin berputar pada 900 sampai 1.100 RPM.
  10. Jika sudah dilakukan, maka busi tidak akan cepat hitam dengan menggunakan cara ini.

3. Melakukan Overhoule Karburator

Cara Mengatasi Busi Cepat Hitam & BasahJika sudah melakukan cara diatas, namun masih belum bisa mengatasi karburator yang cepat hitam, maka bisa lakukan cara yang satu ini. Pada karburator terdapat satu komponen yang yang disebut dengan nama pilot jet.

Komponen yang satu ini sangat berpengaruh untuk mengalirkan bensin dari ruang pelampung ke intake saat idle RPM hingga RPM menengah. Para teknisi biasanya memodifikasi ukuran pilot jet untuk meningkatkan performa mesin, jika pilot jet diganti dengan diameter yang lebih besar, maka suplai bensin akan semakin banyak dan perfrma mesin menjadi lebih meningkat.

Sayangnya, cara ini memiliki resiko terhadap busi jika busi yang dipakai tidak mendukung. Busi yang cepat hitam biasanya kerena pengapian yang kurang sempurna dan jika ingin menggunakan setelan ini sebaiknya menggunakan busi racing agar busi tidak cepat hitam.

Baca Juga
Alasan Komponen Motor Cepat Rusak Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok
Harga Helm Murah Dibawah 200RB Cat Motor Terbaik Harga Murah

Jadi, jika ingin mengembalikan kinerja karburator kembali semula, maka ganti ukuran pilot jet sesuai dengan ukuran aslinya. Selain pilot jet, Jarum Skep juga perlu dicek siapa tahu jarum skep tersebut sudah aus sehingga harus diganti dengan jarum skep yang baru agar kinerja karburator menjadi lebih maksimal sehingga busi tidak cepat hitam. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi busi yang cepat hitam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement