7 Cara Menaikan Kompresi Mesin Motor Agar Tenaga Bertambah

Advertisement

Cara Menaikan Kompresi Mesin Motor – Apakah anda menginginkan perfoma motor anda menjadi lebih tangguh dan handal jika dipacu dengan kecepatan tinggi? Nah bagi kalian yang suka dengan drag pastinya kalian sudah tau mengenai cara menaikan kompresi mesin motor agar tenaga motor anda bertambah bukan? Apalagi jika anda seorang montir motor yang ahli dalam bidang merombak mesin motor. Dan sebelum kita membahas lebih lanjut kita cari tau lebih dulu apa itu kompresi mesin?

Nah, kompresi pada ruang bakar biasanya sering diubah guna meningkatkan rasio kompresi pada mesin motor untuk meningkatkan tenaga khusunya pada motor yang dipakai untuk keperluaan balap. Untuk meningkatkan rasio kompresi memang terbilang gampang-gampang susah, yakni mulai dari membubut kepala silinder, memperbesar saluran masuk, menggunakan piston dome serta memperbesar ukuran klep dari yang standarnya.

Sebenarnya kompresi yang lebih tinggi akan menaikan suhu mesin serta dapat menyebabkan knocking yang akan membuat umur mesin menjadi lebih pendek. Akan tetapi hal tersebut harus diabaikan jika motor yang anda miliki digunakan untuk keperluan balap. Namun jika motor anda digunakan untuk keseharian kami sarankan sebaiknya rasio kompresi tidak usah terlalu tinggi agar mesin motor anda tetap awet dan tahan lama.

Advertisement

Dan jika semakin tinggi nilai rasio kompresi mesin akan berdampak pada tingginya tekanan pada proses pembakaran, yang akan membuat ledakan tenaga mesin menjadi lebih tinggi. Hal ini harus diikutri dengan bahan bakar yang tepat, sebab kompresi mesin yang tinggi jika memakai bahan bakar sekelas premium resiko terjadinya knocking menjadi lebih tinggi. Dan bagi anda yang akan menambah tenaga mesin motor, berikut adalah Cara Menaikan Kompresi Motor.

Cara Menaikan Kompresi Mesin Motor

Cara Menaikan Kompresi Mesin Motor

Cara Menaikan Kompresi Mesin Motor

1. Papas Silinder Head atau Blok Mesin

Langkah pertama dalam cara meanikan kompresi mesin motor anda adalah anda harus mengurangi volume ruang bakar dengan cara memapas blok mesin dan boring bagian atas atau silinder headnya. Dengan melakukan pemapasan ini anda akan mendapatkan volume ruang bakar yang jauh lebih rapat sehingga rasio kompresi menjadi naik. Hal tersebut mampu menambah tenaga mesin motor anda menjadi lebih tinggi.

2. Menggunakan Dome Piston

Langkah kedua dalam cara menaikan kompresi mesin motor adalah dengan cara mengganti piston standart dengan piston aftremarket type dome atau kubah. Piston dome ini memiliki bentuk kubah atau tonjolan bagian permukaan atasnya, sehingga kubah atau tonjolan yang ada pada ujung piston ini membuat volume ruang bakar menjadi lebih rapat dan rasio kompresi akan naik.

3. Memperbanyak Aliran Udara Kedalam Ruang Bakar

Selanjutnya dalam cara menaikan kompresi mesin motor adalah dengan cara meningkatkan alira udara lebih banyak kedalam ruang bakar. Hal ini dapat anda lakukan dengann cara memperbesar saluran isap serta mengganti ukuran klep dengan yang lebih besar. Untuk meningkatkan kompresi bisa juga menggunakan perangkat turbo, akan tetapi hal ini memerlukan biaya yang tidaklah sedikit.

4. Menghilangkan Ring Pada Kepala Busi

Nah untuk cara meningkatkan kompresi mesin motor yang selanjutnya ialah dengan cara menghilangkan ring pada kepala busi, hal ini akan meningkatkan tekanan pada ruang bakar walaupun hanya sedikit. Jika ring pada kepala busi dilepas maka busi akan lebih masuk kedalam namun bisa mengakibatkan kebocoran karena ring penahan dibuang. Dan solusinya ialah anda bisa membawanya ke tukang bubut dan papas sedikit dudukan ring busi.

5. Ganti Paking/Gasket Slinder Blok

Dan langkah yang terakhir dalam cara meningkatkan kompresi mesin adalah dengan cara menganti paking atau gasket silinder blok ataupun boring dengan yang lebih tipis. Hal ini juga mampu meningkatkan rasio kompresi mesin pada ruang bakar didalam motor anda. Dengan cara ini tentu sudah pasti tenaga pada motor anda akan bertambah besar dan mampu digunakan untuk keperluan balap motor.

Nah guys itulah beberapa cara menaikan kompresi mesin motor agar tenaga mesin motor anda bertambah. Dengan melakukan hal ini kalian akan mendapatkan perfoma mesin yang lebih tangguh dan handal, apalagi jika hal ini diperlukana untuk keperluan balap. Namun sayang dengan menaikan kompresi mesin pada motor anda, akan membuat umur pada mesinĀ  motor anda akan jauh lebih pendek, karena dengan menaikan kompresi pada mesin motor anda akan berdapak pada tingginya tekanan pada proses pembakaran.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Kerja Radiator MotorCara kerja power steering

Hal ini sangat tinggi kemungkinan terjadinya knocking yang akan membuat mesin motor anda menjadi cepat rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Jadi jika anda akan menaikan kompresi mesin motor anda sebaiknya jangan terlalu tinggi agar mesin motor anda tidak cepat terjadi knocking. Dan demikian informasi mengenai Cara Menaikan Kompresi Mesin Motor Agar Tenaga Bertamabah, semoga bermanfaat bagi anda. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement