Cara Memperbaiki Bodi Mobil Yang Penyok : Cepat dan Paling Mudah

Advertisement

Cara Memperbaiki Bodi Mobil Yang Penyok – Mengendarai sebuah mobil memang harus berhati-hati, pasalnya jika tidak kita bisa mengalami insiden yang tidak mungkin kita inginkan. Seperti menambrak ataupun yang lainya yang membuat bodi mobil bisa penyok. Beberapa bagian mobil yang mungkin sering penyok adalah bemper depan maupun belakang, hal ini mungkin sangat sering kali terjadi karena posisi mobil yang besar memungkinkan kita tidak bisa melihat bagian-bagian tertentu.

Akibatnya bemper menjadi baret hingga penyok. Nah, untuk mengatasi bosi mobil yang penyok mungkin kita perlu data ke bengkel ketok magic untuk memperbaikinya. Akan tetapi siapa sangka kalian juga bisa mengatasinya sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan dana yang besar untuk memeperbaiki body mobil yang penyok tersebut. Nah, penasaran dengan hal tersebut? mari kita simak ulasan mengenai Cara Memperbaiki Bodi Mobil Yang Penyok.

Cara Memperbaiki Bodi Mobil Yang Penyok

Cara Memperbaiki Bodi Mobil Yang Penyok

Advertisement

Banyak hal yang menjadi penyebab mobil kita menjadi penyok salah satunya adalah karena terbentur sesuatu, kurang hati-hati saat parkir, tertimpa benda dari atas dan masih banyal lagi yang lainya. Seprti yang kita kathui bodi merupakan tampilan dari sebuah mobil yang akan memperlihatkan kesan keindahan dan ke eleganan mobil yang kita pakai. Nah, dengan kondisi mobil yang rusak pasti akan membuat mobil kita menjadi tidak menarik saat dipandang.

Untuk mengatasi bagian bodi mobil yang penyok memang sangatlah mudah, pasalnya kalian hanya perlu membawa mobil kalian kebengel khusus bodi mobil untuk segera diperbaikinya. Akan tetapi memperbaiki bodi mobil yang penyok tentu saja harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Belum lagi kalian harus mengantri berjam-jam untuk mendapatkan mobil kalian mulus kembali seperti awal. Tapi jangan kawatir karena kalian juga bisa mengatai hal ini di rumah tanpa harus body repair, dan berikut cara memperbaiki bodi mobil yang penyok cepat dan paling mudah.

1. Menggunakan Hair Dryer  dan Cairan Karbondioksida

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dirumah ialah dengan memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer dengan bantuan cairan karbondioksida sebagai salah satu cara memperbaiki boi mobil yang penyok dirumah. Untuk mendapatkan cairan karbondioksida kalian dapat membelinya ditoko-toko kimia terdekat yang ada di tempat anda. Nah, berikut adalah langkah-langkah mengatasi bodi mobil yang penyok.

  • Siapkan terlebih dahulu pengering rambut dan cairan karbondioksida.
  • Nyalakan hair dryer dan arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok.
  • Lakukan hal tersebut hingga dirasa sudah panas. Memanaskan area tersebut akan berbeda dari setiap kondisi parah atau tidaknya bodi mobil yang penyok. Dan untuk bagian bodi yang penyoknya besar bisanya membutuhkan waktu setidaknya 3-5 menit.
  • Selanjutnya, semprotkan cairan karbondioksida pada bagian yang dipanaskan.
  • Kemudian tekan bagian bodi yang penyok untuk bisa kembali ke posisi yang semula.

Cara ini memanfaatkan perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin, dimana penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastida dalam waktu yang singkat. Seperti yang anda ketahui, hair dryer mampu meningkatkan suhu secara drastis dan cairan korbondioksida mampu menurunkan suhu panas secara cepat. Dengan perubahan suhu yang drastis ini dapat mengembalikan bodi mobil yang penyok menjadi rata kebentuk asalnya.

Selain menggunakan bahan-bahan kimia kalian bisa memperbaiki bodi mobil yang penyok menggunakan hair dryer tetapi dengan cara yang lebih tradisional. Akan tetapi cara ini baiknya dilakukan oleh dua orang agar lebih mudah dikerjakan. Caranya pun sangat mudah, cukup arahkan pengering rambut tersebut kebagian bodi yang penyok, setelah dirasa cukup panas kalian perlu melakukan dorongan pada bagian yang penyok agar bodi mobil bisa kembali keposisi semula.

2. Menggunakan Air Panas

Cara yang kedua dalam mengatasi bodi mobil yang penyok adalag dengan menggunakan air panas. Cara ini sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan cara yang pertama, yang membedakan hanyalah kita tidak perlu menggunakan hair dryer untuk mengatasi mobil yang penyok ini. Nah, langkah-langkah yang perlu kalian lakukan dalam konsep kali ini ialah sebagai berikuit.

  • Siapkan terlebih dahulu air panas yang akan digunakan untuk memanasi bodi mobil yang penyok.
  • Siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut kebagian bodi yang penyok.
  • Gunakan kain untuk menekan bagian bodi mobil yang penyok dan tekan-tekan hingga posisi bodi mobil kembali kebetuk semula.
  • Perlu anda perhatikan jangan terlalu keras dalam menekan bagian bodi yang penyok, agar bodi mobil tidak pencah.
  • Ulangi langkah-langkah diatas hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan air panas memang sudah terkenal sejak dulu dan sudah sangat umum digunakan oleh bengkel-bengkel ketok magic. Hal ini pun dapat kalian  lakukan walaupun bagian bemper belakang mobil kalian memiliki sensor parkir belakang. Namun perlru diingat cara ini hanya bisa dilakukan untuk bodi mobil yang berbahan plastik seperti bemper.

3. Menggunakan Es Batu

Selain menggunakan metode yang dipanaskan, kalian juga bisa mencoba menggnakan es bati sebagai cara memperbaiki bodi mobil yang penyok. Caranya pun sangat mudah, namun sebelumnya kalian perlu memperhatikan langkah-langkah dibawah ini agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut informasinya :

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  • Kemudian kalian hanya perlu menempelkan es batu pada bagian bodi mobil yang penyokdan biarkan selama kurang lebih 2 menit.
  • Tunggu hingga butiran-butiran berbentuk salju yang keluar dan mengintasi bagian bod mobil yang penyok tersebut.
  • Setelah itu lepaskan es batu tersebutdan gunakan hair dryer hingga bagian bodi yang penyok pada mobil kalian menghilang.
  • Cara ini dapat kalian gunakan bila kondisi mobil kalian tidak terlalu rusak parah.

4. Menggunakan Pops A Dent

Memperbaiki bagian bodi mobil yang penyok memang hal yang sangat mudah dilakukan, namun sering kali cara yang dilakukan malah justru merusak bagian mobil tersebut. Bahkan bisa-bisa membuat warna cat menjadi pudar. Kali ini kalian bisa memperaikinya dengan cara yang berbeda yakni dengan menggunakan produk khusus dengan nama Pops A dent. Produk ini berbentuk seperti jembatan yang berfungsi untuk mendistribusikan tekanan yang merata pada seluruh jembatan untuk menghindari resiko tambahan kerusakan pada bodi mobil kalian. Dan berikut cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan Pops A Dent.

  • Plihlah ped lem yang sesuai dengan ukuran bagian yang penyok.
  • Panaskan glue stick setidaknya 5 menit saja.
  • Biarka lem mengering setidaknya 3-5 menit, pastikan lem benar-benar lengket, jangan biarkan lem tertempel pada kendaraan anda selama 8 menit. Dan bila hasilnya belum maksimal lakukan hal ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Agar Motor Irit BBM Cara Membuat Mobil Irit BBM

Nah itulah beberapa cara memperbaiki bodi mobil yang penyok tanpa harus ke bengkel ketok megic. Dengan menggunakan cara-cara diatas mungkin kalian akan lebih hemat biaya dan dapat dilakukan dirumah. Selian itu, perlu di ingat jika cara ini hanya berlaku untuk bagian mobil yang berbahan plastik seperti bemper depan dan belakang. Untuk hasil yang lebih sempurna dan lebih baik kami sarankan untuk memperbaikiny di bengkel khusus bodi mobil saja. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement