Cara Membersihkan Radiator Motor Dengan Cepat dan Mudah

Cara Membersihkan Radiator Motor – Teknologi yang terus berkembang memberikan efek terhadap berbagai sektor, termasuk pada dunia otomotif, yang makin berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Saat ini radiator terpasang pada sebuah kendaraan, terutama pada motor, bukan lagi menjadi satu hal yang mengherankan, karena hampir semua motor yang ada pada saat sekarang ini sudah menggunakannya. Selain bermanfaat guna meningkatkan performa, adanya radiator juga akan memastikan proses pendinginan pada sebuah mesin berjalan lebih maksimal.

Alhasil dengan pendinginan yang sempurna, mesin dapat bekerja secara optimal sekalipun sobat sudah menempuh perjalanan yang jauh dengan sebuah motor. Karena fungsinya tersebut, radiator menjadi satu bagian yang tak bisa kita pandang sebelah mata atau abaikan, karena bagian ini merupakan satu objek vital pada motor. Pasalnya motor yang sudah memiliki radiator, pendinginan mesin sangatlah bergantung pada bagian tersebut, sehingga jika terdapat kerusakan pada radiator dapat membuat sebuah efek kerusakan yang begitu fatal.

Makan kita sebagai sebagai pengguna sebaiknya tidak boleh demikian, tetapi lebih ke merawatnya. Adapun cara agar radiator tetap bisa berjalan sebagaimana fungsinya, salah satunya dengan sobat secara rutin melakukan pengecekan air radiator, baik itu yang terdapat pada bagian tabung air / botol coolant eksternal maupun yang terdapat pada radiator itu sendiri, karena hal ini pertama jelas sangat mudah dilakukan plus simple, disamping itu bagian tabung coolant biasanya di tempatkan pada bagian yang mudah untuk dijangkau oleh kita sebagai pengguna motor.

Cara Membersihkan Radiator Motor

Cara Membersihkan Radiator Motor

Kemudian jika cairan pendingin sudah terlihat keruh, atau sudah lama berada pada motor sobat, sebaiknya di ganti dengan yang baru, agar proses pendinginan lebih baik layaknya seperti pedinginan diwaktu awal kita memiliki sebuah kendaraan motor. Soal caranya sangat amat mudah, sobat juga bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus ke bengkel ataupun dealer resmi sewaktu membersihkannya. Lebih lengkapnya soal Cara Membersihkan Radiator Motor, dapat sobat otomotif ketahui pada ulasan dibawah ini.

Cara Membersihkan Radiator Motor Dengan Cepat dan Mudah

Cara Membersihkan Radiator Motor

1. Matikan Mesin Motor

Pertama kali yang harus sobat lakukan adalah mematikan mesin kendaraan motor yang sobat miliki. Cara membersihkan radiator motor awal ini wajib di taati, karena agar nantinya sewaktu akan membersihkan lini vital ini, tangan sobat tidak terluka akibat menyenggol pada bagian ini.

2. Kuras Radiator dan Tabung Coolant

Lalu cara membersihkan radiator motor selanjutnya, setelah benar – benar dingin, sekarang sobat otomotif tinggal kuras semua air atau coolant yang terdapat pada radiator dengan membuat lubang pembuangan yang terdapat pada bagian bawah radiator berupa baut. Pastikan tidak ada lagi yang tersisa didalam kedua bagian tersebut itu tadi.

3. Tutup Kembali Pembuangan Air / Coolant Radiator

Kemudian sobat otomotif tutup kembali lubang pembuangan coolant yang tadinya sudah di buka menggunakan baut bawaan, ingat jangan yang lain agar tidak ada kerusakan pada radiator.

4. Isi Radiator Dengan Coolant Baru

Tentu ketika radiator dipastikan sudah benar – benar bersih, dan sudah di tutup kembali, sekarang tinggal isi kembali radiator dan tabung eksternal dengan coolant baru.

5. Cek Pengisian Coolant

Pengisian air atau cairan coolant ke dua bagian yang kami sebut diatas tadi harus benar – benar sesuai dengan takaran, karena bila terlalu banyak juga tidak bagus untuk prosesnya nanti.

6. Hidupkan Mesin Guna Melihat Pasang Surut Air Pada Radiator

Pada waktu pengisian harap perhatikan batas – batasnya, yang biasa terlihat pada bagian sisi samping tabung eksternal. Setelah mesin di hidupkan, tinggal di lihat pasang surutnya pada kedua bagian, jika terlihat sekali penyusutannya, langsung sobat tambahkan coolant ke dua bagian.

7. Tutup Kembali Radiator

Jika semua langkah dari awal sampe ahir sudah di lakukan, kini giliran sobat kembali menutup dan mengeceknya kembali, apakah semua tutup baik itu pada bagian tempat coolant eksternal ataupun radiator sudah tertutup benar apa belum, agar nantinya semua dapat berfungsi dengan benar.

Melihat semua tata cara atau langkah demi langkah cara membersihkan radiator motor dengan benar di atas, mudah bukan ? tidak ada yang sulit, karena semua bagian radiator terlihat dari luar sehingga mudah untuk mengaksesnya tanpa bantuan pihak ketiga, yang sobat butuhkan hanyalah ketelatenan dan keberanian, karena tidak ada yang tidak bisa jika sudah terlihat oleh mata kita. Lalu perlu kami gars bawaih, penggantian atau pengisian coolant sebaiknya di lakukan secara berkala, yang intinya jangan sampai terlalu keruh atau bahkan sampai batas minimal.

Baca Juga Informasi Lainnya
Penyebab Pedal Kopling BergetarCara Menghilangkan Karat Pada Velg Motor Dengan Cepat

Karena kalau kedua hal tersebut terjadi, nantinya bakal memberikan pengaruh negatif terhadap performa motor, pasalnya radiator memiliki fungsi yang vital guna mendinginkan mesin, jadi bila kehabisan otomatis akan membuat mesin lebih cepat panas, malah parahnya lagi dapat terjadi overheat, yang dapat membuat mesin mati secara tiba – tiba. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan Cara Membersihkan Radiator Motor diatas bermanfaat bagi sobat. “SALAM OTOMOTIF”