Cara Membersihkan Karat Dalam Tangki Motor Dengan Benar

Advertisement

Cara membersihkan karat dalam tangki motor 2019 – Tangki motor merupakan salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang memiliki peranan yang sangat penting. Ya, tangki motor memang berfungsi untuk menampung bahan bakar bensin pada sepeda motor yang kita miliki. Untuk kapasitas tangki motor juga bervariasi sesuai dengan ukuran besar kecilnya suatu tangki. Namun apakah kalian pernah mengalami motor yang tiba-tiba mati dan ketika ingin dinyalakan kembali tetapi sangat susah?

Hal semacam ini memang tidak mengenakan dan bahkan akan membuat hati jengkel, terlebih dalam kondisi yang terburu-buru. Dalam hal ini ada beberapa penyebab mesin motor mati secara tiba-tiba. Selain kondisi mesin yang memang menjadi penyebab utama, faktor pendukung lainya salah satunya adalah tangki bensin yang kotor dan sampai berkerak atau berkarat yang dapat mengakibatkan penyumbatan aliran bensin yang ingin dialirkan ke mesin motor.

Bagi sebagian orang apalagi yang masih awam, pastinya akan bingung memikirkan bagaimana cara untuk membersihkan tangki motor dari kotoran, kerak dan karat tersebut. Karena jika anda tidak paham maka hasilnya akan sia-sia bahkan pembersihan tangki motor anda akan menjadi tidak maksimal. Dan bagi anda yang masih bingung lebih baik pekerjaan ini kalian serahkan pada yang ahlinya agar tangki motor anda bisa bersih dari setiap kotoran yang ada.

Advertisement

Selain itu cara membersihkan karat dalam tangki motor memang di rasa gampang-gampang susah, karena kita harus telita dalam melakukanya agar kotoran dan karat bisa bersih dan tidak menyumbat aliran bensin kedalam mesin motor anda. Selain itu jika bagian dalam tangki motor anda bersih perfoma motor pun akan menjadi lebih maksimal. Lantas bagaimanakah cara membersihkan karat dalam tangki motor anda dengan benar.

Cara Membersihkan Karat Dalam Tangki Motor

Cara Membersihkan Kerak Dalam Tangki Motor

Cara Membersihkan Kerak Dalam Tangki Motor

Biasanya kotoran dalam tangki motor tidak akan terlihat sebelum dilepas, karena pasti akan dalam keadaan gelap. Dan kalaupun anda paksakan dibersihkan dalam kondisi tidak dibongkar hasilnya pun tidak akan maksimal dan pasti akan mengalami proses yang sulit. Namun apabila anda sudah memahami teknik pembongkaran dan pembersihanya mungkin anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 sampai 40 menit untuk membersihkanya.

Nah, dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan tips dan cara membersihkan karat dalam tangki motor dengan benar. Hal ini pasti akan memberikan kemudahan pada kalian yang ingin mencoba membersihkan tangki motor anda sendiri dirumah. Dan jika anda sudah memahami langakah-langkah cara membersihkan karat dalam tangki motor kalian pun tak perlu lagi membawa motor anda kebengkel. Dan berikut informasinya.

1. Persiapkan alat yang digunakan

Cara membersihkan karat dalam tangki motor yang pertama ialah melakukan persiapan alat yang akan digunakan. Siapkan terlebih dahulu wadah yang fungsinya untuk menampung sisa bensin yang ada didalam tangki motor anda. Selain itu sediakan juga selang yang warnanya transparan agar bisa dilihat dengan mata, sehingga anda bisa mengecek apakah bensin tersebut sudah keluar.

2. Proses penghubungan selang

Untuk langkah yang kedua, masukan ujung selang kedalam tangki motor anda dan cara mengeluarkan bensin tersebut dari tangki, cukup tiup ujung selang tersebut dan pastikan anda sudah menaruh wadah untuk menampung bensin agar tidak kebuang atau bercecer. Lakukan hal ini sampai benar-benar bensin didalam tangki motor anda habis dengan cara menggerak-gerakan selang sembari anda pegangi.

3. Proses pembongkaran tangki motor

Cara membersihkan karat dalam tangki motor yang selanjutnya adalah proses pembongkaran tangki motor. Setelah bensin benar-benar habis maka langkah selanjutnya adalah membongkar tangki motor anda dari body motor. Dalam hal ini sebaiknya anda melakukanya secara berlahan-lahan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Karena jika tidak dilepas terlebih dahulu pasti kita akan sulit untuk membersihkanya. Sementara itu pastikan baud-baud yang anda lepas dari body motor, ketika melepas tangki tersebut anda tempatkan pada posisi yang aman agar baud tidak tercecer apalagi hilang.

4. Proses pembersihan tangki motor

Untuk proses selanjutnya cucilah tangki motor anda menggunakan bensin. Caranya sederhana, kalian cukup mengocok-ngocok tangki bensin anda berulang-ulang, sembari dipegang erat agar tidak jatuh. Lakukan terus-menerus hingga anda merasa bagian tangki tersebut sudah rontok kotoran beserta kerak atau karat yang ada di dalamnya. Untuk langkah ini sebaiknya gunakan bensin yang bersih, karena akan sangat berpengaruh pada kebersihan tangki motor anda nantinya. Selain itu, jika menggunakan bensin yang bersih, proses pembersihanpun akan lebih cepat dibandingkan dengan bensin yang bekas. Karena bensin yang bekas sudah tercemar oleh partikel-partikel kotoran lainya, jadi sudah tidak berfungsi secara maksimal lagi. Dan secara otomatis proses pembersihanpun akan berlangsung cukup lama.

5. Pengaplikasian cairan Hcl

Nah guys, jika langkah ke empat tidak berhasil maksimal, ada baiknya anda mengulangi mencuci tangki motor anda dengan menggunakan cairan Hcl. Caranya anda cukup memasukan ciaran Hcl kedalam tangki motor anda, cairan Hcl ini merupakan sejenis cairan yang dapat meluruhkan kerak atau karat pada pada tangki motor anda. Selanjutnya diamkan selama 4-5 jam kemudian cek hasilnya.

6. Proses pengamplasan

Apabila langkah kelima sudah dilakukan, namun masih tetap menemukan kerak atau karat pada tangki motor anda, sebaiknya anda menggunakan amplas yang tidak terlalu keras. Gosokan amplas tersebut secara perlahan dengan posisi satu arah, misalnya daru arah kiri ke kanan atau sebaliknya atau dari bawah ke atas ataupun sebaliknya.

7. Proses pencucian

Setelah itu cucilah kembali tangki motor anda menggunakan bensin yang bersih. Jika diperlukan anda juga bisa menggunakan air detergen untuk mencucinya, tergantung atau sesuai dengan kebutuhan anda.

8. Proses pengeringan

Langkah selanjutnya adalah pengeringan. Setelah anda cuci bersih tangki motor anda dan sudah dirasa bersih maka lakukan pengeringan pada tangki motor anda dengan cara jemur tangki motor anda pada terik matahari dari 20 samapi 30 menit lamanya agar tangki motor benar-benar dalam kondisi kering.

9. Proses pengelapan

Setelah kering maka lakukanlah pengelapan pada tangki motor anda agar menjadi lebih bersih. Lakukan pengelapan dengan menggunakan kanebo atau menggunakan lap spons agar serpihan-serpihan bekas kertas amplas tersebut tersapu bersih oleh spons yang digunakan.

10. Proses pemasangan tangki

Dan langkah selanjutnya adalah pemasangan tangki motor. Pemasangan kembali tangki motor yang sudah kering tersebut kedalam body motor anda, dan pasanglah sesuai standart. Apabila anda kurang pahan anda bisa melihat petunjuk di buku manual yang anda dapatkan sewaktu membeli motor tersebut. Pastikan baud yang anda copot dipasang kembali kebody motor anda dengan posisi yang sama seperti awalnya.

11. Finishing

Cara yang terakhir dalam membersihkan karat dalam tangki motor adalah dengan merapikan barang. Jika proses pembersihan karat atau kerak selesai, anda hanya tinggal merapikan barang-barang yang anda gunakan untuk proses pembersihan tangki motor anda.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Knalpot Pada MotorBiaya Pajak Mazda 2

Nah guys, demikian cara membersihkan karat dalam tangki motor anda dengan benar. Membersihkah karat dalam tangki motor memang gampang-gampang susah, karena kita harus mengetahui teknik-tekniknya agar kita bisa lebih maksimal dalam membersihkan tangki motor tersebut. Sebaiknya lakukan pembersihan tangki motor anda secara berkala agar tangki motor anda tetap awet dan tahan lama. Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement