Cara Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Benar 2019

Advertisement

Cara membersihkan filter udara motor – Filter udara merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan yang harus dibersihkan setiap waktu agar mampu mendorong perfoma mesin kendaraan tersebut. Namun untuk saat ini kami akan sedikit mengulas sedikit informasi mengenai bagaimana cara membersihkan filter udara motor dengan benar, sehingga hasil pembersihan filter udara ini bisa lebih maksimal.

Filter udara pada kendaraan roda dua merupakan komponen dalam mesin pacu yang harus dijaga dan dirawat dengan baik mengingat perananya yang sangat penting dalam menunjang perfoma dari mesin itu sendiri. Maka dari itu kita harus mengetahui dengan benar cara membersihkan filter udara motor dengan baik dan benar. Dan langkah tersebut harus benar-benar dipahami oleh pemiliki kendaraan agar bisa membersihkanya sendiri dirumah. Nah berikut Cara Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Benar.

Cara Membersihkan Fiter Udara Motor

Cara Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Benar

Cara Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Benar

1. Jenis Filter Udara Motor

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara membersih filter udara motor ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis filter udara motor agar kita bisa membersihkan filter udara tersebut dengan cara yang tepat dan juga benar. Sebenarnya ada tiga jenis filter udara motor yakni filter udara motor Konvensional, Kering dan Basah, ketiga jenis filter udara ini memiliki fungsi yang sama, sehingga kalian harus benar-benar memperhatikan kebersihan dari filter udara tersebut.

Advertisement

1. Filter Udara Motor Konvensional

Jenis filter udara yang satu ini merupakan penyaring yang umumnya terbuat dari bahan busa atau spoon. Namun, untuk jenis filter udara konvensional sendiri biasanya disematkan pada kendaraan roda dua yang diproduksi sebelum tahun 2005. Cara membersihkan filter udara motor jenis ini memang cukup intensif, karena jika filter udara ini sudah tidak berfungsi yaitu bisa dilihat dari permukaan spoon yang sudah mulai rusak atau tidak rata pada lubang. Selain itu jika kondisi busa atau spoon filter ini sudah kotor dan tidak bisa dibersihkan lagi, maka sobat harus segera mengganti filter udara motor tersebut dengan yang baru.

2. Filter Udara Motor Kering

Jenis filter udara motor yang juga biasa digunakan yakni jenis filter udara kering atau biasa disebut filter dry element. Cara merawat filter udara motor yang satu ini memang cukup mudah karena dibuat sedikit lebih tebal dari tipe busa sehingga tidak mudah rusak. Namun, meski tidak gampang rusak, penggantian filter type ini harus tetap wajib dilakukan ketika menandakan beberapa ciri, antara lain bentuk filter kering ini sudah terlihat bolong dan tidak bisa dibersihkan lagi. Bahkan, jika kondisi pada sirip filter kertas ini sudah tampak bengkok maka tak perlu menunggu waktu lama untuk mengganti filter udara tersebut.

3. Filter Udara Motor Basah

Dan yang ketiga adalah filter udara motor yang biasa digunakan yakni filter udara Basah atau wet element. Bahan yang digunakan untuk membuat filter udara jenis ini memang sangat mirip sekali dengan tipe filter udara kering, yakni sama-sama menggunakan material dari kertas, hanya saja cara membersihkan filter udara motor jenis ini membutuhkan tretment khusus, karena filter type basah ini mengandung pelumas khusus yang fungsinya menangkap kotoran atau debu dan melindungi ruang bakar mesin secara lebih maksimal. Pada umumnya, jenis filter udara basah ini sering ditemukan pasa motor matik buatan tahun 2004. Dan disisi lain filter udara jenis ini tidak boleh dicuci atau dibersihkan dengan kuas ataupun sikat karena sikhawatirkan jika dicuci dengan air atau pompa angin dengan tekanan tinggi justru akan menghilangkan pelumas yang ada pada permukaan filter udara motor tipe ini.

Nah guys beberapa jenis filter udara motor yang telah disebutkan diatas merupakan jenis-jenis filter udara yang biasa dipakai oleh motor-motor saat ini. Selain itu sobat juga bisa mengetaui jenis-jenis filter udara motor sehingga kalian dapat membersihkannya dengan cara yang tepat dan juga benar. Sebab, membersihkan filter udara yang benar juga akan sangat berpengaruh pada perfoma motor, sehingga motor tidak akan ngadat ditengah jalan.

2. Cara Membersihkan Filter Udara Motor

Untuk membersihkan filter udara motor memang membutuhkan cara  dan langkah yang tepat agar hasil pembersihan filter bisa berhasil dengan maksimal dan filter udara bisa digunakan kembali sesuai fungsinya. Dan berikut adalah cara membersihkan filter udara motor dengan benar sesuai dengan type dan jenis filter udata motor tersebut.

1. Cara Membersihkan Filter Udara Motor Jenis Spoon

Untuk membersihkan filter udara jenis spoon, sobat memang harus membersihkanya secara berkala setiap satu bulan sekali. Untuk merawat filter udara jenis spoon ini pun juga dikenal cukup mudah dimana kalian bisa hanya dengan menyemprotnya menggunakan angin bertekanan yang tinggi atau kompresor. Bahkan, cara membersihkan filter udara motor jenis spoon (konvensional) ini bisa juga dengan cara dicuci menggunakan bensin atau direndam dalam air yang dicampur dengan sabun lalu di kucek-kucek secara perlahan sampai kotoran hilang. Jika sudah, keringkan dengan cara diperas namun jangan dipelintir agar spoon tidak mudah rusak. Akan lebih bagus, ketika sudah kering sobat bisa melumasi atau melumirinya dengan sedikit oil secara merata supaya kotoran atau debu mudah ditangkap dan disaring menggunakan filter udara ini. Selain itu perlu diketahui juga bahwa cara membersihkan filter udara jenis spoon /busa (konvensional) yang benar sangat disarankan untuk menggantinya dengan yang baru jika sudah melebihi jarak 16.000 Km.

2. Cara Membersihkan Filter Udara Motor Jenis Kering

Berbeda dengan cara membersihan filter udara jenis spoon atau busa, untuk membersihkan filter udara jenis kering ini memang terbilang cukup mudah dan praktis. Untuk type filter udara motor kering ini tidak cepat rusak dan lebih awet sehingga harganya pun relatif lebih mahal. Akan tetapi pembersihan dan penggantian filter motor inipun harus dilakukan secara berkala dan rutin dan kami sarankan untuk filter ini wajib diganti dengan yang baru setiap menginjak kelipatan jarak 8.000 Km Р9.000 Km. Namun menarikna untuk perawatan filter udara jenis ini lebih mudah dan lebih ringkas. Dan cara membersihan filter udara motor jenis kering ini kalian harus menyemprotnya dnegan angin yang bertekanan tinggi atau kompresor dan diarahkan pada sela-sela filter. Perlu diingat  juga bahwa untuk membersihkanya, semprot bagian fiter dari arah yang berlawanan dengan arah udara masuk. Dan jangan bersihkan filter udara ini dengan cara dicuci dengan bensin atau di rendam dengan air sabun karena akan membuat filter udara ini akan mudah rusak karena filter udara jenis kering ini terbuat dari bahan kertas.

3. Cara Membersihkan Filter Udara Motor Jenis Basah

Seperti yang sudah kita ketahui jika type filter udara ini merupakan jenis filter udara terbaru dengan bahan pembuatanya yang mirip dengan filter udara kering, yakni sama-sama dari kertas. Meskipun sama namun cara perawatanya berbeda, pasalnya untuk filter udara jenis basah ini mengandung lapisan pelumas khusus yang nantinya akan memaksimalkan filter dalam menangkap kotoran. Akan tetapi, untuk merawat fiter udara jenis basah ini tidak boleh disemprot menggunakan kompressor dan dilarang untuk dicuci. Bahkan, tidak boleh juga dibersihkan dengan sikat maupun kuas. Sebab jika disemprot, dicuci, disikat dan di kuas justru akan menghilangkan pelumas yang melapisi fiter udara ini. Lantas cara membersihan fiterl udara motor ini bagaimana? Untuk membersihkan filter udara motor ini kalian hanya perlu memukul-mukul ringan atau dilap secara tipis dan perlahan. Namun, apabilas filter udara sudah dalam kondisi kotor dan banyak debu yang menempel dan sudah untuk dibuang maka kalian harus segera menggantinya dengan yang baru.

Setelah mengetahui ketiga cara membersihkan filter udara motor diatas, pastinya sobat bisa mempraktekanya sendiri dirumahkan? Selain mudah kalian juga bisa memahami cara-cara diatas sehingga kalian bisa membersihkan fiter udara motor dengan baik dan benar. Dan kami sarankan lebih baik bersihkan filter udara motor anda secara rutin dan tidak usah menunggu batas jarak tempuh motor anda. Lebih baik periksa kondisi filter udara motor anda setiap minggu dan bersihkanlah jika sudah kotor.

Baca Juga Informasi Lainnya
Penyebab Mesin Motor OverheatCara membersihkan karburator

Bagaimana guys tidak sulitkan dalam membersihan filter udara motor? dan dengan sedikit penjelasan diatas kalian juga pastinys sudah memahai bagaimana cara membersihkan filter udara motor anda dengan baik dan benar kan? Lalu jika motor anda dirasa sudah cukup lama belum service maka kami sarankan untuk segera service dan bersihkan filter udara motor anda agar tetap awet. Demikian informasi mengenai Cara Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Benar, semoga bermanfaat bagi anda semua. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement