Cara Membersihkan Busi Motor Sendiri Dengan Benar

Advertisement

Cara Membersihkan Busi Motor – Busi atau Spark Plug merupakan salah satu komponen sistem pengapian pada sepeda motor. Komponen tersebut memiliki fungsi untuk memercika api dengan cara mengubah tegangan yang disalurkan koil. Kemudian percikan api terseut akan membakar campuran bahan bakar dan udara diruang mesin yang telah dikompersi, sehingga nantinya bisa menghidupkan mesin atau distarter.

Fungsi busi memang sangat penting. Oleh karena itulah kita harus selalu merawatnya agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Namun sering kali kinerja busi tergangu karena adanya kotoran hasil sisa pembakaran yang menjadikan bagian atas busi atau kepala busi menghitam. Hal tersebut akan menyebabkan elektroda busi sulit mengalirkan arus listrik yang otomatis membuat kendaraan sulit dihidupkan.

Sebenarnya masalah busi tak hanya berasal dari kotoran, namun juga umur pakai busi. Sama seperti komponen lainnya, busi memiliki masa pakai. Apabila sudah waktunya diganti, maka kita harus segera menggantinya. Namun sering kali masa pakai busi lebih singkat dikarenakan kotoran pada kepala busi. Untuk mencegah hal itu, sobat harus membersihkan busi secara teratur, minimal setiap 4.000 km.

Advertisement

Tentu sobat tak ingin motor tiba-tiba mogok atau tidak bisa dihidupkan. Bagi orang awam, pasti akan sangat merepotkan dan harus datang ke bengkel untuk memperbaikinya. Sejatinya kita tak perlu ke bengkel, karena bisa membersihkan busi sendiri dengan alat-alat sederhana. Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara membersihkan busi motor ataupun mobil, silahkan simak informasi otomaniac.com berikut ini.

Cara Membersihkan Busi Motor Sendiri

Cara Membersihkan Busi MotorSebenarnya cara membersihkan busi motor sangatlah mudah. Sobat bisa melakukannya dirumah tanpa perlu datang ke bengkel yang otomatis hanya akan menambah biaya perawatan sepeda motor. Nah untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan busi motor dengan baik dan benar, silahkan simak dibawah ini.

  1. Yang harus dilakukan pertama kali adalah melepas busi dari mesin motor. Sebelum melepasnya, pastikan mesin sudah dingin. Nah apabila sudah dingin, sobat harus terlebih dahulu melepas kabel busi. Lalu tinggal melepas busi dari mesin menggunakan kunci busi yang biasanya sudah disediakan pada tool-kit bawaan motor.
  2. Setelah busi terlepas dari mesin, cara membersihkan busi selanjutnya adalah dengan cara menyiramkan kepala busi dengan bensin. Hal ini perlu dilakukan agar karbon sisa pembakaran mudah dibersihkan.
  3. Bensin yang disiramkan jangan terlalu banyak dan jangan sampai merendam busi ke dalam bensin. Pasalnya hal tersebut bisa membuat elektroda busi terkikis, sehingga bisa membuat busi cepat rusak.
  4. Kemudian bersihkan busi yang sudah disiram bensin dengan sikat gigi. Cara membersihkan busi dengan sikat gigi memang lebih lama dibandingkan menggunakan ampelas ataupun sikat kawat. Namun pemakaian sikat gigi bisa mencegah kepala busi terkikis atau tergerus yang nantinya berimbas terhadap kinerja busi menjadi kurang maksimal
  5. Setelah semua kotoran hilang, maka langkah selanjutnya tinggal mengeringkan busi dan membersihkan sisa-sisa kotoran. Kami sarankan untuk memakai kompresor bertekanan tinggi agar semua kotoran bisa hilang sepenuhnya. Pastikan pula tidak ada uang air yang tersisa pada lubang busi, karena bisa menyebabkan korsleting.
  6. Nah langkah yang terakhir tinggal memasang kembali busi ke mesin. Proses pemasangan busi juga harus hati-hati. Pastikan posisinya sudah pas agar nantinya bisa menghasilkan percikan api secara maksimal.
  7. Kemudian kita tinggal mencoba menghidupkan mesin. Apabila kepala busi sudah bersih dan posisi busi terpasang dengan benar, pasti motor bisa langsung dihidupkan. Namun apabila motor tetap tidak bisa dihidupkan, maka kemungkinan busi sudah mengalami kerusakan.

Busi yang rusak harus segera diganti. Sobat bisa mengganti busi yang rusak dengan busi berjenis Iridium, Platinum, atau Racing. Kami sendiri lebih menyarankan memilih busi original yang sudah sesuai dengan spesifikasi motor. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi “Daftar Harga Busi Motor” yang kami sampaikan pada artikel otomaniac.com sebelumnya.

Pemilihan busi yang tepat tentu akan mengoptimalkan sistem pengapian sepeda motor. Sobat juga harus hati-hati saat membelinya. Pasalnya ada banyak sekali busi palsu yang beredar dipasaran. Agar terhindar dari itu, kami sarankan untuk membeli busi motor di bengkel resmi ataupun penjual yang reputasinya sudah terpercaya. Selain itu, sobat jangan tergiuar harga murah yang berbeda jauh dengan harga pasaran, karena kemungkinan besar merupakan busi palsu.

Baca Juga Informasi Lainnya
Perbedaan Jenis BBMFungsi Filter OliĀ 
Fungsi Windshield Pada Sepada MotorFungsi Timing Belt

Nah demikianlah informasi otomaniac.com mengenai cara membersihkan busi motor. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi referensi dan informasi bagi sobat yang sedang belajar mengenai perawatan sepeda motor. Jangan lupa simak pula informasi otomaniac.com mengenai Cara Membersihkan Radiator Motor yang sama pentingnya dengan membersihkan busi. Radiator sendiri berperang penting untuk menjaga kestabilan suhu mesin, jadi harus selalu dijaga dan dirawat agar performa motor tetap optimal.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement