4 Cara Memasang Lampu LED Pada Motor Dengan Benar 2019

Advertisement

Cara Memasang Lampu LED – Lampu LED menjadi trand masa kini dalam dunia otomotif. Kali ini lampu LED banyak di gunakan oleh motor keluaran terbaru yang menjadikan tampilan motor ini makin keren saat berjalan dimalam hari. Umumnya lampu LED memancarkan cahaya warna yang putih sehingga menjadikan penerangan dimalam hari menjadi lebih terang. Selain itu lampu LED juga lebih hemat listrik serta lebih awet tahan lama dibandingkan dengan lampu biasa.

Nah, apakah lampu motor anda bisa diganti dengan lampu LED ? tentu saja bisa, namun kalian harus memperhatikan ampere aki pada motor agar nyala lampu LED bisa menjadi lebih sempurna. Ada beberapa jenis lampu LED yakni lampu LED 3 sisi, 4 sisi dan 6 sisi,  cara memasang lampu LED ini juga pada prisipnya hampir sama untuk semua motor dan cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Lampu LED memang memiliki pesona tersendiri dan banyak diaplikasikan pada motor-motor keluaran terbaru saat ini.

Dan bagi anda yang memiliki keluaran motor dibawah tahun 2015 jangan kawatir karena anda bisa mengganti lampu motor anda tersebut dengan lampu jenis LED, tentu saja dengan langkah serta cara yang benar agar tidak terjadi kerusakan pada motor maupun lampu yang akan dipasang. LED atau Light Emiting Diode merupakan salah satu type lampu yang banyak diaplikasikan pada kendaraan bermotor mapupun mobil keluaran terbaru sat ini.

Advertisement

Lampu LED juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bohlam biasa, lampu LED memiliki keunggulan-keunggulah seperti konsumi energi yang kecil, tahan lama, tidak menimbulkan panas yang berlebih dan memiliki nyala lampu yang lebih keren. Untuk motor, lampu LED yang banyak dicari adalah lampu LED type 3 sisi dan 6 sisi. Dan untuk 4 sisi meskipin ada namun tak banyak pilihan untuk type lampu LED jenis ini.

Lampu LED 6 sisi banyak dicari dan dipilih untuk digunakan pada reflektor dengan satu lampu, sedangkan untuk lampu LED 3 sisi digunakan untuk reflektor dengan 2 lampu. Dengan hal seperti ini gaya motor anda akan menjadi lebih keren dan nyala lampu pun akan lebih terang saat berjalan dimalam hari. Nah bagaimana guys, tertarik untuk mengganti lampu motor anda dengan lampu LED? berikut Cara Memasang Lampu LED Pada Motor Dengan Benar.

Cara Memasang Lampu LED Pada Motor

Cara Memasang Lampu LED Pada Motor

Cara Memasang Lampu LED Pada Motor

Sebelum kita lanjut pada cara memasang lampu LED pada motor anda, kita ulas dahulu macam-macam lampu LED. Ada tiga jenis lampu LED yang sering digunakan pada motor yakni lampu LED 3 sisi, 4 sisi dan 6 sisi, selain itu kegita jenis lampu LED ini juga tersedia beberap merek yang setiap merek memiliki kualitas dan keunggulan yang sama. Sementara itu lampu LED juga bisanya terdiri dari 4 komponen utama yakni lampu LED dengan kipasnya, berbagai type socet + per (biasanya H6, H4 dan HS1), tiga buah kabel (kabel negatif, lampu dekat dan lampu jauh), dan driver atau modul yang berfungsi sebagai perubahan arus AC menjadi DC atau adaptor.

Dan hal yang paling penting saat memasang lampu LED adalah kalian harus memperhatikan kelistrikan pada motor, agar listrik pada motor anda tidak tekor dan aki serta lampu LED tersebut tidak cepat rusak. Namun untuk motor yang kelistrikanya sudah full DC bisa langsung pasang, tapi untuk motor yang masih menggunakan arus AC jika ingin memasang lampu LED ada 4 cara yang bisa anda lakukan, berikut cara memasang lampu LED pada motor dengan jenis arus AC.

1. Pasang Socket/fitting

Untuk cara memasang lampu LED pada motor yang pertama adalah pilih socket atau fitting yang sesuai dengan motor. Untuk type H6 biasanya digunakan untuk motor-motor jenis bebek dan matic. Sementar itu motor untuk type H4 digunakan untuk motor sport. Pemasangan fitting sebenarnya cukup mudah, karena pada bagian atas lampu LED terdapat lubang jalur pletakan mur. Anda tingkat kaitkan fitting tersebut dengan baud kemudian kunci dengan mur, fitting juga dapat disetel maju dan mudur menyesuaikan pemasangan pada motor agar cahaya tidak terlalu keatas maupun lampu tidak mentok ke spedometer.

2. Pemasangan Pada Reflektor

Selanjutnya pada pemasangan lampu LED pada motor adalah letakan per ditempat lampu, kemudian lampu LED bisa dipasang seperti pemasangan bohlam biasa pada reflektor yakni ditekan lalu diputar.

3. Perkabelan

Nah cara memasang lampu LED berikutnya ialah perkabelan yang sedikit cukup rumit. Pada kabel bawaan motor fitting lampu utaman harus dipotong atau minimal harus dicoak. kemudian sambung masing-masing kabel dengan kabel lampu LED yakni kabel warna hijau untuk arus negatif (masa lampu), kabel warna biru untuk lampu jauh dan kabel warna puih untuk lampu dekat. Dan jangan lupa pada masing-masing sambungan harus di tutup dengan isolasi atau lebih aman dengan menggunakan slang bakar.

4. Pengaturan

Cara memasang lampu LED yang terakhir adalah pengaturan lampu LED agar tidak mentok. Jika lampu LED mentok di spedometer saat pemasangan maka posisi fitting perlu dimundurkan dengan cara mengulang langkah nomor 1. Jika cahaya lampu terlalu keatas atau menyilaukan, maka pemasangan lampu LED di reflektor perlu dimundurkan dengan cara memanjukan fitting semaksimal mungkin. Jika masih silau lampu utama pada motor dapat disetel ulang dengan cara mengendorkan baud setelan yang biasanya terdapat dibawah batok lampu, kemudian turunkan sampai maksimal menghadap kebawah.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Fuel Pump Penyebab Aki Mobil Tekor

Nah sobat otomotif, itulah beberapa Cara Memasang Lampu LED Pada Motor. Dengan langkah dan cara-cara yang benar dapat dipastikan lampu LED yang kalian pasang pada motor anda akan bekerja lebih maksimal dan lebih smpurna. Selain itu peratikah juga kelistrikan pada motor anda, dengan cara mengecek aki pada motor ada supaya listrik yang dihasilkan motor anda lebih maksimal dan lampu LED anda akaa bisa menyala dengan terang dan lebih sempurna. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda ” SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement