10 Cara Kerja Mobil Mesin Diesel Terbaru 2019 : Kelebihan & Kekurangannya

Advertisement

Cara Kerja Mesin Diesel 2019 – Di dunia otomotif terdapat dua macam jenis mesin yakni mesin Bensin yang menggunakan bahan bakar berupa bensin ataupun premium, serta mesin Diesel yang bahan bakarnya menggunakan solar. Saat ini mesin Diesel memang banyak digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk, namun ada pula beberap jenis kendaraan pribadi yang memnggunan mesin diesel sebagai tenaga mesinnya.

Tak perlu di ragukan lagi perfoma dari mesin dengan bahan bakar solar ini, selain tangguh dan handal disetiap kondisi medan mesin diesel pun terbilang sangat hemat bahan bakar. Sedangkan untuk kapasitas volume mesin pun rata-rata diatas 2000 cc sehingga tak heran jika mesin diesel banyak digunakan untuk kendaraan-kendaraan comercial. Nah bagaimanakah Cara Kerja Mobil Mesin Diesel ini? dan apa yang dimaksud dengan mesin diesel? berikut informasi lengkapnya.

Cara Kerja Mobil Mesin Diesel Terbaru 2019

Cara Kerja Mobil Mesin Diesel

Cara Kerja Mobil Mesin Diesel

Pengertian dan cara kerja mobil mesin diesel

Apa itu mesin diesel? mesin diesel merupakan motor pembakaran atau internal combustion engine yang menggunakan tekanan sebagai pemicu ledakan bahan bakar solar. Motor diesel sering disebut juga dengan motor pelayanan kompresi karena ledakan bahan bakar solar dipicu oleh suhu akibat tekanan kompresi udara dalam ruang mesin. Hal ini tentu sangat berbeda dengan motor bensin, pada mesin diesel tidak menggunakan busi sebagai pemicu ledakan atau pelayanan bahan bakar.

Advertisement

Hal inilah yang menjadi pembeda utama dari sebuah mesin diesel dengan mesin bensin pada umumnya. Pada mesin diesel udaradi masukan oleh torak kedalam ruang bakar berupa udara. Lalu udara tersebut di kompresikan hingga mencapai suhu dan tekanan tertentu. pada saat bersamaan dengan gerakan torak menuju titik mati atas (TMA), dan bahan bakar solar di injeksi ke dalam ruang bakar bertekanan tersebut.

Kondisi ini kemudian memicu ledakan partikel solar yang menyala dan menghasilkan tenaga ledakan. Suhu udara dalam ruang bakar harus mencapai suhu yang cukup tinggi berkisar 600 derajat Celcius agar mampu memicu ledakan. Komponen yang turut membantu terjadinya proses ledakan pembakaran didalam ruang bakar antara lain injektor dan pompa injeksi. Dan prosess terjadinya ledakan akibat proses tersebut disebut dengan Self Ignition.

Proses kerja mesin diesel

Nah cara kerja mobil mesin diesel memang berbeda dengan mesin berbahan bakar bensin. Dan terdapat 4 langkah yang harus dilalui pada saat mesin diesel bekerja dan berikut adalah langkah-langkah dalam cara kerja mobil mesin diesel.

  • Langkah isap yakni langkah saat udara masuk ke dalam ruang bakar melalui katup. Kondisi tersebut terjadi karena torak atau piston bergerak dari arah TMA ke TMB. Dan kondisi katup buang tertutup saat ini.
  • Langkah kompresi yakni proses memampatkan udara oleh torak saat bergerak dari TMB ke TMA. Kondisi katup udara isap dan buang dalam keadaan tertutup. Hal ini mengakibatkan tekanan dan suhu naik.
  • Langkah kerja yakni dimana terjadi pembakaran pada tahap ini, sehingga torak bergerak mendorong dan bekerja menggerakan mesin. Kondisi ini terus akan terjadi saat torak bergerak dari TMA menuju ke TMB.
  • Langkah buang yaitu dinama hasil pembakaran akan dibuang melalui katup buang pada tahap ini. Kondisi torak akan bergerak dari TMA menuju ke TMB. Sedangkan kondisi katup isap tertutup.

Kelebihan mesin diesel

Selain memiliki cara kerja yang cukup kompotitif dalam menjalankan sebuah mesin mobil, mesin diesel ini juga memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh mesin bensin. Hal inilah yang membuat para konsumen kendaraan khususnya mobil sangat tertarik untuk menggunakan mobil dengan bahan bakar solar. Dan berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin.

  • penggantian komponen busi tidak perlu dilperlukan karena tidak menggunakan busi, sehingga bisa menghemat biaya pemeliharaan pergantian komponen consumable.
  • Harga bahan bakar lebih murah.
  • Lebih efiseien karena sistem kerja yang tidak menggunakan spark, sehingga seluruh bahan bakar terbakar.
  • Mesin lebih awet.

Kekurangan mesin diesel

Meskipun mesin diesel ini memiliki banyak keunggulan namun mesin diesel ini juga tidak memiliki kekurangan. Ya, meski tangguh dan handal didalam setiap kondisi medan mesin diesel juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan oleh para pengguna mobil berbahan bakar solar ini. Dan berikut adalah kekurangn mobil dengan mesin diesel antara lain.

  • Start awal saat memicu hidupnya mesin lebih berat, sehingga memerlukan akki yang lebih besar.
  • Suara mesin lebih besar.
  • Bekerja pada tekanan tinggi, sehingga memiliki getaran yang lebih besar pada mesin.
  • Harga mesin umumnya lebih mahal karena memerlukan kontruksi ruang bakar yang extra tebal untuk menahan tekanan besar.
  • Lebih besar resiko terjadi kerusakan jika mengalami kehabisan bahan bakar.

Mobil dengan mesin berbahan bakar solar memang lebih sering digunakan pada mobil-mobil angkutan penumpang, angkutan barang maupun pada mesin generator pembangkit tenaga listrik kecil hingga besar. Ya, selain memiliki perfoma yang cukup handal mobil dengan mesin diesel juga terbilang lebih hemat bahan bakar, hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang memiliki usaha angkutan barang atau yang lainya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Melacak Plat Kendaraan BermotorCara kerja mesin injeksi 2019

Nah itulah cara kerja mobil mesin diesel dan pengertian mesin diesel menurut cara kerjanya, meskipun memiliki banyak kelebihan mobil dengan mesin diesel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang benar-benar harus diperhatikan oleh para pemilik mobil dengan mesin diesel agar mobil yang anda miliki tetap awet. Demikian informasi mengenai Cara Kerja Mobil Mesin Diesel beserta kelebihan dan kekurangannya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement