7 Cara Agar Ban Mobil Tetap Awet dan Tahan Lama

Advertisement

Cara Agar Ban Mobil Tetap Awet dan Tahan Lama – Semua orang pastinya ingin menikmati sebuah perjalanan dengan nyaman dan aman bukan? tak hanya mengutamakan keselamatan berkendara saja, namun kalian juga ingin menikmati perjalan dengan nyaman tanpa adanya kendala di jalan, seperti terjadinya ban kempes. Hal semacam ini pastinya tidak kalian inginkan, pasalnya akan sangat menggu perjalanan kita semua. Apalagi saat perjalanan jauh kita menginginkan sebuah perjalanan yang selamant sampai tujuan.

Nah pada kesempatan kali ini Otomaniac.com akan memberikan cara agar ban mobil tetap awet dan tahan lama, sehingga kalian tak perlu mengeluarkan dana untuk membeli ban. Sebuah ban memiliki tingkat keawetan tersendiri, semakin mahal suatu ban tentu saja akan semakin bagus juga kualitas dari ban tersebut. Sementara itu ban yang awet pastinya ban yang bisa dipakai dalam waktu yang lama, namun akhir-akhir ini kita sering menjumpai banyak ban yang masih bagus namun harus diganti dengan yang baru padahal ban tersebut belum lama diganti.

Lalu apa penyebabnya? mungkin kalian kurang merawat ban tersebut sehingga kalian perlu menggatinya lagi. Agar ban mobil kita tetap awet ada beberapa cara agar ban tersebut mampu digunakan dalam waktu yang lama. Asalkan jangan sampai ban tersebut kena paku ataupun terkena benda-benda yang menjadikan ban tersebut rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Lalu bagai mana Cara Agar Ban Mobil Tetap Awet dan Tahan Lama ? berikut tips dan caranya.

Advertisement

 Cara Agar Ban Mobil Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Agar Ban Mobil Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Agar Ban Mobil Tetap Awet dan Tahan Lama

1. Selalu Periksa Tekanan Angin

Cara agar ban mobil tetap awet dan tahan lama yang pertama ialah selalu memeriksa tekanan angin pada ban. Hal ini di haruskan agar tekanan angin tetap stabil, sehingga tidak ada ban yang kurang angin maupun kelebihan angin. Selain itu dengan menjaga tekanan angin pada ban juga akan membantu ban agar tidak cepat rusak, sehingga membuat ban mobil tersebut mampu digunakan dalam waktu yang cukup lama.

2. Menggunakan Ban Sesuai Standart

Advertisement

Menggunakan ban yang susuia dengan ukuran standart menjadi salah satu cara agar ban mobil tetap awet dan tahan lama. Dengan ban standart ban mobil pun pasti akan lebih nyaman saat digunakan, apalagi ban standart biasanya lebih awet dan tahan lama karena lebih sesuai dengan jenis mobil tersebut. Saat ini memang banyak sekali jenis-jenis ban yang memiliki ukuran yang berbeda. Dan saat ini juga banyak jenis-jenis ban variasi yang tidak standart sehingga terlalu riskan untuk kita gunakan terutama untuk perjalanan jauh.

3. Merotasi Ban Mobil

Cara agar ban mobil tetap awet dan tahan lama yang ketiga ialah dengan cara merotasi setiap ban secara berkala, sehingga ban mobil akan tetap awet dan tahan lama. Sementara itu ban depan mobil akan lebih sering terjadi gesekan rem ekstra saat berbelok, sehingga dapat dipastikan ban depan mobil akan cepat gundul. Nah sebelum permukaan ban rata alangkah baiknya jika ban depan mobil sering ditukar dengan ban belakang. Pasalnya ban belakang hanya sering terjadi gesekan yang ringan.

Advertisement

Merotasi Ban Agara Tetap Awet

Merotasi Ban Agara Tetap Awet

4. Menghindari Lubang Saat Berkendara

Selanjutnya dalam tips cara agar ban mobil tetap awet dan tahan lama ialah dengan menghindari lubang saat berkendara. Ya, jalan memang tak selalu rata dan halus, apalagi saat ini banyak jalan yang berlubang dan rusak sehingga sangat memungkinkan jika akan sangat merusak ban mobil, terlebih jika ban mobil tersebut sudah gundul. Nah, agar membuat ban mobil kita tetap awet dan tahan lama, angkah baiknya kita lebih berhati-hati dalam berkendara dan sebisa mungkin hindari lubang saat berkendara.

5. Membawa Barang Secukupnya

Mobil memiliki kapasitas beban, sehingga kita juga harus memperhatikan berapa banyak barang yang kita angku dalam sebuah kendaraan. Dengan semakin banyak barang yang kita angkut, kemungkinan besar beban yang didapat mobil tersebut makib berat. Hal ini tentu juga akan berimbas pada keawetan dari ban tersebut, jadi jika kita menginginkan ban mobil kita tetap awet maka sebaiknya kita bawa barang secukupnya saja sesuai dengan kapasitas kendaraan tersebut agar ban mobil kita menjadi lebih awet dan tahan lama.

6. Memastikan Jika Ban Sudah Tertutup Oleh Tutup Pentil

Cara yang ke enam adalah dengan memperhatikan, apakah ban tersebut sudah tertup pentil apa belum. Pasalnya jika tidak ada tutup pentil, angin yang ada pada ban tersebut akan cepat berkurang. Terlebih ketika kita membawa barang yang cukup berat, kemungkinan angin pada ban akan sedikit demi sedikit akan berkurang. Nah dengan adanya tutup pentil tersebut akan membuat angin dalam ban tersebut akan stabil dan ban pun akan lebih awet dan tahan lama.

Ban Mobil

Ban Mobil

7. Periksa Rutin Ban Kebengkel Tambal Ban

Cara yang terakhir agar ban tetap awet dan tahan lama ialah dengan memerika secara rutin ban. Jika kita memeriksa ban secara rutin tentu saja kita akan tau jika ban tersebut kurang angin atau tidak. Nah jika ban tersebut kurang angin kita harus segera menambah angin pada ban tersebut atau menggati angin yang lama dengan angin yang baru, agar suhu dalam ban juga menjadi lebih stabil dan ban pun tidak mudah pencah. Nah untuk pemerikasan ban sebaiknya kita periksa di bengkel tambal ban terdekat di daerah kita.

Baca Juga : 10 Mobil Sport Toyota 

Nah sobat otomotif itulah 7 cara agar ban mobil tetap awet dan tahan lama, dengan cara-cara tersebut semoga saja bisa membuat ban mobil kalian menjadi lebih awet dan tahan lama sehingga kalian tidak perlu cepat-cepat membeli ban mobil yang baru. Seperti yang kita ketahui saat ini harga ban mobil tidaklah semurah yang kita pikirkan, jadi menjaga agar ban tetap awet dan juga tahan lama juga menjadi prioritas kita dalam merawat sebuah kendaraan mobil maupun motor. Sehingga kendaraan kita menjadi lebih awet serta semakin nyaman saat kita kendarai. Nah sobat demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua dan semoga kendaraan kalian tetap awet. “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

loading...